Home / NUSANTARA

Rabu, 2 September 2020 - 17:42 WIB

2021 Semua Layanan Masyarakat Selesai di Desa

Bupati Batang Wihaji. Foto/Ist

Bupati Batang Wihaji. Foto/Ist

BATANG, BERITANUSA.id – Bupati Batang Wihaji menargetkan 2021 semua urusan layanan masyarakat bisa selesai di tingkat desa. Namun karena pandemi Covid-19 menunda program smart village yang udah masuk dalam Rencana Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Pemerintah Kabupaten Batang di tahun 2020.

“Program 2020 smart village seharusnya sudah direalisasikan, tapi karena Covid-19 anggaran tersebut kita pangkas semunya,” kata Wihaji saat ditemui di Kantor Bupati, Rabu (2/9).

Dalam mengembangkan model desa cerdas atau smart village berbasis informasi teknologi, bertujuan mempermudah pelayanan masyarakat yang berbasis data yang terintegrasi ke semua instansi dan OPD.

“Program desa pintar akan mampu mengetahui permasalahan, memahami kondisi desa dan mengatur berbagai sumber daya yang ada untuk digunakan secara efektif, efisien dan sederhana untuk memaksimalkan pelayanan kepada warganya,” jelasnya.

Lebih lanjut, zaman sekarang sudah berubah, masyarakat sekarang butuh pelayanan cepat, akurat, transparan dan gratis. Maka smart village akan menjawab itu semua berbasis data yang terintegrasi ke Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Sementara, Kepala Dinas Pemberdayaan masyarakat Desa Kabupaten Batang Agung Wisnu Barata mengatakan, tahun ini mulai melaksanakan program pelatihan untuk menyiapkan sumber daya manusia ditingkat desanya dulu.

“Smart village masih kita persiapkan orangnya dan ada peralatannya. Untuk sumber daya manusianya kita garap tahun ini, hardware nya atau perangkat komputer dan lainnya kita belikan di tahun 2021,” katanya.

Dia juga menjelaskan, program smart village semua urusan pelayanan akan selesai ditingkat desa, masyarakat sudah tidak lagi harus ke Kecamatan atau Kantor catatan sipil apabila mengurus dokumen kepedudukan. (*)

Share :

Baca Juga

Gempa Mamuju. Foto/Antara

NASIONAL

Korban Meninggal Akibat Gempa Sulbar Jadi 88 Orang
Sinergitas TNI-Polri di Kabupaten Tangerang. ist

NUSANTARA

Tekan Covid di Tangerang, TNI-Polri Cek Protokol Kesehatan
Aksi unjuk rasa di Kota Bandung berujung ricuh. Foto/Ist

NASIONAL

Unjuk Rasa Mahasiswa dan Buruh di Kota Bandung Berujung Ricuh
Foto udara kolam Retensi Cieunteung di Baleendah, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Jumat (20/12/2019). Foto/Antara

NUSANTARA

Banjir Akibat Tanggul Citarum Jebol Berangsur Surut
Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa. Foto/Ist

EKONOMI

Khofifah Tetapkan UMP Jatim Naik Rp100 Ribu
Ilustrasi -- Bencana tanah longsor. Foto/Antara

NASIONAL

Dalam 10 Hari, Seluruh Korban Longsor Sumedang Ditemukan
Kampung Sehat RW 06 Utan Kayu Selatan. Foto/Ist

NUSANTARA

Wali Kota Jaktim Resmikan Kampung Sehat RW 06 Utan Kayu Selatan

NUSANTARA

Pulau Maitara siap jadi Pulau Bebas Pornografi Anak