Home / NASIONAL

Senin, 12 Oktober 2020 - 08:31 WIB

Anies Mulai Berlakukan Kembali PSBB Transisi di Jakarta Hari Ini

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Foto/Kompas

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Foto/Kompas

JAKARTA, BERITANUSA.id – Gubernur Anies Baswedan hari ini kembali memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Transisi di Jakarta. Aturan terkait pencegahan penularan atau penyebaran covid-19 mulai dikendurkan. Namun pengetatan masih dilakukan di sejumlah sektor seperti pendidikan di mana pembelajaran jarak jauh masih diberlakukan.

“Pemprov DKI memutuskan mengurangi kebijakan rem darurat bertahap dan memasuki PSBB masa transisi dengan ketentuan baru dua pekan ke depan mulai 12-25 Oktober 2020,” kata Anies dalam keterangannya, Minggu (11/10).

Anies mempertimbangkan beberapa hal sebelum kembali memberlakukan PSBB Transisi di Jakarta.

Misalnya tingkat kematian yang menurun selama PSBB diperketat dalam sebulan terakhir, tingkat penularan menurun hingga ketersediaan tempat tidur untuk merawat pasien covid-19.

Beberapa sektor yang mulai dilonggarkan selama PSBB Transisi ini misalnya, restoran dan kafe yang diizinkan menerima pengunjung untuk makan di tempat dengan kapasitas maksimal 50 persen.

Tempat ibadah besar juga sudah boleh digunakan dengan syarat mendata pengunjung. Kolam renang dan pusat kebugaran (gym) juga diiizinkan beroperasi dengan kapasitas maksimal 25 persen.

Sementara untuk sistem ganjil genap kendaraan di jalur protokol belum berlaku selama masa PSBB Transisi ini.

Keputusan Gubernur Nomor 1020 Tahun 2020 yang diteken Anies pada 9 Oktober lalu juga disebutkan PSBB transisi di Jakarta akan berlaku hingga 25 Oktober 2020. Namun akan otomatis diperpanjang selama dua pekan sejak 26 Oktober hingga 8 November 2020.

Jakarta sebelumnya kembali menerapkan PSBB mulai 14 September 2020. PSBB di Ibu Kota sempat diperpanjang pada 28 September dan berakhir Minggu (11/10).

Meski telah kembali menerapkan PSBB, jumlah kasus positif Covid-19 di Jakarta belum menunjukkan tren menurun. Berdasarkan data Pemprov DKI, sejak 14 September sampai dengan 10 Oktober kemarin, tercatat jumlah kasus positif di Jakarta bertambah sebanyak 29.691 kasus.

Sebanyak 28.162 orang dinyatakan sembuh dari Covid selama periode tersebut. Sedangkan, jumlah pasien yang meninggal akibat Covid-19 di periode PSBB jilid II mencapai 437 orang.

Secara total, jumlah kasus positif di Jakarta sejak awal pandemi sampai Sabtu (10/10) mencapai 85.617 kasus. Dari jumlah tersebut, sebanyak 70.487 orang dinyatakan sembuh, dan 1.877 orang meninggal dunia.

(cnn/idn)

Share :

Baca Juga

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian. Foto/Ist

NASIONAL

Enam Poin Instruksi Mendagri agar Kepala Daerah Tegakkan Prokes
Rapat paripurna DPR RI. Foto/Ist

NASIONAL

Anggota DPR Siap Kawal RUU HIP Sampai Dibatalkan Dari Prolegnas
Tri Rismaharini Bersama Eri Cahyadi. Foto/Antara/Moch Asim

NASIONAL

Pilkada 2020: Anak Buah Risma Unggul di Kota Pahlawan
Ilustrasi prostitusi. Foto/iStock

NASIONAL

Tarif Kencan Artis TA Rp75 Juta Sehari
Ilustrasi Maybank. Foto/Ist

NASIONAL

Uang Nasabah Rp20 M Raib, Kepala Cabang Maybank Jadi Tersangka
Warga mengenakan masker saat beraktivitas di kawasan Pancoran Mas, Depok, Jawa Barat, Rabu (28/8/2020). Foto: Merdeka/Iqbal S. Nugroho

NASIONAL

Kota Depok Masih Masuk Zona Merah Covid-19
Ilustrasi vaksin Covid-19. Foto/Ist

NASIONAL

Jawa Barat Butuh 72 Juta Vaksin Covid
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto bersama Kapolri Jenderal Idham Azis meluncurkan Kampung Tangguh di Mauk, Kabupaten Tangerang, Kamis (9/7). (Foto: Div Humas Polri)

NASIONAL

Panglima TNI dan Kapolri Luncurkan Kampung Tangguh di Mauk Tangerang