Home / NASIONAL

Kamis, 11 Februari 2021 - 09:42 WIB

Arus Lalu Lintas Jelang Imlek Diprediksi Naik Mulai Hari Ini

Foto udara Sejumlah kendaraan melintas di tol Jakarta-Cikampek I dan II, Jatimulya, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Rabu (28/10). Foto/Antara

Foto udara Sejumlah kendaraan melintas di tol Jakarta-Cikampek I dan II, Jatimulya, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Rabu (28/10). Foto/Antara

JAKARTA, BERITANUSA.id – Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya memprediksi lonjakan arus lalu lintas dalam rangka libur panjang Tahun Baru (Imlek) terjadi mulai hari ini atau Kamis (11/2).

Diketahui, puncak perayaan Imlek tahun ini jatuh pada Jumat 12 Februari dan diikuti libur akhir pekan pada Sabtu (13/2) dan Minggu (14/2).

“Mulai hari Kamis ini, diperkirakan akan ada lonjakan arus penumpang menuju ke arah timur,” kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo dalam keterangannya, Kamis (11/2).

Sebagai bentuk antisipasi, kata Sambodo, pihaknya menyiapkan pos keamanan di sejumlah titik. Di jalan tol sepanjang Jakarta-Cikampek, pos ditempatkan di KM 10, KM 19 rest area, serta KM 29.

Sambodo menuturkan di KM 10, akan dilakukan sistem buka tutup jika terjadi kecelakaan atau kemacetan. Lalu di KM 29, akan dilakukan sistem contra flow baik ke arah timur atau barat jika terjadi kepadatan arus kendaraan.

Kemudian, di KM 19 akan disediakan swab antigen secara drive thru bagi para pengendara yang membutuhkan. Tiap harinya, kata Sambodo, diberikan kuota sebanyak 100-200 swab antigen.

“Mulai hari Kamis siang selama 4 hari, ke Jumat, Sabtu-Minggu, kita akan laksanakan swab antigen drive thru,” ujarnya.

Di sisi lain, Sambodo menyebut pihaknya juga menyiapkan sekitar 350 personel untuk mengatur lalu lintas di sekitar tempat ibadah saat perayaan Imlek.

“Kita sudah mendata klenteng-klenteng vihara yang biasanya dijadikan tempat-tempat perayaan agama, itu juga akan ditempatkan juga anggota untuk melaksanakan pengaturan-pengaturan lalu lintas di lokasi,” tuturnya.

(cnn/nas)

Share :

Baca Juga

Petugas kesehatan mempersiapkan vaksin COVID-19 saat simulasi pelayanan vaksinasi di Puskesmas Kemaraya, Kendari, Sulawesi Tenggara. Foto/Antara

NASIONAL

Menkes Segera Terbitkan Aturan Vaksin Gotong Royong
Sejumlah puing dari pesawat Sriwijaya Air SJ 182. Foto/Antara

NASIONAL

Ada Kemungkinan Pesawat SJ 182 Tak Meledak di Udara
Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta, Prasetyo Edi Marsudi. Foto/Twitter

NASIONAL

Ketua DPRD Klaim RKT Naik untuk Rakyat, Bukan Gaji Anggota
DKI Jakarta diguyur hujan dengan intensitas tinggi. Foto/Ist

NASIONAL

BMKG: Potensi Hujan Lebat di Seluruh Indonesia Selama Sepekan
Kabareskrim Polri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo. Foto/MI

NASIONAL

Tantangan Berat Calon Kapolri Komjen Listyo Sigit
KPK menilai kisruh bansos terjadi karena kurangnya koordinasi dan lalainya pemda. Foto/Antara

NASIONAL

Tersangka Korupsi Bansos Harus Dihukum Seberat-beratnya
Ilustrasi--Bansos tunai. Foto/Pikiran Rakyat

NASIONAL

Bansos Corona DKI Tunai Rp300 Ribu Mulai Januari
Kabareskrim Polri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo memberikan keterangan pers di kantor Bareskrim Mabes Polri, Jakarta, Selasa (15/12/2020). Foto/Antara

NASIONAL

Listyo Sigit, Jenderal Pengayom dengan Prestasi Apik