Home / NASIONAL

Senin, 11 Januari 2021 - 16:29 WIB

Ancaman Pidana Bagi Penyebar Hoaks SJ 182

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus. Foto/ANTARA

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus. Foto/ANTARA

JAKARTA, BERITANUSA.id – Polda Metro Jaya siap melakukan tindakan patroli siber guna meredam banyaknya berita bohong (hoaks) terkait jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ 182. Masyarakat diminta untuk lebih bijak dalam memilih sumber berita apalagi di media sosial (medsos).

“Banyak sekali berita yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya hoaks soal Sriwijaya Air. Maka harus pintar dalam memilih sumber,” tutur Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus dalam keterangannya, Senin (11/1).

Yusri menegaskan, para penyebar berita hoaks dapat diancam dengan pidana berlapis mulai dari Pasal KUHPidana, UU ITE, dan lain-lain. Yang mana ancaman hukumannya bisa lebih dari lima tahun.

Karena itu, Yusri mengimbau masyarakat untuk lebih bijak dalam menyaring informasi dari medsos jika memang tidak terbukti kebenarannya. Begitu juga dengan media apalagi yang terdaftar maka sebaiknya jangan menjadi penyebar hoax sehingga menjadi sumber kebohongan publik.

Sekadar informasi, beberapa berita hoaks mulai menyebar di medsos. Bahkan banyak dari berita itu diberitakan di media mainstream. Karena itu, polisi akan meminta media mainstream untuk bisa mempertanggungjawabkan apa yang sudah dimuat.

(heq/pol)

Share :

Baca Juga

PT Transjakarta melipatgandakan frekuensi pencucian armada bus dengan menggunakan desinfektan dan menyediakan cairan pembersih tangan. Foto/MI/Pius Erlangga

NASIONAL

TransJakarta Beroperasi hingga Pukul 21.00 Mulai Hari Ini
Ilustrasi tsunami. Ist

NASIONAL

Tsunami 20 M Berpotensi Terjang Pantai Selatan Pulau Jawa
Kabareskrim Polri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo memberikan keterangan pers di kantor Bareskrim Mabes Polri, Jakarta, Selasa (15/12/2020). Foto/Antara

NASIONAL

Pergantian Kabareskrim Usai Komjen Listyo Dilantik
Ilustrasi tes swab. Foto/Detik

NASIONAL

Update Corona 2 Maret: Tambah 5.712, Positif 1.347.026
Maskapai Sriwijaya Air. Foto/Antara

NASIONAL

Pesawat Sriwijaya SJ 182 Dalam Kondisi Laik Terbang

NASIONAL

VIDEO: Aisha Weddings Anjurkan Nikah Muda hingga Poligami
Ilustrasi virus corona atau Covid-19. Foto/Ist

NASIONAL

Update Kasus Corona 16 Oktober: 353.461 Positif, 277.544 Sembuh
Kakor Binmas Baharkam Polri Irjen Pol Suwondo Nainggolan beserta jajarannya berikan penghargaan untuk satpam dan stakeholder terkait di Mako Polsek Wajo Polres Pelabuhan Makassar. Foto/dok Polri

NASIONAL

Polri Berikan Penghargaan untuk Satpam Berprestasi di Makassar