Home / NASIONAL

Rabu, 10 Februari 2021 - 14:19 WIB

Ada Dugaan Tindak Pidana Selain Suap Kasus Korupsi Bansos

Kantor KPK. Foto/Tirto

Kantor KPK. Foto/Tirto

JAKARTA, BERITANUSA.id – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tengah membuka penyelidikan baru terkait kasus dugaan korupsi bantuan sosial (bansos) di Kementerian Sosial. Penyelidikan dilakukan guna memeriksa kemungkinan adanya tindak pidana selain suap.

“Penyelidikan baru, artinya KPK sedang memeriksa terhadap dugaan tindak pidana lain selain dugaan tindak pidana suap yang sebelumnya sudah disidik,” ungkap Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron di Jakarta, Senin (8/2).

Namun, Gufron tidak menjelaskan tindak pidana apa yang akan didalami KPK dalam kasus tersebut. Lembaga antirasuah ini sebelumnya mengatakan belum bisa membuka informasi terkait perkembangan penyelidikan yang dimaksud.

Deputi Penindakan KPK Karyoto sempat menyampaikan pihaknya saat ini tengah menyusun urutan perkara terkait bagaimana mendapatkannya, siapa yang melaksanakan, bagaimana harganya hingga kewajaran harga bansos tersebut.

Menurut Karyoto, saat ini KPK sedang mengkaji satu per satu terkait pengadaan barang dan jasa bansos Covid-19.

“Karena kalau membuat ruwet-ruwet, tapi tidak ada kerugian negara, atau suap atau tidak bisa membuktikan suapnya kami tidak bisa menentukan tersangka baru,” jelas Karyoto.

Untuk diketahui, kasus suap bansos Covid-19 telah menyeret Juliari Batubara sebagai tersangka bersama Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Kemensos Matheus Joko Santoso (MJS) dan Adi Wahyono (AW) serta dari pihak swasta Ardian I M (AIM) dan Harry Sidabuke (HS).

KPK menduga Mensos menerima suap Rp17 miliar dari fee pengadaan bantuan sosial sembako untuk masyarakat terdampak Covid-19 di Jabodetabek.

(pmj)

Share :

Baca Juga

Tim SAR gabungan menemukan beberapa puing yang diduga berasal dari pesawat Sriwijaya Air SJ 182 yang jatuh di perairan Kepulauan Seribu, Jakarta. Foto/Pikiran Rakyat

NASIONAL

Temuan Identitas Palsu Penumpang Sriwijaya Air SJ 182
Pekerja membersihan kamar dengan disinfektan di Hotel Grand Inna Malioboro, Yogyakarta, Jumat (5/6/2020). Foto/Antara

NASIONAL

Hotel dan Restoran Dilarang Gelar Acara Tahun Baru
Ilustrasi cuti bersama. Foto/Ist

NASIONAL

Cuti Bersama Idul Fitri 1441 H Jadi Akhir Tahun
Fasilitas Bandara Soekarno Hatta alami kerusakan. Foto/Ist

NASIONAL

Sejumlah Fasilitas Bandara Soetta Alami Kerusakan
Demo mahasiswa tolak omnibus law UU Cipta Kerja. Foto/JPNN

NASIONAL

Stafsus Milenial Jokowi Ajak Mahasiswa ke Istana Bahas Ciptaker
Warga menunjukkan jari yang telah ditetesi tinta pemilu usai memberikan hak suara untuk Pilkada 2020. Foto/Antara/Basri Marzuki

NASIONAL

Partisipasi Pilkada 2020 Hanya Sekitar 70 Persen
Ilustrasi--Bansos tunai. Foto/Pikiran Rakyat

NASIONAL

Bansos Corona DKI Tunai Rp300 Ribu Mulai Januari
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) membuka proses seleksi untuk Program Guru Penggerak untuk gelombang kedua. Foto/Antara

NASIONAL

Pemerintah Buka Seleksi Program Guru Penggerak Gelombang Kedua