Home / NASIONAL

Kamis, 18 Februari 2021 - 11:21 WIB

9.700 Pedagang Pasar Tanah Abang Terdata Program Vaksinasi

Pemerintah akan memberikan biaya ganti rugi atau kompensasi bagi penerima vaksin corona atau covid-19 yang mengalami efek samping atau kejadian ikutan pasca-vaksinasi, cacat ataupun meninggal dunia. Foto/Antara

Pemerintah akan memberikan biaya ganti rugi atau kompensasi bagi penerima vaksin corona atau covid-19 yang mengalami efek samping atau kejadian ikutan pasca-vaksinasi, cacat ataupun meninggal dunia. Foto/Antara

JAKARTA, BERITANUSA.id – Ribuan pedagang Pasar Tanah Abang telah menerima vaksinasi covid-19 pada Rabu (17/2) kemarin. Pemberian vaksin ini merupakan bagian dari program vaksinasi tahap kedua yang menyasar petugas pelayanan publik.

Presiden Joko Widodo bersama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin ikut meninjau pelaksanaan vaksinasi covid-19 yang menargetkan ribuan pedagang pasar itu.

Saat ditemui di lokasi, Menkes Budi menyatakan pelaksanaan vaksinasi ditargetkan rampung dalam lima hari ke depan dengan menyasar 55 ribu pedagang pasar. Namun hingga kemarin, ia mengaku data pedagang Tanah Abang yang sudah melakukan validasi baru 9.700 orang.

Mantan Direktur Utama Bank Mandiri itu meminta agar warga lain yang memang berprofesi sebagai pedagang pasar yang belum terdaftar segera melakukan pendaftaran.

“Sementara data 55 ribu juga data awal. Kita tidak tahu berapa banyak sebenarnya yang ada. Tapi kita terbuka kok, jadi kalau memang benar kan itu ada di sini benar-benar beroperasi di sini, silakan daftar,” kata Budi.

Selain itu, Budi menargetkan untuk melakukan vaksinasi tahap kedua yang menyasar pedagang di 115 Pasar di kawasan Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) secara bertahap. Target ini diharapkan rampung pada Mei 2021.

“Alhamdulillah sesudah melihat pilot project ini, kita akan masuk ke semua pasar di Jakarta secara bertahap. Kalau tidak salah Jabodetabek ada 115 pasar, di sana kita akan lakukan secara bertahap,” kata dia.

Terpisah, Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kemenkes Maxi Rein Rondonuwu memaparkan total pedagang pasar di Indonesia yang terdata dalam BPJS Ketenagakerjaan sebanyak 4.014.000 orang.

Dari data itu, pemerintah menargetkan jumlah pedagang pasar yang menerima vaksinasi adalah 1.365.000 orang.

“Sampai Februari dan Maret ini kita targetkan 1.365.000, sesuai dengan ketersediaan vaksin,” kata Maxi.

Adapun berdasarkan dokumen yang dipaparkannya, sasaran pedagang pasar yang mendapatkan vaksinasi di Pulau Jawa-Bali adalah 1.166.645 pedagang. Sementara di luar Jawa-Bali sebanyak 198.362 juta pedagang pasar.

Selain pedagang pasar, pemerintah bakal melakukan vaksinasi tahap kedua terhadap para petugas pelayanan publik di Indonesia yang lainnya. Mereka terdiri dari tenaga pendidik, tokoh agama, wakil rakyat, pejabat pemerintah dan aparatur sipil negara (ASN).

Kemudian petugas keamanan; petugas pariwisata, hotel, dan restoran; pelayan publik yang termasuk petugas Damkar, BPBD, BUMN, BUMD, BPJS, dan kepala perangkat desa. Selanjutnya, pekerja transportasi publik, atlet, hingga wartawan atau pekerja media.

Sasaran vaksinasi tahap dua ini ditargetkan untuk 16,9 juta petugas publik, dan 21,5 juta lansia. Vaksinasi akan dilakukan di tujuh provinsi di Pulau Jawa-Bali terlebih dahulu.

(cnn/nas)

Share :

Baca Juga

Ahmad Riza Patria, Wakil Gubernur DKI Jakarta memberikan sambutan di ruangan Balai Kota DKI Jakarta, Jakarta Pusat, Rabu (18/11/2020). Foto/Kompascom

NASIONAL

Deretan Fakta Wagub DKI Ahmad Riza Patria Terpapar Covid
Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus. Foto/Antara

NASIONAL

Polisi Tindak Tegas Pelanggar Prokes di Malam Tahun Baru
Ilustrasi cuti bersama. Foto/Ist

NASIONAL

Cuti Bersama Idul Fitri 1441 H Jadi Akhir Tahun
Gugus tugas kampanye 2020. Foto/Ist

NASIONAL

Gugus Tugas Siap Kawal Kampanye Pilkada di Media Massa
Petugas kesehatan mempersiapkan vaksin COVID-19 saat simulasi pelayanan vaksinasi di Puskesmas Kemaraya, Kendari, Sulawesi Tenggara. Foto/Antara

NASIONAL

Tangsel Mulai Vaksinasi Corona 14 Januari
Kegiatan “Deklarasi Kebangsaan Alim Ulama dan Pengukuhan Da’i Kamtibmas Polda Metro Jaya”. Foto/Istimewa

NASIONAL

Kapolda Metro Lantik Da’i Sampaikan Pesan Kamtibmas Humanis
Vaksin virus Corona. Foto/Ist

NASIONAL

Bukti Kemandirian Bangsa Lewat Vaksin Merah Putih
Gedung DPR RI tengah dilakukan penyemprotan disenfektan. Foto/Suara

NASIONAL

Baleg DPR Klaim Draf UU Ciptaker yang Beredar Bukan Naskah Asli