Home / KESEHATAN

Jumat, 9 Oktober 2020 - 12:53 WIB

5 Khasiat Berkumur dengan Air Garam yang Jarang Diketahui

Larutan air garam. Foto/Ist

Larutan air garam. Foto/Ist

JAKARTA, BERITANUSA.id – Sejak dahulu orang percaya berkumur dengan air garam memiliki manfaat untuk kesehatan. Berbagai manfaat ini bahkan sudah dibuktikan oleh sejumlah penelitian ilmiah.

Di antara manfaat berkumur dengan air garam ialah meredakan radang tenggorokan, mengatasi infeksi pernapasan hingga mengobati alergi. Meski berkumur air garam tak serta-merta membunuh kuman, namun larutan air garam bisa membantu membawa kuman yang terselip di mulut.

Berikut beberapa manfaat berkumur dengan air garam bagi kesehatan mulut dan tenggorokan.

1. Meredakan gejala sariawan

Sariawan di mulut dapat terasa nyeri, terutama saat terbentur makanan yang sedang dikunyah. Namun tenang, salah satu manfaat kumur dengan air garam adalah meredakan gejala sariawan.

Berkumur dengan air garam dipercaya dapat mengatasi peradangan yang disebabkan oleh sariawan. Sebuah studi bahkan menjelaskan bahwa berkumur dengan air garam direkomendasikan sebagai obat alami yang ampuh mengatasi sariawan pada anak-anak.

2. Menjaga kesehatan mulut

Manfaat kumur dengan air garam selanjutnya adalah menjaga kesehatan mulut. Air garam dipercaya mampu membasmi bakteri dari mulut sekaligus menjaga gusi dari penyakit.

Hal ini dibuktikan melalui sebuah studi yang menyatakan bahwa manfaat kumur dengan air garam dapat mengurangi jumlah bakteri di dalam air liur.

Selain itu, air garam juga dianggap efektif dalam mencegah radang gusi, periodontitis, dan gigi berlubang.

3. Mengatasi radang tenggorokan

Manfaat kumur dengan air garam tidak boleh diremehkan
Salah satu manfaat kumur dengan air garam yang paling populer adalah mengatasi radang tenggorokan.

Menurut para ahli, berkumur dengan air garam dapat memancing virus penyebab radang tenggorokan untuk keluar dari mulut. Air garam dianggap paling efektif untuk mengatasi radang tenggorokan ringan yang disebabkan oleh penyakit pilek dan flu.

4. Meredakan reaksi alergi

Perlu diketahui, peradangan pada tenggorokan dapat menyebabkan munculnya reaksi alergi. Namun tenang saja, gejala reaksi alergi akibat radang tenggorokan dengan berkumur air garam.

Meski begitu, bukan berarti berkumur dengan air garam dapat mencegah reaksi alergi. Ingat, berkumur dengan air garam hanya dapat meredakan rasa tidak nyaman akibat alerginya saja.

5. Mengobati infeksi pernapasan dan sinus

Infeksi saluran pernapasan, seperti pilek, flu, mononukleosis dan sinusitis (infeksi sinus), ternyata dapat diredakan dan dicegah dengan air garam.

Dalam sebuah penelitian, 338 peserta mengalami penurunan risiko terkena infeksi saluran pernapasan atas setelah berkumur dengan air garam.

(heq/seh)

Share :

Baca Juga

Ilustrasi Minum Kopi. Foto/Readersdigest

KESEHATAN

5 Efek Buruk Minum Kopi Terlalu Banyak
Ilustrasi saat kerja. Foto/Ist

KESEHATAN

Cara Hilangkan Kantuk saat Bekerja Selain Minum Kopi
Ilustrasi jantung sehat. Foto/Istimewa

KESEHATAN

4 Tips Bikin Jantung Lebih Sehat
Ilustrasi orang menggunakan masker. Foto/Ist

KESEHATAN

Cegah Happy Hypoxia Terapkan Protokol Kesehatan
Ilustrasi. Foto/Pixabay

KESEHATAN

Cara Jaga Kesehatan Mental di Tengah Resesi Ekonomi
Ilustrasi meditasi. Foto/Ist

KESEHATAN

Manfaat Meditasi untuk Jaga Kesehatan Mental dan Fisik
Vaksin Covid-19. Foto/Ist

KESEHATAN

9,1 Juta Vaksin Covid Tersedia hingga Akhir Tahun
Petugas mengoperasikan alat deteksi dini COVID-19 bernama GeNose C19 di Gedung Binagraha, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (4/1). Foto/Antara

KESEHATAN

Cara Kerja GeNose Alat Deteksi Corona