Home / NASIONAL

Rabu, 20 Januari 2021 - 18:07 WIB

2.630 Tenakes Wisma Atlet Mulai Divaksin

Petugas medis memeriksa kesiapan alat di ruang ICU Rumah Sakit Darurat Penanganan covid-19 Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Senin (23/3/2020). Foto/Antara

Petugas medis memeriksa kesiapan alat di ruang ICU Rumah Sakit Darurat Penanganan covid-19 Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Senin (23/3/2020). Foto/Antara

JAKARTA, BERITANUSA.id – Pangdam Jaya Mayjen Dudung Abdurachman melakukan pengecekan dan pemantauan pelaksanaan vaksinasi terhadap tenaga kesehatan di Rumah Sakit Darurat Covid-19 Wisma Atlet Kemayoran.

Dia menyebut secara keseluruhan ada ribuan tenaga kesehatan yang akan menjalani vaksinasi dimulai hari ini, Rabu (20/1). Proses ini akan berlanjut hingga seluruh tenaga kesehatan di Wisma Atlet Kemayoran bisa tervaksinasi.

“Sekitar 2.630 orang ini yang kita prioritaskan, karena mereka langsung bersinggungan dengan para pasien,” kata dia di Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat.

Proses vaksinasi di Wisma Atlet Kemayoran, kata Dudung, berjalan sejak pukul 09.00 WIB. Proses ini akan berlangsung hingga siang hari.

Saat ini menurut Dudung, dari total 2.630 tenaga kesehatan di Wisma Atlet, sebanyak 25 persennya telah disuntik vaksin.

“Ini berlanjut dari sampai jam 13.00,” katanya.

Dudung menyambangi kawasan wisma atlet saat sejumlah tenaga kesehatan mulai melakukan vaksinasi. Dia pun melihat langsung proses vaksin covid-19 terhadap para tenaga kesehatan ini.

“Tadi saya lihat secara langsung bahwa pelaksanaan berjalan lancar karena memang tenaganya (orang yang memvaksin) memang profesional,” kata Dudung.

Dudung mengaku sempat berbincang dengan salah satu tenaga kesehatan yang telah selesai divaksin untuk menanyakan kondisi mereka setelah dilakukan penyuntikan.

Para tenaga kesehatan yang memang banyak bertugas di RSD ini mengaku kepada Dudung tak merasakan gejala apapun dan merasa baik-baik saja.

“Tadi saya tanya langsung gakes (tenaga kesehatan) yang sudah disuntik, tidak ada dampak apapun. Sehat-sehat saja dan seperti biasa,” kata Dudung.

Dalam kesempatan itu, Dudung juga memastikan vaksin yang disuntikan kepada para tenaga kesehatan ini aman. Vaksin juga kata dia telah disimpan di tempat yang aman sesuai dengan standar penyimpanan yang dianjurkan produsen.

“Vaksin juga disimpan di tempat yang sudah sesuai dengan standar di masing-masing Puskesmas,” kata dia.

Dudung menyebut, vaksinasi yang digelar di Wisma Atlet saat ini memang khusus ditujukan ke tenaga kesehatan. Namun kata dia, proses ini juga akan bertahap dan pada gelombang selanjutnya akan dibuka untuk non tenaga kesehatan.

“Selanjutnya bertahap nanti akan diberikan kepada tenaga profesional, dan pelayanan publik. Seperti anggota TNI, Kepolisian, kemudian Guru, dan profesional lainnya,” kata dia.

(cnn/nas)

Share :

Baca Juga

Suku Dinas Lingkungan Hidup (LH) Jakarta Pusat, membersihkan dan mengangkut sekitar 7,5 ton atau setara 47,43 meter kubik sampah setelah aksi demo penolakan omnibus law Undang-undang Cipta Kerja, Selasa (13/10). Foto/Ist

NASIONAL

1,7 Ton Sampah Sisa Demo Omnibus Law 28 Oktober
Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta Ahmad Riza Patria. Foto/Antara

NASIONAL

Wagub DKI Hadiri Panggilan Polisi Terkait Kerumunan Rizieq
Presiden Joko Widodo. Foto/Ist

NASIONAL

Presiden Jokowi Minta Kemenkes Buat Desain Perencanaan Tes
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Foto/Ist

NASIONAL

Bioskop di Jakarta Dalam Waktu Dekat akan Dibuka
Ilustrasi uang Rupiah. Ist

NASIONAL

Ada yang Belum Terima BLT Pekerja Tahap 3?
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian. Foto/Ist

NASIONAL

Tito Usul Vaksinasi Covid Pakai Data Pemilu 2019
Polwan RI. Ist

NASIONAL

Selamat Hari Jadi ke-72 Polwan RI
Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD. Foto/Ist

NASIONAL

SM Amin dan Soekanto Bakal Terima Gelar Pahlawan Nasional