Home / KESEHATAN

Senin, 12 Oktober 2020 - 14:06 WIB

5 Kebiasaan Gaya Hidup Milenial yang Harus Dihindari

Ilustrasi memangku lapotp. Ist

Ilustrasi memangku lapotp. Ist

JAKARTA, BERITANUSA.id – Gaya hidup milenial yang kini tengah tren di kalangan masyarakat mungkin tampak seperti hal lumrah. Entah itu kerja, beli makan atau mencari hiburan semua bisa dengan mudah didapat melalui ponsel atau smartphone.

Sayangnya, gaya hidup generasi milenial yang serba mudah malah dapat menyulitkan kesehatan. Meski terlihat simpal dan canggih, gaya hidup generasi milenial rupayanya meningkatkan risiko beragam penyakit yang bisa jadi bumerang di masa depan.

Sehat tidaknya gaya hidup milenial bukan dilihat dari konsumsi makanan sehari-hari saja. Rutinitas yang dilakukan sehari-hari nyatanya juga bisa berpengaruh pada kesehatan tubuh, baik secara fisik maupun mental.

Lantas, apa saja gaya hidup milenial yang tidak sehat?

1. Konsumsi boba tea

Boba tea atau bubble tea merupakan minuman yang berasal dari Taiwan yang kini tengah digemari banyak orang. Minuman ini terbuat dari teh, susu, gula,aneka ragam sirup dan topping, disertai sensasi kenyal saat mengunyah boba (tapioca pearl).

Butiran boba yang kenyal terbuat dari tepung tapioka olahan singkong. Singkong sebetulnya adalah makanan sehat yang mengandung vitamin B3 dan vitamin C.

Sayangnya, penelitian dalam jurnal Bristol Medico-Chirurgical Journal menemukan, kandungan vitamin hilang selama proses pengolahannya. Oleh karena itu, boba pearl tidak memiliki nilai gizi yang bermanfaat bagi tubuh.

2. Minum kopi susu

Kopi sebenarnya bermanfaat bagi tubuh karena kandungan chlorogenic acid-nya.

Riset yang terbit pada jurnal Coffee in Health and Disease Prevention menunjukkan, chlorogenic acid diserap oleh usus halus untuk kemudian membantu mengatur kadar gula tubuh.

Meski demikian, riset dari Journal of Agricultural and Food Chemistry menunjukkan, penambahan susu pada kopi mampu mengurangi kadar chlorogenic acid dalam tubuh hingga 28 persen.

Selain itu, kopi susu juga mengandung kafein yang sudah melebihi batas yakni 150 mg. Efek kafein berlebih dalam jangka panjang dapat meningkatkan rasa cemas atau gugup, mudah tersinggung, gangguan tidur hingga osteoporosis.

3. Bermain ponsel sebelum tidur

Aktivitas ini seolah menjadi hal yang biasa dilakukan oleh para penganut gaya hidup milenial.

Penelitian yang terbit pada Journal of Family Medicine and Primary Care memaparkan, penggunaan ponsel selama lebih dari 60 menit menurunkan produksi melatonin (hormon pemicu ngantuk) sehingga kita sulit tidur dan kualitas tidur pun berkurang.

Gangguan tidur erat kaitannya dengan masalah pada metabolisme tubuh, masalah pada sel di pembuluh darah, dan masalah pada pembuluh limpa.

Akibatnya, tidak cuma meningkatkan risiko terkena penyakit kardiovaskular pun meningkat, tapi juga obesitas dan diabetes.

4. Kerja memangku laptop terlalu dekat dengan mata

Kebiasaan memangku laptop di paha akan berpengaruh pada kesehatan.

Dalam satu aktivitas ini, ada tiga aspek yang terkena dampak buruknya, yakni reproduksi, postur tubuh dan kesehatan mata.

5. Kurang gerak

Kemudahan teknologi membuat gaya hidup milenial mudah menjangkau apapun dari gawainya. Belajar, bekerja, menonton film, makan dan minum bahkan bisa dilakukan di kasur.

Sayangnya, gaya hidup generasi milenial yang serba mager alias malas gerak itu bahaya untuk kesehatan.

Aktif bergerak justru mampu mencegah risiko beragam penyakit. Aktif secara fisik mampu mengontrol gula darah, berat badan, dan tekanan darah. Hal ini mampu meningkatkan kolesterol baik (HDL) dan menurunkan kolesterol jahat (LDL).

(heq/seh)

Share :

Baca Juga

Buah pepaya. Foto/Istimewa

KESEHATAN

5 Manfaat Pepaya untuk Perawatan Tubuh
Ilustrasi turunkan berat badan. Ist

KESEHATAN

Cara Turunkan Berat Badan Tanpa Olahraga
Ilustrasi oatmeal. Foto/WebMD

KESEHATAN

Deretan Makanan Sehat yang Bisa Tingkatkan Kekebalan Tubuh
Ilustrasi. Foto/Antara

KESEHATAN

Vitamin D Efektif Lindungi Pasien dari Corona
Ilustrasi teh hijau. Foto/Istimewa

KESEHATAN

Minum Teh Hijau 4 Cangkir Sehari Bisa Turunkan Berat Badan
Nasi menjadi makanan pokok hampir separuh penduduk dunia. Foto/Detik

KESEHATAN

5 Khasiat Nasi Bagi Kesehatan Tubuh
Ilustrasi orang di depan laptop. Ist

KESEHATAN

Mata Pegal Karena Di Depan Laptop, Coba 6 Latihan Senam Mata
Ilustrasi hand sanitizer. Foto/Freepik

KESEHATAN

Efek Samping Terlalu Sering Pakai Hand Sanitizer