Home / KESEHATAN

Jumat, 26 Februari 2021 - 12:06 WIB

4 Tips Bikin Jantung Lebih Sehat

Ilustrasi jantung sehat. Foto/Istimewa

Ilustrasi jantung sehat. Foto/Istimewa

JAKARTA, BERITANUSA.id – Penyakit jantung menjadi salah satu penyebab kematian tertinggi di dunia, termasuk Indonesia. Beberapa faktor seperti genetika dapat membuat Anda lebih rentan terhadap penyakit jantung.

Meski begitu, cara terbaik untuk menghindari masalah jantung adalah dengan menjaga kesehatannya. Gaya hidup sangat penting bagi kesehatan jantung Anda.

Hal itu dibenarkan oleh salah satu direktur Pusat Kesehatan Kardiovaskular Wanita di Columbia University Irving Medical Center dan ahli jantung di New York-Presbyterian/Columbia, Jennifer Haythe.

Seperti dilansir di laman Health, Jumat (26/2), berikut sejumlah tips yang bisa dilakukan untuk mendapatkan kesehatan jantung yang lebih baik.

1. Konsumsi makanan sehat

Konsumsi produk susu bebas lemak atau rendah lemak, ikan, unggas, kacang-kacangan, kacang-kacangan, dan minyak nabati.

Batasi makanan yang tinggi lemak jenuh seperti daging berlemak, produk susu berlemak penuh, dan minyak tropis seperti kelapa, inti sawit, dan minyak sawit. Hindari konsumsi minuman dan permen yang dimaniskan dengan gula.

Menurut Direktur Lab Katerisasi Jantung di Rumah Sakit Mount Sinai, Annapoorna Kini, membuat perubahan pola makan seperti menghindari lemak jenuh yang tidak sehat akan membantu menciptakan hidup sehat untuk jantung.

2. Rutin berolahraga

Asosiasi jantung di Amerika, The American Heart Association (AHA), merekomendasikan untuk melakukan setidaknya 150 menit latihan intensitas sedang dalam satu pekan.

Anda juga bisa berolahraga lebih keras untuk periode waktu yang lebih singkat, di mana AHA menyarankan durasinya adalah 75 menit satu pekan.

“Aktivitas fisik adalah sumber awet muda, itu membuat sistem kardiovaskular Anda lebih efisien,” kata dr Andersen.

Jika berolahraga setiap hari menyulitkan, dia merekomendasikan untuk melakukan aktivitas agar detak jantung Anda naik setiap hari. Jalan kaki bisa menjadi pilihan.

3. Berhenti merokok

Kebanyakan orang sekarang sadar bahwa merokok berkaitan dengan semua jenis masalah kesehatan serius. Merokok dapat meningkatkan tekanan darah dan menempatkan pada risiko yang lebih tinggi untuk mengalami serangan jantung dan stroke.

“Merokok buruk bagi jantung dan paru-paru, itu (merokok) buruk dalam segala hal,” kata dr Kini.

4. Minimalisir tingkat stres

Stres tak hanya bisa membebani jantung, tetapi juga bisa menyebabkan hal-hal seperti tidak aktif dan makan berlebihan yang pada akhirnya menyebabkan tekanan darah tinggi dan kolesterol tinggi.

Kondisi tersebut bisa meningkatkan risiko penyakit jantung. Dia merekomendasikan untuk menambahkan meditasi dan latihan pernapasan dalam kegiatan sehari-hari Anda.

(hea)

Share :

Baca Juga

Ilustrasi sakit lambung. Foto/Istimewa

KESEHATAN

5 Makanan Bantu Redakan Sakit Lambung
Ilustrasi menggunakan masker. Foto/Ist

KESEHATAN

Hindari Masker Kotor Karena Bisa Iritasi Kulit Wajah
Ilustrasi buah-buahan kering. Foto/Ist

KESEHATAN

Buah-buahan Kering Bisa Jadi Camilan Sehat
Ilustrasi hand sanitizer. Foto/Freepik

KESEHATAN

Efek Samping Terlalu Sering Pakai Hand Sanitizer
Petugas mengoperasikan alat deteksi dini COVID-19 bernama GeNose C19 di Gedung Binagraha, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (4/1). Foto/Antara

KESEHATAN

Cara Kerja GeNose Alat Deteksi Corona
Foto: Ist

KESEHATAN

Penderita Diabetes Disarankan Konsumsi Buah Ini
Warga berolahraga di alun-alun Kota tangerang untuk mendapatkan imunitas tubuh di tengah pandemi Covid-19. Foto/Antara/Fauzan

KESEHATAN

5 Tanda Imunitas Tubuh Sedang Menurun
Ilustrasi minum teh. Foto/Ist

KESEHATAN

Manfaat Minum Teh, Bantu Turunkan Berat Badan hingga Tingkatkan Imun