Home / NASIONAL

Selasa, 6 Oktober 2020 - 14:46 WIB

Ajak Warga Peduli Lingkungan, Bank DKI Bentuk Komunitas JakOne Artri

Aplikasi Komunitas JakOne Artri. Foto/DKI

Aplikasi Komunitas JakOne Artri. Foto/DKI

JAKARTA, BERITANUSA.id – Bank DKI mengembangkan aplikasi Komunitas JakOne Artri sebagai wujud kepedulian terhadap lingkungan. Aplikasi ini hasil kolaborasi bersama dengan mitra PT Mountrash Avatar Indonesia.

“Aplikasi ini memfasilitasi komunitas JakOne Artri yang terdiri dari warga pemilah, pengepul dan pengusaha sampah yang memiliki kepedulian akan kelestarian lingkungan melalui aktivitas R3 (reduce, reuse, recycle) untuk menambah penghasilan,” kata Sekretaris Perusahaan Bank DKI Herry Djufraini dalam keterangan resminya, Selasa (6/10).

Herry mengungkapkan, Komunitas JakOne Artri bertujuan meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap lingkungan. Dalam hal ini, ujar dia, pengelolaan sampah yang masih bisa memberikan nilai ekonomi melalui aktivitas R3 didukung dengan aplikasi yang modern.

Untuk diketahui, alur kegiatan komunitas JakOne Artri diawali dengan memilah sampah seperti botol, gelas plastik, kertas dan sebagainya oleh warga, selanjutnya dibawa ke tempat pengepul sampah untuk ditimbang dan didata sesuai kategori menggunakan aplikasi JakOne Artri.

Setelah didata, kata Herry, warga akan mendapatkan uang hasil penjualan sampah secara non-tunai melalui aplikasi JakOne Artri.

“Setelah sampah terkumpul, pengepul sampah akan mengirim notifikasi atau meminta pihak pengusaha sampah (Mountrash Collection Point) untuk mengambil sampah tersebut. Di sini sampah akan ditimbang kembali, untuk kemudian hasilnya akan dibayarkan kepada pengepul sampah via aplikasi JakOne Artri secara non-tunai,” terangnya.

Terbentuknya komunitas JakOne Artri ini memberikan tiga manfaat bagi masyarakat, yaitu menjadi sumber penghasilan tambahan, menerapkan gaya hidup ramah lingkungan, serta upaya menjaga kelestarian bumi secara modern.

Bagi warga, pengepul sampah, maupun pengusaha sampah yang tertarik dengan komunitas JakOne Artri ini, Herry mempersilahkan untuk dapat mengunjungi situs bit.ly/jakoneartri guna memperoleh informasi persyaratan keikutsertaan.

“Tentunya kami ingin masyarakat khususnya di Jabodetabek yang setiap harinya menghadapi masalah dalam pengelolaan sampah dapat berpartisipasi aktif dalam Komunitas JakOne Artri untuk Bersama sama Selamatkan Bumi dengan cara yang mudah dan praktis,” tandasnya.

(heq/dki)

Share :

Baca Juga

Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo dalam Rapim TNI-Polri. Foto/dok Polri

NASIONAL

Rapim TNI-Polri Bahas Penanganan Covid dan Pemulihan Ekonomi
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. Foto/Setpres

NASIONAL

Orang Kaya Tak Boleh Lebih Dulu Dapat Vaksin Covid-19
Ilustrasi vaksinasi Covid-19. Foto/AFP

NASIONAL

Cara Dapatkan Vaksinasi Covid dari Pemerintah
Presiden RI Joko Widodo. Foto/BPMI Setpres

NASIONAL

Presiden Jokowi Terbitkan Perpres Vaksin Covid-19
Mantan Ketua Umum sekaligus tokoh Majelis Mujahidin Indonesia (MMI) Muhammad Iqbal Abdurrahman atau Abu Jibril. Foto/Istimewa

NASIONAL

Abu Jibril, Tokoh Majelis Mujahidin Indonesia Wafat
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian. Foto/Ist

NASIONAL

Tito Usul Vaksinasi Covid Pakai Data Pemilu 2019
Sejumlah peserta mengikuti ujian tulis berbasis komputer Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) di Universitas Indonesia. Foto/Antara

NASIONAL

Cara Cek Kuota SNMPTN 2021 di Situs LTMPT
Pangdam Jaya Jayakarta Mayjen TNI Dudung Abdurachman. Foto/JPG

NASIONAL

Pangdam Jaya Ancam Bubarkan FPI Bila Semena-mena