Home / NASIONAL

Senin, 11 Januari 2021 - 20:04 WIB

15 Juta Bahan Baku Vaksin Tiba di Indonesia Besok

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. Foto/Setpres

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. Foto/Setpres

JAKARTA, BERITANUSA.id – Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menyampaikan sebanyak 15 juta bahan baku vaksin Sinovac akan tiba di Indonesia pada Selasa (12/1) besok.

“Ada sedikit berita baik, 15 juta bahan baku vaksin Covid-19 akan datang, Insya Allah besok (Selasa) dari Sinovac,” ujar Menkes Budi Gunadi mengikuti rapat terbatas di Istana Kepresidenan, Senin (11/1).

Dengan tambahan 15 juta bahan baku vaksin ini tentu akan menambah stok vaksin Indonesia. Menurut Budi, nantinya vaksin Sinovac ini akan diproses oleh PT Bio Farma.

“Ini akan bisa diproses oleh Bio Farma dalam jangka waktu satu bulan. Sehingga nanti di awal Februari kita sudah punya 12 juta vaksin jadi dari 15 juta bahan baku ini,” tuturnya.

Kedatangan vaksin ini juga pernah disinggung Presiden Joko Widodo (Jokowi). Ia menyebut 15 juta bulk atau konsentrat vaksin Covid-19 bakal tiba di Indonesia pekan depan. Nantinya, bahan baku ini akan diproses PT Bio Farma (Persero) menjadi vaksin.

Hal tersebut disampaikan Kepala Negara dalam acara Penyerahan Sertifikat Tanah untuk Rakyat Indonesia di Istana Negara, Jakarta, Selasa (5/1).

Insya Allah minggu depan juga akan datang lagi 15 juta vaksin dalam bentuk bahan baku, bulk, yang nanti akan diproduksi oleh Bio Farma. Sehingga juga langsung nanti jadi, kirim ke daerah lagi untuk vaksinasi,” jelas Jokowi.

Ia menambahkan, 15 juta vaksin itu akan menambah stok vaksin Covid-19 yang telah dimiliki Indonesia. Dimana sebelumnya, pemerintah telah mendatangkan 3 juta dosis vaksin Covid-19 dari Sinovac.

(kem/kes)

Share :

Baca Juga

Perhimpunan Pendidikan dan Guru (P2G) mendesak pemerintah tetap membuka formasi guru pada seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2021. Foto/Antara

NASIONAL

Guru Honorer Desak Pemerintah Buka Formasi CPNS 2021
Menteri Agama (Menag), Yaqut Cholil Qoumas. Foto/Youtube Sekretariat Presiden

NASIONAL

Menag Yaqut: Jadikan Hari Suci Nyepi Untuk Muliakan Alam
Ketua Umum FPI Habib Muhammad Rizieq Shihab. Foto/MI

NASIONAL

Rizieq Shihab Ajak RI ‘Hijrah’ ke Sistem Negara Tauhid
Ilustrasi uang Rupiah. Foto/Ist

NASIONAL

Jokowi Resmi Cairkan BLT untuk Pekerja Bergaji Dibawah Rp5 Juta
Semua kantong telah dilabeli di JICT lalu kemudian dibawa ke RS Polri Kramat jati untuk diidentifikasi. Foto/Media Indonesia

NASIONAL

32 Jenazah Korban Sriwijaya Air Diserahkan ke Keluarga
DKI Jakarta diguyur hujan dengan intensitas tinggi. Foto/Ist

NASIONAL

BMKG: Potensi Hujan Lebat di Seluruh Indonesia Selama Sepekan
Artis Gisella Anastasia tersandung kasus video mesum. Foto/Antara/Hafidz Mubarak

NASIONAL

Ancaman 12 Tahun Penjara untuk Gisel
Ilustrasi pilkada 2020. Foto: Istimewa

NASIONAL

Regulasi Kampanye Pilkada 2020