Home / NASIONAL / NUSANTARA

Kamis, 8 Oktober 2020 - 09:36 WIB

Aceh Siap Jadi Tuan Rumah PON XXI 2024 Bersama Sumut

Ilustrasi Stadion di Aceh. Ist

Ilustrasi Stadion di Aceh. Ist

JAKARTA, BERITANUSA.id – Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah melaporkan kesiapan Aceh menjadi tuan rumah bersama Sumatera Utara di PON XXI pada 2024 kepada Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali.

Dalam pertemuan itu, Nova juga meminta Menpora segera menerbitkan Surat Keputusan (SK) penetapan Aceh-Sumut sebagai tuan rumah PON tersebut.

“Karena sampai saat ini kita belum terima SK penetapan tuan rumah PON. Padahal kita sudah ditetapkan sebagai tuan rumah itu pada April 2018 dalam Munas luar biasa KONI Aceh,” kata dia dalam keterangan tertulis yang dikutip, Kamis (8/10).

Nova mengatakan, segala persiapan terkait PON XXI juga telah dipersiapkan oleh pemerintah Aceh, misalnya perencanaan pembangunan sejumlah venue pada tahun 2021, 2022 dan 2023, serta penetapan lokasi seluas 116 Ha di Aceh Besar.

“Di tempat ini nanti kita juga akan melaksanakan tes event yang bentuknya Pekan Olahraga Wilayah (Porwil), dengan memanfaatkan venue yang telah telah dibangun sebelumnya,” ujarnya.

Selain itu, Nova juga melaporkan bahwa KONI Aceh bersama Sumut terus merampungkan keseluruhan persiapan bersama, seperti pembagian cabang olahraga, lokasi penetapan acara pembukaan dan penutupan PON.

“Jika sudah rampung, tinggal tunggu SK Menpora diterbitkan terkait penyelenggaraan PON. Maka kita langsung saja terus bergerak untuk menyiapkan,” katanya.

Sementara Menpora RI Zainudin Amali mengatakan, sangat mendukung pagelaran event empat tahun sekali itu dilaksanakan di Aceh dan Sumut. Bahkan ia berkeinginan mengunjungi Aceh, namun diurungkannya akibat kondisi tengah Covid-19.

Tetapi Menpora akan terus mempelajari dan berkomunikasi dengan Aceh terkait dengan persiapan PON XXI. Apalagi ornamen pendukungnya saat ini sudah ada.

“Hanya tinggal menunggu usulan dari KONI Pusat terkait dengan melampirkan perencanaan dan struktur dari persiapan PON tersebut,” jelas dia.

(kem/por)

Share :

Baca Juga

PSBB transisi DKI Jakarta. Foto/Ist

NASIONAL

Resmi, PSBB Transisi Jakarta Diperpanjang Dua Pekan
Cuaca Jakarta. Foto/Antara

NASIONAL

BMKG: Hujan Deras Guyur Jakarta Siang Ini
Anggota Baleg DPR RI Firman Soebagyo. Foto/Ist

NASIONAL

Alih Fungsi Lahan Pertanian Ancam Kesejahteraan Petani
Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menargetkan sebanyak 1.200 orang disuntik per hari dalam vaksinasi massal, di Masjid Istiqlal, DKI Jakarta. Foto/Setneg

NASIONAL

Warga Diminta Tak Unggah Sertifikat Vaksinasi ke Medsos
Kantor Kemenkes. Ist

NASIONAL

Kemenkes Jangan Jadi Contoh Buruk Penerapan Protokol Kesehatan
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. Foto/Setpres

NASIONAL

Vaksinasi 1,6 Juta Nakes Ditargetkan Selesai Februari
Foto: Kemenkominfo

NASIONAL

Indonesia Serukan Kedaulatan dan Keamanan Data dalam G20 Digital Economy Ministerial Meeting
DKI Jakarta diguyur hujan dengan intensitas tinggi. Foto/Ist

NASIONAL

BMKG: Potensi Hujan Lebat di Seluruh Indonesia Selama Sepekan