Home / NASIONAL

Rabu, 20 Januari 2021 - 22:29 WIB

Asesmen Nasional 2021 Diundur ke September

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim. Foto/Ist

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim. Foto/Ist

JAKARTA, BERITANUSA.id – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim menyebut pemerintah memutuskan Asesmen Nasional Tahun 2021 diundur ke bulan September.

Semula, program pengganti Ujian Nasional (UN) itu dijadwalkan pada rentang Maret hingga Agustus 2021. Namun, Nadiem menyebut ada kendala karena pandemi Covid-19.

“Kemendikbud memutuskan untuk menunda pelaksanaan Asesmen Nasional, dan target jadwal baru yaitu September dan Oktober 2021,” kata Nadiem dalam rapat virtual bersama Komisi X DPR RI, Rabu (20/1).

Nadiem mengatakan penundaan dilakukan agar persiapan logistik bisa lebih baik. Selain itu, Kemendikbud menanti program vaksinasi guna menjamin keselamatan guru dan peserta didik.

Dengan ada perubahan jadwal, Kemendikbud juga akan melakukan simulasi Asesmen Nasional terlebih dulu. Simulasi digelar pada April-Agustus 2021.

“Pengembangan teknis AN ini dilakukan oleh berbagai macam pakar nasional dan internasional dengan latar belakang peneliti dan akademisi,” ujar Nadiem.

Mantan Bos Gojek itu menegaskan Asesmen Nasional tetap dilakukan tahun ini. Menurutnya, gelaran itu penting untuk mengukur tingkat mutu pendidikan di seluruh daerah.

“Kalau kita tidak laksanakan asesmen tahun ini, artinya kita tidak akan bisa mengetahui mana sekolah dan daerah yang paling tertinggal,” ujarnya.

“Kalau kita tidak bisa mengetahui mana sekolah dan daerah yang tertinggal kita tidak bisa membuat strategi penganggaran strategi bantuan untuk sekolah yang paling membutuhkan bantuan kita,” kata Nadiem menambahkan.

Sebelumnya, pemerintah menghapus Ujian Nasional sebagai syarat kelulusan di sekolah. Sebagai pengganti, Kemendikbud merumuskan Asesmen Nasional.

Salah satu perbedaan Asesmen Nasional dengan UN adalah keluaran yang dihasilkan. Asesmen Nasional tidak lagi mengukur kemampuan siswa, melainkan untuk pemetaan keberhasilan pendidikan secara nasional.

(cnn/nas)

Share :

Baca Juga

NASIONAL

Pemberian Stimulus Listrik Diperpanjang
Presiden Joko Widodo membuka Inovasi Indonesia Expo 2020 secara virtual sebagaimana ditayangkan dalam kanal YouTube Sekretariat Presiden pada Selasa, 10 November 2020. Foto/BPMI

NASIONAL

Jokowi Lantik 9 Komisioner Ombudsman RI 2021-2026 di Istana

NASIONAL

Utamakan Produk Dalam Negeri Untuk Almatsus Polri, Kabaharkam Pesan 3000 Rompi Anti Peluru di PT Rider
Gunung Merapi mengeluarkan lava pijar yang terlihat dari Tunggularum, Wonokerto, Turi, Sleman, Kamis (7/1). Foto/Antara/Andreas Fitri Atmoko

NASIONAL

Merapi Erupsi Lagi, Awan Panas Meluncur Sejauh 1,6 KM
Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo. Foto/MI

NASIONAL

Mendagri: Komjen Listyo Sigit Sosok Pribadi Matang dan Tegas
Kepulangan Imam Besar FPI Rizieq Shihab disambut massa pendukungnya. Foto/AFP

NASIONAL

Rizieq Shihab Resmi Tersangka Kasus Kerumunan Petamburan
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan duka cita mendalam atas kecelakaan pesawat Sriwijaya Air SJ 182 di perairan Kepulauan Seribu. Foto/BPMI Setpres

NASIONAL

Jokowi: Duka Cita Atas Kecelakaan Sriwijaya Air SJ 182
Ilustrasi virus corona. Ist

NASIONAL

Update Kasus Corona 15 September: 225.030 Positif, 161.065 Sembuh