Home / NUSANTARA

Rabu, 27 Januari 2021 - 14:08 WIB

Antibodi Vaksin Covid-19 Terbentuk 2-3 Minggu

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. Foto/Setpres

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. Foto/Setpres

JAKARTA, BERITANUSA.id – Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan butuh waktu 2-3 pekan setelah suntikan kedua untuk mengetahui cara kerja vaksin Covid-19 asal perusahaan China, Sinovac, dalam membentuk antibodi atau kekebalan tubuh.

Hal itu ia sampaikan usai menerima suntikan dosis kedua vaksin Sinovac di Istana Negara bersama Presiden Joko Widodo dan sejumlah pejabat negara lainnya.

“Kita juga ingat, setelah suntikan kedua masih butuh waktu supaya antibodinya itu terbentuk 2-3 minggu. Setelah itu, Insyaallah risiko kita tertular lebih kecil. Sehingga supaya mereka tenaga kesehatan bisa bekerja lebih tenang,” kata Budi dalam siaran langsung yang disiarkan melalui kanal Youtube Sekretariat Presiden, Rabu (27/1).

Adapun dengan prosesi suntikan dosis vaksin kedua itu, Budi pun berharap agar tenaga kesehatan di seluruh penjuru tanah air tak lagi khawatir dan bersedia menjalani vaksinasi gratis program pemerintah dengan segera.

“Ini menunjukkan bahwa proses vaksinasi sudah selesai untuk batch pertama, dan bisa kita lakukan dalam waktu singkat,” jelasnya.

Budi kembali mengingatkan agar masyarakat tetap patuh terhadap protokol kesehatan 3M yang meliputi memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak, meski sudah menerima suntikan vaksin.

Mantan Direktur Utama Bank Mandiri itu menjelaskan pemerintah tidak mungkin bekerja sendiri, tanpa upaya kooperatif alias kerja sama dari masyarakat Indonesia.

“Saya pesan dua hal, pertama protokol kesehatan 3M. Itu harus seluruh rakyat bergerak bersama-sama, tidak mungkin sendiri bisa,” ujarnya.

Budi sebelumnya telah menerima suntikan vaksinasi pertama pada 13 Januari. Selain Budi, ada sejumlah tokoh yang ikut vaksinasi saat itu. Beberapa di antaranya Ketua Umum IDI Daeng M. Faqih, dan aktor Raffi Ahmad.

(cnn/nas)

Share :

Baca Juga

Material kayu dan lumpur akibat banjir bandang di Gunung Mas, Puncak, Bogor. Foto/istimewa/WA Group Relawan Bogor

NASIONAL

Intensitas Hujan Picu Banjir Bandang Puncak Bogor
JakWIFI. Foto/Ist

NUSANTARA

Program JakWIFI Harusnya Ditiru Pemerintah Daerah Lain
Tri Rismaharini Bersama Eri Cahyadi. Foto/Antara/Moch Asim

NASIONAL

Pilkada 2020: Anak Buah Risma Unggul di Kota Pahlawan
Hujan lebat di Kota Bekasi, Jawa Barat sejak Kamis (18/2) hingga Jumat (20/2), menyebabkan beberapa wilayah terendam banjir. Foto/Radhea Heqamudisa/Beritanusa

NASIONAL

12 Kecamatan dan 42 Kelurahan Kota Bekasi Terdampak Banjir
Peresmian Tirtoadi Smart Village. Foto/Ist

NUSANTARA

Berdayakan UMKM, Sleman Luncurkan Tirtoadi Smart Village
Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini (Risma). Foto/Antara

NASIONAL

Risma Akan Datangi Suku Anak Dalam di Jambi untuk Urus e-KTP
Sinergitas TNI-Polri di Kabupaten Tangerang. ist

NUSANTARA

Tekan Covid di Tangerang, TNI-Polri Cek Protokol Kesehatan
Pakan ternak. Foto/Antara

NUSANTARA

Pemprov NTT Akan Bangun Pabrik Pakan Ternak