Home / EKONOMI / NASIONAL

Rabu, 30 September 2020 - 13:16 WIB

10 Juta Pekerja Telah Terima Bantuan Subisidi Gaji

Ilustrasi subsidi gaji. Foto/Ist

Ilustrasi subsidi gaji. Foto/Ist

JAKARTA, BERITANUSA.id – Pemerintah telah menyalurkan bantuan pemerintah berupa subsidi gaji/upah kepada 10.180.341 penerima atau sebesar 87,35 persen dari total penerima tahap I-IV sebanyak 11,6 juta orang.

Berdasarkan data Kementerian Ketenagakerjaan per 28 September 2020, penyaluran subsidi gaji/upah tahap I telah mencapai 2.484.429 penerima (99,38 persen); tahap II mencapai 2.981.602 penerima (99,39 persen); tahap III mencapai 3.476.123 penerima (99,32 persen); dan tahap IV mencapai 1.238.187 penerima (46,65 persen).

“Penyaluran bantuan subsidi gaji/upah bagi para pekerja ini berjalan dengan baik. Namun begitu, masih ada sejumlah catatan kendala dalam penyaluran subsidi gaji/upah,” kata Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah, dalam keterangan resminya, Selasa (29/9).

Beberapa catatan atau kendala penyaluran subsidi gaji/upah, jelas Menaker, di antaranya adanya duplikasi rekening, rekening sudah tutup, rekening pasif, rekening tidak valid, dan dibekukan. Selain itu, kendala lainnya adanya rekening yang tidak sesuai dengan NIK dan rekening tidak terdaftar.

BACA JUGA: 3,5 Juta Data Calon Penerima Subsidi Gaji Tahap Tiga Telah Diterima

“Untuk itu, bagi pekerja yang sesuai kriteria penerima subsidi namun hingga saat ini belum mendapatkan subsidi gaji/upah, kami imbau agar berkomunikasi dengan pemberi kerja, khususnya terkait data rekening para pekerja, guna memastikan tidak ada kesalahan dalam pelaporan rekening bank ke BPJS Ketenagakerjaan,” kata Ida.

Menaker menambahkan, subsidi gaji/upah adalah salah satu upaya mendukung pemulihan ekonomi nasional akibat pandemi Covid-19.

“Oleh karenanya, Kami berharap pekerja/buruh yang mendapatkan subsidi ini digunakan untuk membeli kebutuhan pokok, khususnya produk UMKM kita,” ujarnya.

Masyarakat, pekerja, atau buruh yang ingin mengecek informasi subsidi gaji/upah dapat mengunjungi SISNAKER Kemnaker di www.kemnaker.go.id atau melalui aplikasi SISNAKER yang dapat diunduh di Google Play Store.

(kem/ker)

Share :

Baca Juga

Anggota Komisi XI DPR RI Heri Gunawan. Foto/Ist

NASIONAL

Lindungi Petani dalam Skema Perdagangan Nasional dan Internasional
Penerima manfaat menunjukkan Kartu Prakerja. Foto/Antara

EKONOMI

Ditutup, Pengumuman Kartu Prakerja Gelombang 12 Pekan Depan
Tenaga kesehatan tengah menyimpan data pasien Covid-19. Foto/Antara

NASIONAL

Update Corona 13 Januari: Tambah 11.278, Positif 858.043

NASIONAL

VIDEO: Aisha Weddings Anjurkan Nikah Muda hingga Poligami
Presiden Joko Widodo memimpin rapat terbatas (ratas) yang membahas terkait membahas mengenai korporasi petani dan nelayan dengan tujuan meningkatkan taraf hidup mereka serta mewujudkan transformasi ekonomi melalui konferensi video dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa (7/10). Foto/BPMI Setpres: Lukas

NASIONAL

Sektor Pertanian Jadi Penyumbang Tertinggi Pertumbuhan Ekonomi Nasional
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Ist

NASIONAL

Kasus Makin Melonjak, DKI PSBB Total
Istri Edhy Prabowo, Iis Rosyita Dewi dalam lanjutan kasus izin ekspor benur di bawah Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) pada 2020. Foto/Antara

NASIONAL

KPK Periksa Istri Edhy Prabowo Soal Ekspor Benih Lobster
Ilustrasi penangkapan. Foto/Ist

NASIONAL

Polri Tangkap Tiga WNI Pelaku Penipuan Ventilator Covid-19