Home / KESEHATAN / KULINER

Rabu, 14 Oktober 2020 - 13:22 WIB

7 Rempah yang Bisa Tangkal Virus Corona

Temulawak. Foto/Ist

Temulawak. Foto/Ist

JAKARTA, BERITANUSA.id – Memiliki daya tahan tubuh yang baik di masa pandemi Covid-19 sangatlah dianjurkan. Hal itu bisa membuat seseorang secara alami lebih kebal terhadap suatu penyakit, termasuk virus corona.

Untuk mendapatkan daya tahan tubuh yang baik perlu memberi asupan tubuh dengan mengonsumsi makanan-makanan tertentu. Salah satu jenis makanan tertentu yang dapat dipercaya meningkatkan imunitas tubuh adalah rempah-rempah yang biasanya dijual di pasaran.

Dikutip dari berbagai sumber, Rabu (14/10), berikut daftar rempah yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh.

1. Kayu manis

Kayu manis merupakan sumber senyawa antioksidan yang bagus. Rempah beraroma ini dipercaya bisa mengurangi gejala peradangan, pilek, batuk, sekaligus stimulator kekebalan tubuh.

Untuk pengolahan bisa mencampurkan madu dan bubuk kayu manis dalam segelas air hangat dan dikonsumsi setiap pagi hari.

2. Jahe

Rempah yang satu ini memiliki sifat antiradang dan antioksidan yang kuat. Selain bisa meningkatkan kekebalan tubuh, jahe dipercaya mampu melawan peradangan paru, meredakan flu hingga meningkatkan produksi sel-T.

Jahe hampir selalu ditemukan dalam masakan, minuman hingga jamu tradisional. Bila ingin meningkatkan imun, bisa menambahkan irisan jahe dan madu ke dalam segelas teh hangat dan diminum dua kali sehari

3. Kunyit

Kunyit termasuk ke dalam makanan sehari-hari yang memiliki sifat antiinflamasi, antimikroba, dan imunomodulator, yang membantu melawan flu dan memperbaiki gejala pilek dan batuk.

Selain itu, kunyit juga bisa membantu meningkatkan kekebalan tubuh sekaligus mengurangi peradangan paru. Campurkan kunyit, jahe, dan lemon ke dalam teh, dan minum rutin sebanyak dua kali sehari.

4. Bawang putih

Bahan masakan sehari-hari ini bisa memberikan manfaat yang luar biasa untuk mengontrol tekanan darah. Tak hanya itu, bawang putih juga bisa menjaga homeostasis sistem kekebalan tubuh.

Bawang putih bisa menjaga fungsi sistem kekebalan tubuh karena keberadaan senyawa imunoregulatif. Ambil 1 sampai 2 siung bawang putih, masukkan ke dalam segelas air hangat dan minum setiap hari dalam keadaan perut kosong.

5. Kencur

Kencur memiliki sifat antiperadangan yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Rempah ini memiliki kandungan minyak atsiri seperti borneol, kamfer, sineol dan etilalkohol.

Selain bisa meningkatkan imunitas tubuh, kencur juga bisa mengatasi radang tenggorokan hingga mencegah masalah pencernaan dan pernapasan. Minumlah kencur minimal satu kali sehari untuk mendapatkan manfaatnya.

6. Cengkeh

Cengkeh telah lama dipakai dalam pengobatan tradisonal untuk mengobati beberapa penyakit. Cengkeh bisa meningkatkan respons imin dan membantu menetralkan virus dan bakteri.

Selain itu cengkeh bisa mengurangi peradangan paru dan mengeluarkan lendir. Rebuslah 4 sampai 5 siung cengkeh dan diminum setiap hari.

7. Temulawak

Temulawak memiliki sifat antiperadangan dan antiinflamasi. Kandungan tersebut dapat meningkatkan kekebalan tubuh yang dapat membuat tubuh jauh dari risiko penyakit.

Temulawak juga dikenal luas sebagai penambah stamina tubuh. Minumlah temulawak secara rutin minimal satu kali dalam sehari untuk merasakan khasiatnya.

(heq/dbs)

Share :

Baca Juga

Buah kiwi. Foto/Istimewa

KESEHATAN

Buah-buahan yang Bisa Dikonsumsi Saat Malam Hari
Daun kemangi. Foto/Ist

KESEHATAN

Manfaat Daun Kemangi, Mengurangi Stres hingga Mencegah Kanker
Ilustrasi relaksasi diri. Foto/Istimewa

KESEHATAN

Tips Mudah Jaga Kesehatan Mental Kala Pandemi
Ilustrasi gula. Foto/New York Post

KESEHATAN

5 Efek Buruk Jika Konsumsi Gula Terlalu Banyak
Warga tidak menggunakan masker saat berolahraga pada Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau Car Free Day (CFD) di Jalan Inspeksi BKT. Foto/Antara

KESEHATAN

Anak Muda Rentan Terpapar Virus Corona
Ilustrasi--Burger. Foto/Istimewa

KESEHATAN

Makanan Cepat Saji yang Wajib Dihindari Saat Diet
Ilustrasi jantung. Foto/Ist

KESEHATAN

7 Tips Ampuh Hindari Penyakit Jantung
Ilustrasi sakit lambung. Foto/Istimewa

KESEHATAN

5 Makanan Bantu Redakan Sakit Lambung