Home / EKONOMI

Sabtu, 26 September 2020 - 06:16 WIB

Anggaran Kemenparekraf 2021 Sebesar Rp4,9 Triliun

JAKARTA, BERITANUSA.id – Komisi X DPR RI menyepakati pagu anggaran Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) untuk tahun anggaran 2021 sebesar Rp4,907 triliun. Jumlah tersebut mengalami kenaikan sebesar 19,4 persen atau sebesar Rp795,7 miliar dari pagu indikatif TA 2021 sebesar Rp4,111 triliun.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio mengapresiasi dukungan yang diberikan DPR kepada pemerintah khususnya dalam membangkitkan kembali sektor pariwisata dan ekonomi kreatif akibat pandemi Covid-19.

“Belanja pemerintah merupakan salah satu aspek penting dalam menjaga perputaran roda ekonomi dalam masa pandemi ini,” kata Wishnutama dalam keterangan resminya, Jumat (25/9).

Wishnutama mengatakan, anggaran tidak hanya bicara seputar angka-angka rupiah, tapi anggaran yang ada merupakan upaya implementasi dari kebijakan agar berdampak bagi masyarakat. Sehingga, kata dia, kebijakan mampu memberikan harapan baru untuk tahun depan sebagai tahun pemulihan.

Dalam penggunaan APBN tahun 2021, Kemenparekraf memiliki tiga program strategis. Yakni percepatan pemulihan pariwisata, pariwisata berkualitas dan ekonomi kreatif, serta digitalisasi dan kedaulatan digital.

Sementara itu, anggota Komisi X DPR RI Agustina Wilujeng Pramestuti berharap anggaran tersebut dapat membangun geliat pemulihan dan peningkatan implementasi protokol kesehatan di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

“Harapan kami anggaran bisa dipergunakan sebaik-baiknya agar dapat memberikan dampak terhadap pemulihan ekonomi dari sektor pariwisata dan ekonomi kreatif,” ungkap Agustina.

(heq)

Share :

Baca Juga

Vaksin covid-19. Foto/Antara

EKONOMI

Vaksin Merah Putih Belum Masuk Anggaran Pemerintah
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo memberikan keterangan pers hasil Rapat Dewan Gubernur di kantor Bank Indonesia. Foto/ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A.

EKONOMI

BI Beri Syarat Kredit Mobil DP 0 Persen
Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah. Foto/ANTARA FOTO/Nona Wahyudi

EKONOMI

Menaker Sebut BLT Gaji Tahap II Mulai Cair
Ilustrasi--Pedagan pakaian di Tanah Abang, Jakarta. Foto/Media Indonesia

EKONOMI

Jenis Usaha yang Berhak Terima BLT UMKM Rp3,5 Juta
Ilustrasi daftar Kartu Prakerja. Foto/Ist

EKONOMI

Cara Daftar Kartu Prakerja Gelombang 13
Ilustrasi tata ruang kota Jakarta. Foto/Ist

EKONOMI

PSBB Total DKI, Ekonomi RI Bakal Minus Lebih Dalam Lagi
Menteri Keuangan RI Sri Mulyani. Foto/Ist

EKONOMI

Sri Mulyani Tambah Anggaran Kartu Prakerja Jadi Rp20 T
Ilustrasi pertanian di daerah pegunungan. (Foto: IST)

EKONOMI

Pemerintah Daerah Diharapkan Lebih Kreatif Kelola Ekonomi di Masa Pandemi