Home / KESEHATAN

Senin, 19 Oktober 2020 - 12:40 WIB

6 Gaya Hidup Sehat yang Bisa Cegah Tekanan Darah Tinggi

Ilustrasi hipertensi. Foto/Ist

Ilustrasi hipertensi. Foto/Ist

JAKARTA, BERITANUSA.id – Tekanan darah tinggi atau disebut juga hipertensi, meningkatkan risiko terjadinya banyak masalah kesehatan yang serius, termasuk penyakit jantung, stroke, dan ginjal.

Meski kita tidak bisa selalu mengontrol apakah mengalami hipertensi, tetapi ada kebiasaan hidup sehat yang bisa kamu lakukan untuk membantu mencegah hipertensi dan mengurangi risiko terjadinya gangguan kesehatan serius di masa depan.

Usia, riwayat kesehatan keluarga, hingga suku menjadi beberapa faktor risiko hipertensi yang tidak bisa kamu kendalikan. Agar bisa mencegah tubuh terserang tekanan darah tinggi, kamu harus berfokus pada faktor risiko yang bisa dikontrol.

Nah, berikut ini beberapa gaya hidup sehat yang bisa dijalani untuk mencegah tekanan darah tinggi.

1. Jaga berat badan

Berat badan menjadi salah satu aspek penting terkait pencegahan hipertensi. Orang yang kelebihan berat badan harus mencoba menurunkannya dengan pola makan yang sehat.

Sementara orang dengan berat badan normal harus menghindari terjadinya obesitas. Olahraga rutin dan perubahan pola hidup bisa membantu kamu mendapatkan berat badan ideal.

2. Kurangi asupan garam

Bagi banyak orang, mengonsumsi makanan rendah natrium atau garam bisa membantu menjaga tekanan darah tetap normal. Semakin tinggi asupan garam, semakin tinggi pula tekanan darah.

Kita bisa menghindari asupan makanan tinggi garam dengan mengurangi konsumsi makanan kemasan dan olahan tinggi natrium, serta tidak menambahkan terlalu banyak garam pada makanan.

3. Olahraga secara teratur

Banyaklah melakukan aktivitas fisik untuk mencegah tubuh mengalami tekanan darah tinggi. Semakin banyak olahraga semakin baik, tetapi sedikit pun bisa membantu mengontrol tekanan darah.

Olahraga ringan sekitar 30 menit setiap harinya sebelum kamu memulai aktivitas harian sudah sangat cukup untuk membantu menjaga kesehatan.

4. Selalu periksa tekanan darah

Pastikan kita juga selalu memantau tekanan darah secara rutin.

Pasalnya, tekanan darah tinggi sering terjadi tanpa adanya gejala, jadi melakukan pemantauan menjadi cara yang paling baik untuk mengetahui apakah tekanan darah masih normal, terlalu rendah, atau justru terlalu tinggi.

Setidaknya, lakukan pengecekan setiap bulan sekali.

5. Berhenti merokok

Setiap batang rokok yang dihisap akan meningkatkan tekanan darah selama beberapa menit setelah rokok habis, sehingga berhenti merokok adalah cara yang paling baik untuk menghindari terjadinya hipertensi, mengurangi risiko terserang penyakit jantung, paru-paru, dan membantu meningkatkan kesehatan tubuh secara menyeluruh.

6. Kurangi stres

Stres kronis dapat menyebabkan hipertensi. Jadi, kita harus bisa mengendalikannya agar tubuh terhindar dari berbagai masalah kesehatan yang berbahaya.

Kita bisa melakukan hobi, relaksasi, dan yoga sebagai cara mudah mengendalikan stres.

Tidak hanya bisa membantu mencegah terjadinya hipertensi, membiasakan pola hidup sehat juga bisa membuat tubuh terhindar dari banyak penyakit, terlebih penyakit yang serius dan membahayakan nyawa.

(kar/hal/doc)

Share :

Baca Juga

Ilustrasi buah naga. Foto/Istimewa

KESEHATAN

Khasiat Lain dari Buah Naga Selain untuk Diet
ILustrasi istirahat jam makan siang. Foto/Istimewa

KESEHATAN

Kebiasaan Lewatkan Istirahat Siang Berbahaya Bagi Kesehatan
Ilustrasi meditasi. Foto/Ist

KESEHATAN

Manfaat Meditasi untuk Jaga Kesehatan Mental dan Fisik
Ilustrasi teh hijau. Foto/Istimewa

KESEHATAN

Minum Teh Hijau 4 Cangkir Sehari Bisa Turunkan Berat Badan
Ilustrasi menyikat gigi. Foto/Ist

KESEHATAN

Riset Sebut Menyikat Gigi Cegah Penularan Corona
Ilustrasi mengatasi masalah. Foto/Ist

KESEHATAN

Manfaat Selalu Berpikir Positif Bagi Kesehatan
Buah jeruk. Ilustrasi/Ist

KESEHATAN

Musim Hujan Tiba, Rutin Konsumsi 4 Jenis Vitamin Ini
Ilustrasi virus corona. Ist

KESEHATAN

Gejala Terpapar Varian Baru Corona Inggris