Home / NUSANTARA

Rabu, 27 Januari 2021 - 09:51 WIB

27 Kabupaten/Kota di Jabar Berlakukan PPKM Jilid II

PSBB Kota Bandung. Ist

PSBB Kota Bandung. Ist

JAKARTA, BERITANUSA.id – Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Jabar) memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di 27 kabupaten/kota dan berlaku sejak 26 Januari sampai 8 Februari 2021, atau bertambah dari yang sebelumnya 20 kabupaten/kota.

PPKM atau di Jabar disebut Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) secara Proporsional tertuang dalam Keputusan Gubernur (Kepgub) Jabar Nomor:443/Kep.33-Hukham/2021 tentang Pemberlakuan PSBB secara proporsional di Provinsi Jabar Dalam Rangka Penanganan Covid-19.

Kepgub tersebut ditandatangani Gubernur Jabar Ridwan Kamil (RK) pada 25 Januari 2021.

Ketua Harian Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Jabar Daud Achmad mengatakan, pemberlakuan PSBB secara proporsional merupakan tindak lanjut dari Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 2 Tahun 2021 tentang Perpanjangan PPKM untuk Pengendalian Penyebaran Covid-19.

“Saat ini, PSBB secara proporsional diberlakukan di 27 kabupaten/kota. Sebelumnya, hanya 20 daerah melaksanakan PSBB secara Proporsional dan tujuh daerah lain menerapkan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB),” kata Daud dalam keterangan resmi, Selasa (26/1).

Daud pun menekankan kedisiplinan masyarakat menerapkan protokol kesehatan amat penting dalam pengendalian sebaran Covid-19 saat PSBB secara proporsional berlangsung.

“Ketentuan PSBB secara proporsional wajib diterapkan masyarakat. Masyarakat pun harus konsisten menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19. Sebab, masyarakat dan pemerintah adalah garda terdepan mengendalikan Covid-19,” ucap Daud.

“Kalau protokol kesehatan diterapkan dengan ketat, kami yakin pengendalian Covid-19 dan pemulihan ekonomi di Jabar dapat berjalan bersamaan,” cetusnya.

(cnn/nas)

Share :

Baca Juga

Polres Mura. Ist

NUSANTARA

Polisi Kejar Pengedar Sabu hingga Sebrang Sungai
Babinsa Pahandut Serma Yulianto mengawal penyaluran bantuan sembako Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Tengah untuk masyarakat setempat.. Foto/Ist

NUSANTARA

Babinsa Pahandut Kawal Penyaluran Paket Sembako untuk Masyarakat
Foto: PMJNews

NUSANTARA

Kebakaran Ruko di Penjaringan Tewaskan Dua Orang
Digitalisasi desa. Ist

NUSANTARA

Digitalisasi Sasar 12.508 Desa

NUSANTARA

Tangkap Pria Bawa Narkotika Jenis Sabu, Ditresnarkoba Polda Sumbar Sita Satu Paket Besar
Tenaga kesehatan khusus menangani pasien covid-19. Foto/Antara

NASIONAL

Bupati Lumajang Positif Terpapar Corona
Ilustrasi merokok. Foto/Getty Images

NUSANTARA

Merokok Sembarangan di Aceh Bakal Dipenjara 3 Hari
Sampah sisa demo tolak Omnibus Law Cipta KErja di Jakarta. Foto/Ist

NASIONAL

Dinas LH DKI Angkut 2,1 Ton Sampah Sisa Demo Omnibus Law