Home / EKONOMI

Senin, 8 Maret 2021 - 12:31 WIB

5 Syarat Alumni Kartu Prakerja Dapat KUR

Penerima manfaat menunjukkan Kartu Prakerja. Foto/Antara

Penerima manfaat menunjukkan Kartu Prakerja. Foto/Antara

JAKARTA, BERITANUSA.id – Pemerintah akan membantu alumni Kartu Prakerja yang ingin membuka usaha usai mengikuti pelatihan program. Bantuan akan diberikan dalam bentuk fasilitas Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Digital, Ketenagakerjaan, dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Rudy Salahuddin mengatakan untuk bisa menikmati fasilitas itu alumni Kartu Prakerja harus mengajukannya kepada pemerintah.

Selain itu, alumni juga harus memenuhi beberapa syarat.

Pertama, alumni Kartu Prakerja yang menjadi wirausaha tidak bekerja di pekerjaan lain yang sudah tetap.

Kedua, alumni Kartu Prakerja yang menjadi wirausaha merupakan korban pemutusan hubungan kerja (PHK).

Sementara untuk syarat dan prosedur lainnya belum dijelaskan oleh pemerintah. Namun ada beberapa syarat umum pada program KUR Super Mikro.

Pertama, usaha yang dijalankan alumni berskala mikro.

Kedua, usaha boleh berdurasi singkat.

Ketiga, belum pernah menerima KUR.

Bila memenuhi syarat itu, KUR bisa diajukan ke bank-bank mitra pemerintah yang selama ini sudah menyalurkan KUR. Untuk pagu kredit, sebelumnya mulai dari Rp4 juta dan maksimal Rp10 juta.

Rudy mengatakan kebijakan ini merupakan pengembangan program Kartu Prakerja. Dalam pengembangan ini, Kartu Prakerja diintegrasikan dengan mengintegrasikannya ke program pemerintah yang lain, salah satunya KUR.

“Program KUR dalam hal ini bisa digunakan untuk menaikkan skala usaha mereka ke depan,” kata Rudy seperti dikutip dari keterangannya Senin (8/3).

Pemerintah berharap integrasi ini nantinya bisa menumbuhkan jumlah wirausaha di dalam negeri. Targetnya, pertumbuhan wirausaha baru mencapai 4 persen pada 2024 dan rasio kewirausahaan nasional mencapai 3,9 persen dengan kebijakan itu.

Ia menambahkan KUR juga diberikan karena hasil survei Manajemen Pelaksana (PMO) Kartu Prakerja mencatat ada kurang lebih 19.500 ribu orang dari 5,98 juta peserta program Kartu Prakerja dari gelombang 1-11 yang kini menjadi wirausaha.

Data lain mencatat sekitar 35 persen alumni Kartu Prakerja yang dulunya tidak bekerja, kini 17 persennya bekerja menjadi wirausaha.

Untuk itu, pemerintah ingin memberikan fasilitas KUR kepada alumni Kartu Prakerja, khususnya mereka yang berwirausaha dan membutuhkan modal tambahan dalam mengembangkan usahanya. Bukan hanya untuk meningkatkan produksi, tapi juga naik kelas ke pengusaha menengah hingga atas.

(cnn/eko)

Share :

Baca Juga

Petugas melakukan pemeriksaan dokumen perjalanan penumpang pesawat yang tiba di Terminal Domestik Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai. Foto/Antara

EKONOMI

Bandara Sediakan Tes Swab dan Rapid Antigen, Ini Harganya
Ilustrasi uang Dolar AS. Ist

EKONOMI

Juli 2020, Utang Luar Negeri Indonesia Melambat
Ilustrasi tenaga kesehatan. Foto/Ist

EKONOMI

Realisasi Insentif Nakes Rp4,13 T per 9 November 2020
Deputi Bidang Pengawasan Kementerian Koperasi dan UKM Ahmad Zabadi melakukan monitoring dan evaluasi program Banpres Produktif Usaha Mikro di provinsi Kalimantan Timur sekaligus meninjau pelaku usaha mikro yang mendapatkan Program Banpres Produktif. Samarinda, Selasa (17/11). Foto/Kemenkop UKM

EKONOMI

Banpres UMKM Harus Tepat Sasaran dan Pemanfaatan
Trayek tol laut terindikasi terjadi praktik monopoli. Foto/Antara/Dewi Fajriani

EKONOMI

Tol Laut Diklaim Bikin Harga Barang Turun 30 Persen
Ilustrasi ekonomi Indonesia. Foto/Ist

EKONOMI

Pertumbuhan Ekonomi pada 2021 Diprediksi 0,5 Persen
Presiden RI Joko Widodo. Foto/Antara

EKONOMI

Jokowi Minta Bansos 2021 Diberikan Sejak Awal Januari
Biji kopi. Foto/Antara

EKONOMI

Indonesia Penghasil Kopi Tapi Minim Ekspor