Home / NASIONAL

Rabu, 20 Januari 2021 - 10:03 WIB

154 Bencana Alam Terjang RI di Awal 2021

Basarnas menemukan 29 korban jiwa yang tertimbun tanah longsor di Sumedang, Jawa Barat. Foto/Instagram @sar_nasional).

Basarnas menemukan 29 korban jiwa yang tertimbun tanah longsor di Sumedang, Jawa Barat. Foto/Instagram @sar_nasional).

JAKARTA, BERITANUSA.id – Sekitar 154 bencana alam terjadi di Tanah Air hanya dalam waktu tiga minggu pertama tahun 2021. Peristiwa itu dicatat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

“BNPB mencatat pada 1-18 Januari sebanyak total 154 bencana alam terjadi di Indonesia. Kebabanyakan berbentuk banjir, angin ribut dan longsor,” demikian Jubir Satgas Penanganan Covid-19 BNPB Wiku Adisasmito dalam pernyataan persnya secara virtual di Graha BNPB Jakarta, Selasa (19/1).

Dari sekian banyak bencana alam itu sudah ada 140 korban meninggal dan 776 orang luka-luka.

“Curah hujan yang tinggi saat ini dan cuaca ekstrim menyebabkan banjir di beberapa tempat seperti Malang dan Puncak, Bogor,” sambung Wiku.

Bencana itu, lanjut Wiku, menunjukkan Indonesia secara geografis dan geologis memang rawan bencana alam.

“Untuk mengurangi dampak bencana, sudah menjadi kewajiban masyarakat khususnya yang tinggal di rawan bencana untuk meningkatkan rasa kesiapsiagaan sesuai surat edaran Kemendagri,” imbaunya.

“Pemda juga diharapkan mampu meningkatkan kewaspadaan dan mengaktifkan serta memobilisasi segala kekuatan dalam rangka penanggulangan bencana,” tutur Wiku menambahkan.

Diberitakan sebelumnya, Presiden Jokowi juga sudah mengunjungi langsung dua lokasi bencana yaitu Kabupaten Mamuju di Sulawesi Barat yang terdampak Gempa dan kabupaten Banjar di Kalimantan Selatan yang terkena bencana banjir.

Bencana banjir terjadi di Kepulauan Bangka Belitung; kabupaten Bener Meriah dan Aceh Timur, Aceh; Kabupaten Jember, Jombang dan Sampang, Sidoarjo, Jawa Timur; Kabupaten Indramayu, Jawa Tengah; Kalimantan Barat; 10 kabupaten di Kalimantan Selatan; Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat; Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat; Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara; Kabupaten Halmahera Utara, Maluku Utara; Kabupaten Kolaka Utara, Sulawesi Tenggara; kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat; Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau.

Berikutnya puting beliung juga melanda di Cirebon, Jawa Barat; Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau; serta sejumlah wilayah di Sumatera Utara dan Aceh.

Tanah longsor terjadi di Batam, Kepulauan Riau; Cianjur, Sumedang Jawa Barat; Manado, Sulawesi Utara; Kabupaten Lues, Aceh.

Masih juga ada bencana gunung meletus yaitu Gunung Sinabung di Sumatera Utara dan Semeru di Jawa Timur serta gempa bumi di Mamuju dan Majene di Sulawesi Barat. (BNPB).

(bad/npb)

Share :

Baca Juga

Kapolri Jenderal Idham Azis. Foto/Ist

NASIONAL

Kapolri Tugaskan Satgas Tinombala Buru Pelaku Teror di Sigi
Ilustrasi--Atlet Renang Nasional Triady Fauzy berlatih secara mandiri di kolam renang salah satu hotel di Bandung di Masa Pandemi. Foto/Antara

NASIONAL

Kerumunan Waterboom Cikarang, Dua Orang Jadi Tersangka
Ketua Umum FPI Habib Muhammad Rizieq Shihab. Foto/MI

NASIONAL

Rizieq Shihab Ajak RI ‘Hijrah’ ke Sistem Negara Tauhid
Foto: Ist

NASIONAL

Hari Ini PSBB Transisi Jakarta Berakhir, Kasus Covid-19 Masih Banyak
Bioskop di Jakarta kembali dibuka. Foto/Ist

NASIONAL

Bioskop di Jakarta Diizinkan Beroperasi Lagi
Sejumlah anggota tim penyidik Bareskrim Polri memperagakan adegan saat rekonstruksi kasus penembakan enam anggota laskar Front Pembela Islam (FPI) di Karawang, Jawa Barat, Senin (14/12/2020) dini hari. Foto/ANTARA FOTO/M Ibnu Chazar

NASIONAL

Peluang Ada Tersangka Baru Kasus Bentrok Polisi-FPI
Presiden RI Joko Widodo. Foto/BPMI Setpres

NASIONAL

Presiden Jokowi: Semoga Santri Bisa Jaga NKRI
Wakil Presiden Ma'ruf Amin. Foto/Antara

NASIONAL

Ma’ruf Amin: Selain Tanah, Uang hingga Emas Bisa Diwakafkan