Home / NASIONAL

Senin, 4 Januari 2021 - 08:58 WIB

Anies Perpanjang PSBB Transisi hingga 17 Januari

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Foto/Antara

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Foto/Antara

JAKARTA, BERITANUSA.id – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kembali memperpanjang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Transisi selama dua pekan hingga 17 Januari 2021. Pemprov DKI mengklaim perpanjangan guna menekan penambahan kasus, yang salah satunya diakibatkan libur Natal dan Tahun Baru 2021.

Kebijakan untuk memperpanjang PSBB Masa Transisi tertuang pada Keputusan Gubernur (Kepgub) Nomor 1295 Tahun 2020.

“Berdasarkan penilaian dari BNPB maupun FKM UI, kami memutuskan untuk memperpanjang PSBB Masa Transisi hingga 17 Januari 2021,” ujar Anies Baswedan, Minggu (3/1).

Anies mengatakan pihaknya akan lebih meningkatkan 3T untuk mengidentifikasi kasus aktif melalui testing dan tracing. Selain itu, secepat mungkin melakukan treatment jika ditemukan kasus positif, khususnya usai libur Natal dan Tahun Baru 2021.

Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Widyastuti mengatakan kenaikan persentase kasus aktif patut diwaspadai bersama, terlebih pascalibur Natal dan Tahun Baru 2021 yang berpotensi terjadi penambahan kasus.

Berdasarkan data Dinkes DKI Jakarta, Widyastuti berkata kasus aktif terkonfirmasi positif menunjukkan tren kenaikan. Pada 2 Januari 2021, kasus aktif mencapai 15.471 kasus atau meningkat 18 persen jika dibandingkan dua pekan sebelumnya, yakni 13.066 kasus pada 20 Desember 2020.

Selain itu, Widyastuti berkata perpanjangan PSBB Masa Transisi juga didasarkan dari incidence rate (IR) dan penambahan RW (Rukun Warga) rawan di DKI. Saat ini RW yang masuk kategori rawan sudah mencapai 55 RW per 27 Desember 2020.

Dengan data itu, dia mengatakan tidak ada Kota/ Kabupaten Administrasi serta Kecamatan di DKI Jakarta tanpa penambahan kasus. Hanya dua Kelurahan, yakni Pulau Kelapa dan Pulau Pari yang tidak memiliki penambahan kasus.

“Peningkatan ini terjadi dengan laju IR per wilayah sebesar 19,58, pada tingkat Kecamatan rata-rata sebesar 25,43 dan Kelurahan sebesar 30,64,” ujar Widyastuti.

Lebih lanjut, Widyastuti membeberkan tingkat mortalitas akibat Covid-19 terbilang mengkhawatirkan. Terjadi penambahan angka kematian akibat Covid-19 sebanyak 247 kematian dalam dua pekan menjadi total 3.334 orang.

Widyastuti juga menyampaikan keterpakaian tempat tidur isolasi harian (ruang rawat inap) atau ruang ICU cenderung meningkat di 98 RS Rujukan Covid-19 di DKI Jakarta. Pemprov DKI Jakarta mengklaim telah menambah tempat tidur isolasi dari 6.663 tempat tidur isolasi pada 20 Desember 2020 menjadi 7.379 tempat tidur isolasi pada 3 Januari 2021.

“Sebanyak 6.385 pasien atau 87 persen kasur isolasi telah ditempati per 3 Januari 2021,” ujar dia.

Di sisi lain, Widyastuti memaparkan nilai reproduksi efektif (Rt) di DKI Jakarta sebesar 1,06 per 2 Januari 2021. Angka tersebut menurun dari skor pekan sebelumnya, yakni 1,07 (26/12) dan 1,06 (19/12).

(cnn)

Share :

Baca Juga

Kepulangan Imam Besar FPI Rizieq Shihab disambut massa pendukungnya. Foto/AFP

NASIONAL

Polisi Ultimatum Bakal Jemput Paksa Rizieq Shihab
Gedung Waskita Karya (Ilustrasi). Foto/Kata Data

NASIONAL

Kasus Proyek Fiktif Waskita Karya, KPK Sita Rp12 Miliar
Ilustrasi bahan pokok. Foto/Ist

NASIONAL

Semua Harga Bahan Pokok Naik Akhir September
Sejumlah buruh dari beberapa Serikat, Federasi, dan Konfederasi Buruh melakukan aksi unjuk rasa di akses pintu masuk Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta Utara menolak pengesahan Omnibus Law UU Cipta Kerja, Selasa (6/10). Foto/Berita Satu

NASIONAL

Batal Demo di Istana, Buruh Jakarta Gelar Aksi di Pulogadung
PERAYAAN HUT KE-74 TNI: Inspektur upacara, Presiden Joko Widodo (kanan) didampingi Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto (ketiga kanan). Foto/Antara

NASIONAL

TNI Siap Jadi yang Pertama Suntik Vaksin Covid-19
Ilustrasi gempa bumi. Ist

NASIONAL

Belum Ada Metodologi Prediksi Waktu Gempa Bumi
Jaringan Irigasi Food Estate Kalteng. Dok/PUPR

NASIONAL

Stop Buat Food Estate, Pulihkan Hutan Lindung
Kesiapan rumah sakit tangani pasien Covid. Foto/Antara

NASIONAL

Pemprov DKI Siapkan 17 Hotel untuk Penanganan Corona