Home / KESEHATAN

Rabu, 24 Maret 2021 - 08:02 WIB

5 Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan

Ilustrasi minyak zaitun. Foto/Istimewa

Ilustrasi minyak zaitun. Foto/Istimewa

JAKARTA, BERITANUSA.id – Minyak zaitun atau olive oil memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Minyak alami ini tidak hanya baik untuk menjaga berat badan, tetapi juga menurunkan tekanan darah.

Minyak zaitun atau olive oil adalah minyak alami yang diekstraksi dari buah zaitun. Di dalam 1 sendok makan atau setara 15 ml minyak zaitun, terdapat 120 kalori dan beragam nutrisi.

Seperti dirangkum dari berbagai sumber, Selasa (23/3), berikut manfaat minyak zaitun bagi kesehatan.

1. Mengontrol tekanan darah

Salah satu manfaat minyak zaitun yang sangat populer adalah mengontrol tekanan darah. Sebuah riset menyebut orang yang rutin mengonsumsi minyak zaitun murni kurang lebih 4 sendok makan per hari, terlihat memiliki tekanan darah yang lebih terkontrol.

Hal ini diduga berkat kandungan antioksidan dan asam lemak sehat pada minyak zaitun yang dapat membuat pembuluh darah lebih rileks dan mengurangi peradangan di pembuluh darah.

2. Mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung

Kandungan antioksidan di dalam minyak zaitun juga berperan untuk mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung. Hal ini karena minyak zaitun tidak mengandung kolesterol atau lemak jenuh, sehingga tidak menumpuk di pembuluh darah.

Minyak sehat ini justru baik dikonsumsi untuk mencegah penumpukan kolesterol yang dapat menyebabkan penyakit kardiovaskular, seperti serangan jantung dan stroke.

3. Menurunkan kadar kolesterol

Mengganti asupan lemak jenuh atau lemak yang berasal dari hewan dengan minyak zaitun, dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) pada penderita kolesterol tinggi.

Selain itu, minyak zaitun juga bisa meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) sehingga baik untuk kesehatan jantung. Selain minyak zaitun, minyak sehat lain, seperti minyak kanola dan minyak kelapa murni, juga memiliki manfaat serupa.

4. Mencegah pertumbuhan sel kanker

Pola makan sehat dengan menggunakan minyak zaitun saat mengolah atau sebagai campuran makanan, dapat meningkatkan kadar antioksidan di dalam tubuh.

Antioksidan merupakan zat yang dapat mencegah dan memperbaiki kerusakan sel akibat paparan radikal bebas. Antioksidan juga diketahui dapat mencegah dan menghambat pertumbuhan sel kanker.

5. Menjaga berat badan

Minyak zaitun juga baik dikonsumsi bagi Anda yang sedang diet atau berusaha menjaga berat badan tetap ideal. Minyak alami ini juga baik dikonsumsi untuk mencegah obesitas.

Namun, untuk mendapatkan manfaat minyak zaitun yang satu ini, Anda juga perlu berolahraga secara rutin, membatasi asupan kalori, dan menjalani pola makan sehat.

(dbs)

Share :

Baca Juga

KESEHATAN

Gejala Kejang Demam Berdasarkan Jenisnya
Petugas kesehatan mempersiapkan vaksin COVID-19 saat simulasi pelayanan vaksinasi di Puskesmas Kemaraya, Kendari, Sulawesi Tenggara. Foto/Antara

KESEHATAN

Deretan Manfaat Vaksinasi Covid-19
Ilustrasi Relaksasi. Foto/Freepik

KESEHATAN

Jangan Lakukan Ini Kalau Sedang Relaksasi
Ilustrasi -- Jamu kunyit asam. Foto/Istimewa

KESEHATAN

Rutin Konsumsi Jamu Bisa Tingkatkan Imunitas Tubuh
Ilustrasi memangku lapotp. Ist

KESEHATAN

5 Kebiasaan Gaya Hidup Milenial yang Harus Dihindari
Ilustrasi mimpi buruk.

KESEHATAN

Waspada, Stres Bisa Picu Anxiety Dreams
Ilustrasi virus corona. Ist

KESEHATAN

Gejala Terpapar Varian Baru Corona Inggris

KESEHATAN

Waspada Keringat Berlebih, Bisa Jadi Hiperhidrosis Primer