Home / KESEHATAN

Senin, 4 Januari 2021 - 12:12 WIB

4 Tips Optimalkan Kesehatan Agar Terhindari Covid-19

Ilustrasi--Olahraga lari. Foto/Freepik

Ilustrasi--Olahraga lari. Foto/Freepik

JAKARTA, BERITANUSA.id – Memasuki tahun 2021, penyebaran virus Corona dinilai masih masif. Oleh karena itu, penting untuk menjaga kesehatan agar tetap fit agar terhindar dari penularannya.

Seperti dilansir Livestrong, Senin (4/1), CEO Comprehensive Women’s Health Angela Wright Marshall MD FACP membagikan sejumlah cara untuk mengoptimalkan kesehatan di 2021.

1. Hindari stres

Stres dapat meningkatkan kadar hormon epinerfin dan kortisol. Peningkatan kedua hormon ini juga bisa menyebabkan terjadinya peningkatan tekanan darah.

Peningkatan tekanan darah yang tak terkontrol dan terjadi secara kronis atau jangka panjang dapat menyebabkan masalah kesehatan lain. Beberapa di antaranya adalah strok, serangan jantung, gagal jantung, serta penyakit ginjal.

Salah satu cara untuk mengurangi stres adalah dengan cara meminimalkan pemicunya. Coba untuk gali lebih dalam ke diri sendiri untuk mengetahui apa yang sebenarnya menjadi pemicu stres.

Meluangkan waktu untuk merawat dan mencintai diri sendiri atau me time juga tak kalah penting. Momen seperti ini dapat membantu menenangkan diri dan membentuk suasana hati yang baik.

2. Tetap berolahraga

Salah satu anjuran menjaga kesehatan adalah melakukan olahraga kardio dengan intensitas sedang sebanyak 150 menit per minggu. Beberapa contoh olahraga yang bisa dilakukan adalah berjalan kaki dan bersepeda.

Di samping itu, latihan kekuatan seperti angkat beban juga penting dalam menunjang kesehatan. Latihan kekuatan tak hanya memperkuat tulang, membangun kekuatan inti tubuh, dan melatih keseimbangan.

3. Luangkan waktu untuk memasak sendiri

Layanan pesan-antar makanan di masa pandemi memang menawarkan kemudahan untuk mendapatkan makanan dengan kontak fisik yang minimal. Namun jika memungkinkan, coba juga untuk mulai memasak sendiri di rumah.

Menurut studi Public Health Nutrition pada 2015, memasak makanan sendiri berkaitan dengan pola makan yang lebih sehat secara keseluruhan.

Studi lain dalam jurnal yang sama di 2014 juga mengungkapkan bahwa orang-orang yang terbiasa membeli makanan di luar cenderung mengonsumsi 200 kalori lebih banyak.

Tentu layanan pesan-antar makanan tak perlu benar-benar ditinggalkan sepenuhnya. Coba ulas kembali seberapa sering layanan pesan-antar makanan ini digunakan, makanan apa yang sering dipesan, dan bagaimana kebiasaan ini bisa dikurangi.

4. Cari teman

Menjalani gaya hidup sehat akan terasa lebih menyenangkan bila dilakukan bersama-sama. Bila memiliki target memperbanyak olahraga, coba cari teman atau anggota keluarga yang bisa diajak olahraga bersama.

Dapat pula mengikuti sosok panutan atau mentor kesehatan yang bisa memberikan inspirasi.

(heq)

Share :

Baca Juga

Ilustrasi jantung. Foto/Ist

KESEHATAN

7 Tips Ampuh Hindari Penyakit Jantung
Ilustrasi gula. Foto/New York Post

KESEHATAN

5 Efek Buruk Jika Konsumsi Gula Terlalu Banyak
Pengambilan sampel darah. Foto/AFP

KESEHATAN

Mengenal Rapid Test Antigen yang Jadi Syarat ke Bali-DKI
Nasi menjadi makanan pokok hampir separuh penduduk dunia. Foto/Detik

KESEHATAN

5 Khasiat Nasi Bagi Kesehatan Tubuh
Ilustrasi hipertensi. Foto/Ist

KESEHATAN

6 Gaya Hidup Sehat yang Bisa Cegah Tekanan Darah Tinggi
Seorang bayi menangis ketika disuntik dengan vaksin polio di salah satu Posyandu di Palu, Sulawesi Tengah, Kamis (2/2/2017). Foto/Antara

EKONOMI

Bio Farma Dapat Dana Segar dari Bill Gates untuk Kembangkan Vaksin Baru
Buah jeruk. Ilustrasi/Ist

KESEHATAN

Musim Hujan Tiba, Rutin Konsumsi 4 Jenis Vitamin Ini
Ilustrasi vaksin Covid-19. Foto/Science in HD

KESEHATAN

Vaksin Corona Efektif Kurangi Infeksi pada Lansia