Home / NASIONAL / UMKM

Selasa, 28 Juli 2020 - 16:33 WIB

Ada 30 Juta UMKM Tutup di Masa Pandemi

Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Rosan Roeslani. Foto: Istimewa

Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Rosan Roeslani. Foto: Istimewa

JAKARTA, BERITANUSA.id – Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Rosan Roeslani mengungkap dari 60 juta pengusaha Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Indonesia, ada sekitar 30 juta pengusaha yang tutup pada masa pandemi Covid-19.

“Survey Asian Development Bank (ADB) baru keluar bulan Juli kemarin, cukup up to date. Mereka mengatakan bahwa hampir 50 persen dari total UMKM sudah menutup sementara usahanya,” kata dia dalam Kajian Tengah Tahun virtual dengan Institute for Development of Economics and Finance (Indef) soal Mempercepat Geliat Sektor Rill dalam Mendukung Kegiatan Ekonomi, Selasa (28/7).

Kemudian, kata Rosan, 30 persen mengalami gangguan permintaan domestik, hampir 20 persen mengalami gangguan produksi, dan 14,1 persen mengalami pembatalan kontrak. Karena itu, kata Rosan, UMKM perlu didorong lagi agar bisa kembali berusaha secara normal.

Mengingat berdasarkan data sebelumnya sektor ini pernah menyumbang Rp8.573,9 triliun ke PDB pada 2018. Jika PDB Indonesia pada 2018 sebesar Rp14.838,3 triliun, maka kontribusi UMKM mencapai 57,8 persen terhadap PDB.  Selain itu, kata dia, UMKM memberikan mempekerjakan sebanyak 116.978.631 orang atau mencapai 97 persen dari total tenaga kerja Indonesia.

“Kita tahu kontribusi UMKM terhadap tenaga kerja kita ini sangat besar, hampir 96 persen. Ini juga tercermin kalau kita lihat berikutnya, dari penjualan bulanan UMKM yang menyatakan bahwa di April 2020 hampir 50 persen itu tutup sementara, lalu yang penjualan bulanannya turun 37,7 persen. Jadi kalau kita gabungkan dengan yang turun lebih dari 30 persen dan yang tutup sementara, ini angkanya menjadi 87,7 persen. Pendapatan bulananan juga mengalami penurunan hampir sama,” kata dia.

Kondisi ini, kata Rosan, juga tercermin dari banyaknya UMKM yang mengajukan restrukturisasi kredit ke perbankan berupa penundaan pembayaran kredit akibat usahanya terganggu karena adanya pandemi corona.

“Rp555 triliun total lending perbankan terhadap UMKM itu di level Rp1.100 triliun. Kalau kita lihat angka-angkanya dan survey in line bahwa UMKM terdampak signifikan,” kata dia.

Sumber: Tirto.id

Share :

Baca Juga

Ilustrasi tsunami. Ist

NASIONAL

Tsunami 20 M Berpotensi Terjang Pantai Selatan Pulau Jawa
Gedung Asabri. Foto/Istimewa

NASIONAL

Kejagung Gelar Perkara Dugaan Korupsi Asabri Minggu Depan
Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta Ahmad Riza Patria. Foto/Antara

NASIONAL

Wagub DKI Hadiri Panggilan Polisi Terkait Kerumunan Rizieq
Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta. Foto/Tirto

NASIONAL

Jokowi Pimpin Upacara Peringatan Hari Pahlawan 2020
2 politikus Gerindra Prabowo Subainto dan Edhy Prabowo di kompleks Istana Kepresidenan, Senin (21/10). Foto/MI

NASIONAL

Edhy Minta Maaf ke Jokowi dan Prabowo soal Suap Ekspor Lobster
Ilustrasi Kota Bandung, Jawa Barat. Foto/Ist

NASIONAL

Jawa Barat Diwacanakan Ganti Nama Jadi Provinsi Sunda
Jaksa Agung ST Burhanuddin. Foto/MI

NASIONAL

Kasus Pelanggaran HAM Berat Jadi Prioritas Jaksa Agung
Wisma Atlet Kemayoran. Foto/Berita Satu

NASIONAL

Tingkat Kesembuhan Pasien Covid di Wisma Atlet 75 Persen