Home / NASIONAL

Selasa, 29 Desember 2020 - 10:25 WIB

Aa Gym Positif Corona

Pendakwah sekaligus Pembina Yayasan Daarut Tauhiid Abdullah Gymnastiar. Foto/Antara

Pendakwah sekaligus Pembina Yayasan Daarut Tauhiid Abdullah Gymnastiar. Foto/Antara

JAKARTA, BERITANUSA.id – Ustaz Abdullah Gymnastiar atau Aa Gym positif Covid-19. Kabar tersebut disampaikan Aa Gym melalui akun Instagram pribadinya yang diunggah Selasa (29/12).

“Alhamdulillah, sesudah di-swab ternyata hasilnya positif,” kata Aa Gym.

Dalam unggahannya Aa Gym menunjukkan Oxymeter dengan saturasi oksigennya di angka 98, sementara alat pengecek suhu badan yang dikeluarkan dari ketiak menunjukkan angka 36,3.

“Alhamdulillah berarti harus karantina,” kata Aa Gym.

Aa Gym mengimbau kepada siapa pun yang belakangan ini baru bertemu dengannya untuk segera melakukan tes Covid-19.

Aa Gym juga mengingatkan kepada semua masyarakat untuk lebih taat dalam menjalankan protokol kesehatan COVID-19.

“Aa kena Covid semoga menjadi penyemangat teman-teman untuk menjaga diri, lebih disiplin protokol kesehatan, protokol doanya juga harus lebih tinggi lagi,” katanya.

“Doa Aa mungkin kemarin kurang sungguh-sungguh, sedekah Aa masih kurang. Dengan sakitnya Aa memotivasi teman-teman untuk jaga diri baik-baik,” kata Aa Gym.

Kronologi sebelum Aa Gym Positif Covid-19

Sebelum dinyatakan positif, Aa Gym sempat bepergian ke Jakarta hingga berziarah di Bandung.

Aa Gym menceritakan kegiatannya secara runut dalam akun Instagram-nya, @aagym. Ia mengaku sempat ke Jakarta dan kembali ke Bandung pada Rabu (23/12) pekan lalu.

“Aa positif kena Covid-19 dan kalau kita runut hari Rabu kemarin itu ke Jakarta lalu ke Bandung, perjalanan lima jam, masih sehat,” kata Aa Gym dalam Instagram pribadinya, Selasa (29/12).

Setelah tiba di Bandung, ia berziarah ke makam, dan berkemah di gunung, Kamis (24/12) pagi. Pada hari yang sama, ia juga berenang dan kembali melanjutkan berkemah.

“Hari Jumat pagi mau bersepeda tapi tidak mau terlalu capek, lalu Jumatan di Masji Salman ITB, di tamannya yang paling aman karena tidak ada banyak orang,” ujar Aa Gym.

Keesokan harinya, pada Sabtu (26/12) Aa Gym hendak kembali ke Jakarta. Menjelang berangkat, ia merasa lelah dan badan kurang bugar.

Pengasuh Pondok Pesantren Daarut Tauhid itu lalu memutuskan untuk diinfus vitamin dan rapid tes antibodi, hasilnya nonreaktif Covid-19.

“Diduga kelelahan sehingga dianjurkan istirahat, akhirnya inisiatif isolasi mandiri,” kata Aa Gym.

Selama isolasi mandiri, Aa Gym ditemani anak dan santri. Saat melakukan isolasi mandiri, ia mengaku mulai kehilangan nafsu makan.

Aa Gym lalu berinisiatif melakukan swab test di RS Dustira, Bandung. Santri serta anaknya pun ikut melakukan swab.

“Hari Senin diswab ditemani anak dan sama-sama pakai masker. Santri yang suka mendampingi juga di-swab, dan tadi malam hasilnya didapat, anak negatif, dan Aa positif Covid-19,” ujarnya.

Dalam video unggahannya tersebut, Aa Gym menunjukkan pemeriksaan Oxymeter normal 98, dan suhu badan 36,3 derajat celsius. Gejala yang dialaminya berupa batuk dan sedikit pusing.

“Kondisi sekarang secara umum hanya batuk, ini bagus alhamdulilah tidak ada sesak, pusing berlebihan, hanya pagi ini agak sedikit pusing karena kurang tidur,” ujar Aa Gym.

(cnn/heq)

Share :

Baca Juga

Petugas Dinas Sumber Daya Air menggunakan alat berat untuk mengeruk sampah bercampur lumpur di aliran Banjir Kanal Barat, Jakarta, Senin. Foto/Antara

NASIONAL

DKI Siapkan 5.000 Drainase Vertikal Antisipasi Banjir
Ilustrasi program Kartu Prakerja. Ist

NASIONAL

Program Kartu Prakerja Ditutup Hingga Gelombang 10
Semua kantong telah dilabeli di JICT lalu kemudian dibawa ke RS Polri Kramat jati untuk diidentifikasi. Foto/Media Indonesia

NASIONAL

56 Kantong Jenazah Korban Sriwijaya Dibawa ke RS Polri
Penyintas virus corona. Foto/Antara

NASIONAL

DPR Minta Pemerintah Antisipasi Lonjakan Covid Libur Imlek
Foto: Redaksi Indonesia

NASIONAL

Pemerintah Dinilai Tak Konsisten Kawal Otsus
Menteri Kelautan dan Perikanan,Edhy Prabowo, tiba di Istana Merdeka untuk menghadiri Sidang Kabinet Paripurna pertama, Kamis (24/10). Foto/MI

NASIONAL

Istri dan Ajudan Menteri Edhy Juga Ditangkap KPK di Soetta
ilustrasi penembakan. Foto/Istimewa

NASIONAL

Prajurit TNI Gugur Dalam Baku Tembak dengan KKB Papua
Aksi demonstrasi tolak Omnibus Law UU Cipta Kerja berujung ricuh di berbagai daerah. Foto/Pikiran Rakyat

NASIONAL

Demo Omnibus Law, Bentrokan Pecah di Seluruh Penjuru Negeri