Home / NASIONAL

Senin, 18 Januari 2021 - 15:15 WIB

Anies Lantik Marullah Matali Jadi Sekda DKI Sore Ini

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Foto/Antara

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Foto/Antara

JAKARTA, BERITANUSA.id – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan melantik Sekretaris Daerah terpilih, Marullah Matali, Senin (18/1). Marullah terpilih sebagai Sekda menggantikan Saefullah yang wafat beberapa waktu lalu karena Covid-19.

“Nanti jam 16, Pak Marullah Matali Sekda yang baru sesuai aturan dan mekanisme (dilantik),” kata Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria, di Balai Kota, Senin (18/1).

Riza mengatakan terpilihnya Marullah sesuai dengan mekanisme dan peraturan yang berlaku. Ia juga menyatakan pemilihan dilakukan secara transparan dan profesional.

Setelah melalui sejumlah proses, nama Marullah dan dua calon lainnya, Penjabat Sekda Sri Haryati dan Wali Kota Jakarta Utara Sigit Wijatmoko diserahkan ke Tim Penilaian Akhir (TPA) Presiden Joko Widodo. Dari ketiga nama itu, pihak Istana Kepresidenan menunjuk Marullah.

“Kami akan menerima apa pun keputusan dari pemerintah pusat. Dan memastikan proses dan kinerja, program-program kedepan bersama gubernur dan sekda berjalan baik. Insya Allah bisa lebih baik lagi,” ujar Riza.

“Jadi tidak ada yang isu krusial terkait Sekda. Memang sejak awal Pak Gubernur meminta yang memenuhi kriteria untuk mengikuti proses dari pada seleksi,” kata dia melanjutkan.

Lebih lanjut, Riza mengatakan jika Pemprov DKI belum memutuskan pengganti Marullah sebagai Wali Kota Jaksel.

“Soal itu belum diputuskan. Nanti Pak Gubernur akan memimpin rapat untuk menentukan siapa akan menjadi Wali Kota Jaksel,” ujarnya.

Sekretaris Daerah DKI Jakarta Saefullah meninggal dunia pada Rabu (16/9) setelah terinfeksi Covid-19. Saefullah meninggal dunia tak lama setelah dinyatakan positif terinfeksi virus corona pada Selasa (15/9).

Sebelum Saifullah, setidaknya tujuh pejabat DKI lainnya juga positif terinfeksi Covid-19. Yakni, Asisten Pemerintah Setda Provinsi DKI Jakarta Reswan W. Soewaryo, Kepala Biro Pemerintahan Setda Provinsi DKI Jakarta Premi Lasari, Kepala Biro Pendidikan Mental dan Spiritual Provinsi DKI Jakarta Hendra Hidayat.

(pem/dki)

Share :

Baca Juga

Ilustrasi gempa bumi. Foto/Ist

NASIONAL

Gempa Magnitudo 5,9 Guncang Wilayah Mamuju
Sistem ganjil genap Jakarta. Foto: Istimewa

NASIONAL

Sistem Ganjil Genap Jakarta Kembali Diterapkan
Ilustrasi Maybank. Foto/Ist

NASIONAL

Polisi Akan Panggil OJK-PPATK Telusuri Saldo Raib di Maybank
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. Foto/Setpres

NASIONAL

Menkes Siap Jadi Orang Pertama yang Divaksin Sebelum Jokowi
Ilustrasi vaksin corona. Foto/AFP

NASIONAL

Vaksin Nusantara Masih Lama Digunakan di RI
Presiden Joko Widodo. Foto: BPMI Setpres/Muchlis Jr

NASIONAL

Jokowi Urutan 12 Tokoh Muslim Berpengaruh di Dunia 2020
Ilustrasi--Salah satu kotak hitam (black box) pesawat Lion Air JT-610 PK-LQP yang diyakini flight data recorder (FDR) telah ditemukan oleh Tim Gabungan Basarnas, Kamis (1/10) pagi. Foto/MI

NASIONAL

Sinyal Black Box SJ 182 Terdeteksi 23 Meter di Bawah Laut
Jenderal Listyo Sigit Prabowo resmi menjadi Kapolri usai dilantik oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara hari ini. Foto/Tangkapan Layar Youtube Setpres

NASIONAL

Kapolri Terbitkan Surat Edaran Pedoman Penanganan UU ITE