Home / NASIONAL

Rabu, 15 Juli 2020 - 10:32 WIB

Ada 15 Jenis Pelanggaran Jadi Sasaran Tilang

Ilustrasi tindakan penilangan. (Foto: Ist)

Ilustrasi tindakan penilangan. (Foto: Ist)

JAKARTA, BERITANUSA.id – Ditlantas Polda Metro Jaya mulai mensosialisasikan tertib lalu lintas di jalan raya menjelang penerapan kembali penindakan tilang, terhadap para pelanggar aturan lalu lintas. Penindakan hukum atau razia lalu lintas di jalan raya akan segera kembali digelar minggu depan.

“Iya benar, tilang atau penindakan hukum lalu lintas akan dimulai minggu depan,” kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes. Pol. Sambodo Purnomo Yogo, S.I.K., M.T.C.P, seperti dikutip laman resmi Polri, Rabu (15/7).

Selama diberlakukanya PSBB di tengah pandemi covid – 19, Polisi tidak melakukan penindakan berupa tilang kepada para pengendara kendaran. Menurutnya, nantinya akan ada 15 jenis pelanggaran yang menjadi target sasaran penilangan, ini adalah pelanggaran yang sifatnya berpotensi menimbulkan kecelakaan lalu lintas.

Adapun ke 15 pelanggaran lalu lintas tersebut akan menjadi prioritas penindakan antara lain, menggunakan ponsel sambil berkendara, mengendarai kendaraan di atas trotoar.

Tak hanya itu, ia juga akan menindak bagi pengendara yang melawan arus, menerobos jalur busway, menerobos bahu jalan, dan sepeda motor masuk ke jalan tol dan jalan layang non-tol.

Kemudian kendaraan yang melebihi kapasitas dan tidak sesuai peruntukan, melebihi batas kecepatan, tidak menggunakan helm, serta tidak melengkapi kendaraan sesuai standar.

Sementara itu Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya (AKBP. Fahri Siregar), menegaskan sosialisasi ini mulai digelar pekan ini.

“Minggu ini akan kami sosialisasikan kepada masyarakat secara masif agar tertib berlalu lintas dan tidak melakukan pelanggaran lalu lintas,” ujarnya.

Sosialisasi ini, Menunjukkan Ditlantas Polda Metro Jaya bukan ingin mencari – cari kesalahan para pengendara.

“Kita ingin ketertiban di jalan raya untuk kenyamanan bersama, terlebih di masa pandemi covid – 19 begitu banyak pelanggaran terpantau melalui rekaman elektronik,” tambah AKBP. Fahri Siregar. (rls/pol)

Share :

Baca Juga

Warga menunjukkan Kartu Lansia Jakarta (KLJ). Foto/Antara

NASIONAL

Bansos Kartu Lansia & Kartu Anak Jakarta Cair Hari Ini

NASIONAL

Ini Cara UMKM yang Belum Dapat BLT Rp2,4 Juta
Pemohon SIM saat antre di depan mobil pelayanan SIM Keliling. Foto/MI

NASIONAL

Via Online: Perpanjang SIM 11 April, Buat STNK 21 Mei
Massa aksi ANAK NKRI di Patung Kuda, Jumat (18/12/2020). Foto/Kompascom

NASIONAL

Massa Aksi 1812 di Patung Kuda Dibubarkan
Demonstrasi menolak omnibus law di Jember, Jawa timur, Maret silam. Foto/Antara/Wahyu

NASIONAL

Buruh Demo Tolak UU Ciptaker di Gedung DPR Hari Ini
Banjir masih menjadi ancaman besar di wilayah Kalimantan Selatan, bahkan masuk dalam zona merah. Foto/Media Indonesia

NASIONAL

Eksploitasi Alam Jadi Penyebab Banjir Kalsel
Sebagian besar SPBU di Pantura Jateng sudah tidak jualan Premium. Foto/Antara

NASIONAL

Penjualan Premium di Jawa-Bali Dihentikan per 1 Januari 2021
Presiden Joko Widodo telah disuntik vaksin Covid-19 untuk yang pertama kali di Indonesia bersama sejumlah pejabat tinggi negara, kepala lembaga, tokoh agama hingga tokoh masyakarat di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (13/1). Foto/Setneg

NASIONAL

Jokowi Targetkan Produksi Vaksin Merah Putih Akhir 2021