Home / KESEHATAN

Senin, 8 Maret 2021 - 08:02 WIB

5 Bahaya Keseringan Minum Soda

Ilustrasi minum soda. Foto/Istimewa

Ilustrasi minum soda. Foto/Istimewa

JAKARTA, BERITANUSA.id – Minuman soda atau air berkarbonasi memang terlihat menyegarkan, sehingga tak heran jika banyak orang menyukainya. Namun, dibalik kesegarannya, minuman jenis ini berbahaya bagi kesehatan jika dikonsumsi secara berlebihan.

Banyak penelitian yang menyebut bahan-bahan yang digunakan pada minuman bersoda bisa meningkatkan masalah bagi kesehatan. Seperti dirangkum dari berbagai sumber, Senin (8/3), berikut beberapa bahaya minuman bersoda bagi kesehatan tubuh.

1. Meningkatkan resiko diabetes tipe 2

Bukti kuat menunjukkan bahwa minuman bersoda yang mengandung gula berkontribusi pada perkembangan diabetes. The Nurses’ Health Study mengeksplor hubungan ini dengan meneliti lebih dari 90.000 wanita selama delapan tahun.

Para perawat mengatakan bahwa mereka yang dalam sehari mengonsumsi satu atau lebih minuman bersoda yang mengandung gula lebih mungkin terkena diabetes tipe 2 sebanyak dua kali, dibanding mereka yang jarang minum minuman ini.

2. Meningkatkan resiko penyakit jantung

Mengonsumsi minuman bersoda dengan kandungan gula yang tinggi akan meningkatkan risiko obesitas yang sangat erat kaitannya dengan penyakit jantung.

Sebuah penelitian mengemukakan jika Anda mengonsumsi minuman bersoda secara berlebihan bahkan setiap hari, bisa menyebabkan serangan jantung dan stroke. Masalah ini diduga karena adanya resistansi insulin yang bisa meningkatkan kolesterol dalam tubuh.

3. Menurunkan kualitas tulang

Soda mengandung kadar fosfat tinggi, dan tidak memiliki kalsium dan nutrisi sehat lainnya. Mengonsumsi lebih banyak fosfat daripada kalsium dapat merusak kesehatan tulang. Padahal kalsium sangat penting selama masa kanak-kanak dan remaja.

4. Menyebabkan kerusakan gigi

Minuman bersoda bisa merusak gigi yang Anda miliki karena kandungan gulanya yang sangat tinggi, yaitu glukosa dan fruktosa. Seperti yang kita tahu, kedua kandungan gula tersebut bisa berisiko untuk kesehatan gigi dan membuat gigi menjadi berlubang.

Selain gigi berlubang, mengonsumsi soda secara berlebihan bisa menyebabkan kerusakan pada enamel gigi pada mulut. Untuk mengurangi beberapa risiko tersebut, Anda bisa menyikat gigi setelah mengonsumsi minuman-minuman bersoda.

5. Pengaruhi kinerja otak

Alasan mengapa minuman bersoda bisa mengganggu kinerja otak adalah karena pemanis buatan yang ada di dalamnya.

Pemanis buatan seperti aspartame yang biasanya mengandung fenilalanin akan membuat fungsi otak menjadi terganggu, terkadang kejang, dan juga gangguan-gangguan genetik fenilketonuria lainnya.

(hea)

Share :

Baca Juga

Petugas kesehatan mempersiapkan vaksin COVID-19 saat simulasi pelayanan vaksinasi di Puskesmas Kemaraya, Kendari, Sulawesi Tenggara. Foto/Antara

KESEHATAN

Dosis Kedua Vaksinasi Covid Sebaiknya Tepat Waktu
Ilustrasi masker. Foto/Ist

KESEHATAN

Pakai Masker Kotor dan Berulang Justru Lebih Bahaya
Petugas mengoperasikan alat deteksi dini COVID-19 bernama GeNose C19 di Gedung Binagraha, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (4/1). Foto/Antara

KESEHATAN

Cara Kerja GeNose Alat Deteksi Corona
Ilustrasi jalan kaki. Foto/Ist

KESEHATAN

Cara Jaga Kondisi Tubuh Agar Tetap Bugar
Warga tidak menggunakan masker saat berolahraga pada Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau Car Free Day (CFD) di Jalan Inspeksi BKT. Foto/Antara

KESEHATAN

Anak Muda Rentan Terpapar Virus Corona
Ilustrasi mata lelah. Foto/Istimewa

KESEHATAN

Buah & Sayur yang Bisa Pulihkan Kesehatan Mata
Ilustrasi--Minum Air putih. Foto/Secondwindwater

KESEHATAN

Hindari 5 Kebiasaan Ini Karena Berdampak Buruk Bagi Kesehatan
Ilustrasi kopi. Foto/Foodiesz

KESEHATAN

Minum Kopi dan Teh Panas Dianjurkan Saat Pagi Hari