Home / KESEHATAN

Selasa, 12 Januari 2021 - 12:06 WIB

4 Minuman Sehat yang Bikin Hangat Tubuh Saat Musim Hujan

Ilustrasi kopi kayus manis. Foto/Freepik

Ilustrasi kopi kayus manis. Foto/Freepik

JAKARTA, BERITANUSA.id – Sejumlah daerah telah memasuki musim penghujan. Kondisi seperti ini seringkali membuat tubuh manusia rentan terserang berbagai penyakit karena cuaca cenderung lebih dingin.

Untuk membantu menghangatkan diri, biasanya kita minum minuman panas. Tapi ada baiknya membuat minuman panas yang sehat. Selain akan menjadikan tubuh hangat, Anda pun bisa memperoleh sejumlah manfaat lain.

Seperti dilansir berbagai sumber, Selasa (12/1), berikut sejumlah rekomendasi minuman panas sehat yang cocok dinikmati selama musim hujan.

1. Teh jahe

Anda bisa membuatnya sendiri dengan menambahkan beberapa irisan jahe ke air mendidih. Jika rasanya terlalu kuat, tambahkan madu atau lemon.

Dilansir dari laman AsiaOne, jahe baik untuk sistem pencernaan, membakar lemak, menenangkan otot yang lelah dan meningkatkan sirkulasi darah.

Sementara, teh membantu mengatasi masalah pernapasan, baik itu flu biasa atau alergi lingkungan. Di samping itu, secangkir teh jahe dengan madu membantu meredakan kram menstruasi.

2. Kopi kayu manis

Ini adalah salah satu cara untuk membuat minuman harian Anda lebih sehat – tambahkan kayu manis sebagai pengganti gula. Tidak hanya mengurangi asupan gula, Anda juga mendapatkan manfaat kayu manis.

Kayu manis tinggi antioksidan, bantu mengontrol kadar gula darah dan memiliki sifat anti-inflamasi. Rasanya juga cocok dengan kopi. Aduk sedikit kayu manis atau masukkan batang kayu manis ke dalam minuman Anda

3. Cokelat panas

Cokelat panas dapat menjadi minuman sehat jika Anda membuatnya dengan benar. Kakao kaya akan sumber katekin (antioksidan yang meningkatkan sistem kekebalan Anda) dan flavonoid (antioksidan kuat yang mengurangi peradangan).

Saat kakao dipanaskan, panasnya memicu semua hal baik di dalamnya dilepaskan dengan lebih efektif. Anda juga bisa membuat sendiri dengan melelehkan sedikit cokelat (dark chocolate) dalam susu rendah lemak.

4. Susu almond rempah

Susu almond rempah menjadi cara sempurna untuk mengakhiri hari yang sejuk dan Anda bahkan tidak perlu meninggalkan rumah untuk menikmatinya.

Panaskan saja susu almond dan campurkan beberapa rempah seperti kayu manis dan pala, tetapi pilihan lain termasuk kunyit, madu atau bahkan vanila untuk rasa yang lebih lembut.

Susu almond memiliki kalori lebih sedikit daripada susu sapi dan juga tidak ada kolesterol. Untuk hasil yang lebih sehat, gunakan versi tanpa pemanis.

(heq/kes)

Share :

Baca Juga

Buah pepaya. Foto/Istimewa

KESEHATAN

5 Manfaat Pepaya untuk Perawatan Tubuh
Ilustrasi jantung. Foto/Ist

KESEHATAN

7 Tips Ampuh Hindari Penyakit Jantung
Ilustrasi minum cokelat. Foto/Freepik

KESEHATAN

Minum Cokelat Bisa Tingkatkan Fungsi Otak
Ilustrasi turunkan berat badan. Ist

KESEHATAN

Hindari, Kebiasaan yang Bikin Susah Turunkan Berat Badan
Seorang bayi menangis ketika disuntik dengan vaksin polio di salah satu Posyandu di Palu, Sulawesi Tengah, Kamis (2/2/2017). Foto/Antara

EKONOMI

Bio Farma Dapat Dana Segar dari Bill Gates untuk Kembangkan Vaksin Baru
Ilustrasi suntik vaksin Covid-19. Foto/Ist

KESEHATAN

Usai Suntik Vaksin Tak Boleh Langsung Pulang ke Rumah
Ilustrasi--penambah berat badan. Foto/Istimewa

KESEHATAN

6 Asupan Sehat Penambah Berat Badan
Kencur. Foto/Ist

KESEHATAN

Khasiat Kencur Bisa Cegah Kanker dan Tambah Energi