Home / EKONOMI

Selasa, 28 Juli 2020 - 18:22 WIB

Anggaran Pendidikan dan Kesehatan Bakal Dinaikkan

Menteri Keuangan Sri Mulyani. (Foto: Ist)

Menteri Keuangan Sri Mulyani. (Foto: Ist)

JAKARTA, BERITANUSA.id – Pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) mematok angka defisit dalam Rancangan Postur Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara 2021 sebesar 5,2 persen dari produk domestik bruto (PDB).

Angka defisit yang diputuskan pemerintah bertambah dari yang sebelumnya disepakati antara Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) di rentang 3,21 persen hingga 4,17 persen dari PDB.

Pelebaran defisit berimbas adanya tambahan belanja di sejumlah pos anggaran. Tak terkecuali alokasi untuk anggaran pendidikan dan kesehatan yang dipastikan akan lebih besar dari biasanya.

“Pendidikan dan kesehatan karena dengan defisit naik ada anggaran yang mandatory,” kata Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dalam konferensi pers usai rapat terbatas, Selasa (28/7).

Sesuai peraturan perundang-undangan, alokasi anggaran pendidikan dalam APBN harus dialokasikan sebesar 20 persen dari total anggaran. Sementara itu, alokasi anggaran pendidikan sebesar 5 persen.

Eks Direktur Pelaksana Bank Dunia itu mengatakan bahwa akan ada kenaikan alokasi anggaran untuk sektor pendidikan dan kesehatan pada tahun fiskal 2021 mendatang.

“Kita gunakan untuk memperbaiki karena tambahan dana cadangan pendidikan lebih dari Rp 30 triliun dan kesehatan tambahan ada Rp 9 triliun karena tambahan defisit ini,” katanya.

Sumber: CNBC

Share :

Baca Juga

Menkop UKM Teten Masduki. Foto/Kemenkop UKM

EKONOMI

BLT UMKM Rp2,4 Juta Sudah Tersalurkan 50 Persen
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita. Foto/MI

EKONOMI

Substitusi Impor Ditargetkan Capai Rp152 T pada 2022
Pelaku UMKM menggunakan QRIS. Foto: Antara/Arif Firmansyah

EKONOMI

Tips Agar UMKM Bisa Bertahan Saat Resesi
Harga minyak naik sekitar dua persen setelah jatuh sehari sebelumnya pada akhir perdagangan Kamis (Jumat pagi WIB). Foto/AFP

EKONOMI

Cadangan Minyak Bumi RI Sisa 9,5 Tahun
Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi. Foto/BPMI

EKONOMI

Jokowi Ajak Cintai Produk Lokal, Mendag: Nilai Tambah
Foto: Istimewa

EKONOMI

Perkuat Pertanian Sebagai Arah Baru Ekonomi Indonesia
Petugas melakukan pemeriksaan dokumen perjalanan penumpang pesawat yang tiba di Terminal Domestik Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai. Foto/Antara

EKONOMI

Bandara Sediakan Tes Swab dan Rapid Antigen, Ini Harganya
Seorang warga penerima bantuan menunjukkan uang tunai usai menerima Bantuan Sosial Tunai terdampak covid-19. Foto/ANTARA FOTO/Aji Styawan

EKONOMI

Cara Cek Penerima Bansos 2021