Home / KESEHATAN

Jumat, 26 Februari 2021 - 07:06 WIB

5 Efek Buruk Minum Kopi Terlalu Banyak

Ilustrasi Minum Kopi. Foto/Readersdigest

Ilustrasi Minum Kopi. Foto/Readersdigest

JAKARTA, BERITANUSA.id – Bukan hanya mengusir kantuk, dalam jumlah yang tepat, kopi terbukti bermanfaat untuk kesehatan. Bahkan, beberapa studi mengaitkan kopi dengan risiko kematian dini yang lebih rendah.

Namun, seperti halnya dengan makanan atau minuman lain, ada beberapa efek samping yang justru buruk untuk kesehatan, jika terlalu banyak mengonsumsi minuman berkafein ini.

Berikut ini lima efek buruk minum kopi pada kesehatan, jika Anda meminumnya terlalu banyak.

1. Tidur terganggu

Minum secangkir kopi di pagi hari mungkin akan membuat tubuh terasa lebih berenergi. Tapi, meminumnya di sore hari dapat mengganggu kemampuan Anda beristirahat dengan tenang di malam hari.

Sebuah studi tahun 2013 yang diterbitkan dalam Journal of Clinical Sleep Medicine menemukan, bahwa minum kafein hingga enam jam sebelum waktu tidur dapat mengganggu sekitar satu jam tidur setiap malam.

Oleh karena itu, pastikan untuk berhenti minum kopi tepat setelah makan siang, agar Anda mendapatkan istirahat malam yang nyenyak.

2. Tingkat stres meningkat

Secangkit kopi dapat memberi keajaiban saat Anda memulai hari, tapi terus-menerus meminum kopi sepanjang hari dapat membuat Anda semakin stres.
Kortisol, hormon stress adalah sebagian besar penyebab reaksi ini, dan mengonsumsi kafein dalam jumlah besar dapat menyebabkan kadar kortisol Anda meningkat.

Faktanya, satu studi dari The Ohio State University mengungkapkan, kafein menyebabkan tekanan darah dan norepinefrin- hormon lain yang terlibat dalam pengaturan stres – meningkat, bahkan ketika sedang beristirahat.

3. Heartburn atau asam lambung naik

Dalam penelitian baru-baru ini yang diterbitkan oleh JAMA, salah satu perubahan gaya hidup yang direkomendasikan yang dapat Anda lakukan untuk menurunkan risiko gastroesophageal reflux disease (GERD), yang mana gejala utamanya adalah heartburn dan refluks asam lambung— adalah mengurangi asupan kopi harian.

Jika Anda sudah mulai rentan mengalami heartburn atau refluks asam lambung, sebaiknya batasi konsumsi kopi Anda menjadi dua cangkir sehari.

4. Meningkatkan risiko migrain

Jika Anda mengalami migrain, minum terlalu banyak kafein dapat menyebabkan migrain lebih sering terjadi.

Sebuah penelitian dari American Journal of Medicine – yang meminta 100 orang penderita migrain untuk mencatat seberapa sering mereka mengonsumsi minuman berkafein, seperti kopi dan minuman berenergi – mengungkapkan, bahwa kemungkinan seseorang mengalami migrain meningkat pada mereka yang minum setidaknya tiga porsi minuman berkafein setiap hari.

Sehingga, penting bagi Anda untuk membatasi asupan kopi, dua cangkir per hari.

5. Penambahan berat badan

Efek buruk terakhir, yang seringkali tak diduga banyak orang adalah kemungkinan penambahan berat badan. Ini tergantung dari bagaimana cara Anda menikmati kopi.
Bagi Anda penikmat kopi hitam dengan sedikit tambahan gula, kemungkinan tak akan terlalu berpengaruh pada berat badan.

Namun, jika Anda penikmat kopi susu, cappuccino, atau frappucino dan mengonsumsinya dalam jumlah berlebih setiap hari, tentu akan berpengaruh ada berat badan.

Sebagai catatan, grande Mocha Frappuccino di Starbucks yang dibuat dengan susu murni mengandung 370 kalori. Karena itu penting untuk mengetahui lebih dulu jumlah kalori terkandung dan membatasi asupan gula yang banyak terkandung dalam berbagai minuman.

(kompas/eat)

Share :

Baca Juga

Pasien covid-19. Foto/Ist

KESEHATAN

Tubuh Kebal dari Covid Bisa Bertahan hingga Puluhan Tahun
Ilustrasi vitamin. Foto/Ist

KESEHATAN

5 Saran Kesehatan yang Tak Perlu Diikuti
Ilustrasi hand sanitizer. Foto/Freepik

KESEHATAN

Efek Samping Terlalu Sering Pakai Hand Sanitizer
Ilustrasi masker. Foto/Ist

KESEHATAN

Pakai Masker Kotor dan Berulang Justru Lebih Bahaya
Petugas mengoperasikan alat deteksi dini COVID-19 bernama GeNose C19 di Gedung Binagraha, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (4/1). Foto/Antara

KESEHATAN

Cara Kerja GeNose Alat Deteksi Corona
Petugas kesehatan mempersiapkan vaksin COVID-19 saat simulasi pelayanan vaksinasi di Puskesmas Kemaraya, Kendari, Sulawesi Tenggara. Foto/Antara

KESEHATAN

Dosis Kedua Vaksinasi Covid Sebaiknya Tepat Waktu
Seorang bayi menangis ketika disuntik dengan vaksin polio di salah satu Posyandu di Palu, Sulawesi Tengah, Kamis (2/2/2017). Foto/Antara

EKONOMI

Bio Farma Dapat Dana Segar dari Bill Gates untuk Kembangkan Vaksin Baru
Ilustrasi olahraga. Ist

KESEHATAN

Begini Cara Tingkatkan Daya Tahan Tubuh