Home / NASIONAL

Kamis, 11 Februari 2021 - 12:06 WIB

5 Cara Mudah Turunkan Kolesterol

Ilustrasi--Kolesterol jahat. Foto/Istimewa

Ilustrasi--Kolesterol jahat. Foto/Istimewa

JAKARTA, BERITANUSA.id – Saat ini tidak sedikit orang Indonesia yang memiliki kadar kolesterol tinggi. Hal ini seiring dengan gaya hidup, kini kolesterol tinggi tidak hanya mengincar orang tua saja, namun anak muda pun bisa mempunyai kolesterol tinggi.

Batas normal kolesterol dalam tubuh adalah 160-200 mg. Jika lebih tinggi akan memicu berbagai penyakit mematikan seperti penyakit jantung dan stroke. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk menurunkan kadar kolesterol.

Seperti dilansir dari laman Eat This, Kamis (11/2), berikut lima cara mudah untuk menurunkan kadar kolesterol.

1. Kurangi gula tambahan

Langkah termudah untuk menurunkan kolesterol adalah mengurangi asupan gula tambahan dari makanan dan minuman manis. Jadi Anda harus kurangi konsumsi soda atau minuman yang mengandung High Fructose Corn Syrup (HFCS).

Kurangi juga konsumsi karbohidrat olahan seperti kue, sereal manis dan permen.

2. Hindari lemak trans

Lemak trans dianggap jenis lemak terburuk untuk jantung, karena meningkatkan kadar kolesterol LDL. Lemak trans terdapat dalam banyak makanan olahan industri seperti margarin, snack hingga kue pabrikan.

Badan Pengawas Makanan dan Obat Amerika Serikat (FDA) mengimbau agar konsumen lebih jeli dalam melihat label fakta nutrisi sebelum membeli makanan.

3. Ganti lemak jenuh dengan lemak sehat

Lemak jenuh biasanya ditemukan dalam produk hewani, dan itu dapat meningkatkan kolesterol Anda, baik HDL baik dan LDL jahat. Direkomendasikan, orang dewasa yang sehat membatasi asupan lemak jenuhnya hingga kurang dari 7 persen dari total kalori harian.

American Heart Association telah merekomendasikan pengurangan lemak jenuh dalam makanan. Agar lebih sehat, gantilah lemak jenuh dengan sumber lemak yang lebih sehat seperti minyak zaitun, minyak kanola, kacang-kacangan, biji-bijian, alpukat.

4. Tambah asupan serat larut

Serat larut secara langsung mengurangi lipoprotein densitas rendah (LDL) Anda. Kandungan serat larut bisa didapatkan dari beberapa makanan seperti oatmeal, kacang-kacangan, barley, kubis, biji rami, apel, dan pir.

5. Rutin olahraga

Olahraga menjadi cara menurunkan kolesterol Anda, tapi efeknya sangatlah berhasil. Penelitian telah menunjukkan bahwa melakukan latihan aerobik selama 30 menit yang meningkatkan detak jantung dapat menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan hal-hal baik.

Penelitian Journal of Strength and Conditioning Research, olahraga meningkatkan angka HDL pada pria muda yang berolahraga dengan intensitas 90 persen dari detak jantung maksimal selama sesi latihan HIIT yang dilakukan tiga kali seminggu selama delapan pekan.

(eat)

Share :

Baca Juga

Sepeda motor macet. Foto/Ist

NASIONAL

Soal Sepeda Motor Kena Ganjil Genap, DKI Beralasan Cegah Covid-19
Ilustrasi patroli siber. Foto/Istimewa

NASIONAL

Mayoritas Kasus Hoaks dari Patroli Siber Tak Disidang
Menteri Agama (Menag), Yaqut Cholil Qoumas. Foto/Youtube Sekretariat Presiden

NASIONAL

Menag Yaqut: Jadikan Hari Suci Nyepi Untuk Muliakan Alam
Presiden RI Joko Widodo berolahraga. Foto/BPMI Setpres

NASIONAL

Persiapan Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2021 Dimulai
Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini (Risma). Foto/Antara

NASIONAL

Mensos Beri Santunan Rp15 Juta ke Korban Kebakaran Matraman
Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki. Foto: Magelang Ekspres

NASIONAL

9,1 Juta Usaha Mikro Segera Dapat Modal Gratis Rp22 Triliun
Ilustrasi prostitusi. Foto/Ist

NASIONAL

Dua Muncikari Artis ST dan MA Ditetapkan Tersangka
Pekerja membersihan kamar dengan disinfektan di Hotel Grand Inna Malioboro, Yogyakarta, Jumat (5/6/2020). Foto/Antara

NASIONAL

Hotel dan Restoran Dilarang Gelar Acara Tahun Baru