Home / NASIONAL

Senin, 28 Desember 2020 - 10:15 WIB

ASN Tak Bisa Asal Ajukan Cuti Saat Libur Tahun Baru

Aparatur sipil negara (ASN) mengawasi aktivitas pedagang di Pasar Pondok Labu, Jakarta. Foto/Media Indonesia

Aparatur sipil negara (ASN) mengawasi aktivitas pedagang di Pasar Pondok Labu, Jakarta. Foto/Media Indonesia

JAKARTA, BERITANUSA.id – Aparatur Sipil Negara (ASN) diimbau untuk tidak melakukan kegiatan bepergian ke luar daerah. Hal ini bertujuan mengantisipasi penyebaran Covid-19 selama masa liburan.

Keputusan itu berdasarkan Surat Edaran (SE) Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) No. 72/2020 tentang Pembatasan Kegiatan Bepergian Ke Luar Daerah dan Pengetatan Pemberian Cuti Bagi Pegawai ASN Selama Libur Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2021 Dalam Masa Pandemi COVID-19, baru-baru ini.

Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) diminta melakukan pengaturan pemberian cuti (selain cuti bersama) secara ketat, selektif, dan akuntabel kepada ASN.

Ditegaskan, pelanggaran atas peraturan tersebut akan memiliki konsekuensi hukuman sesuai disiplin PNS dan Manajemen PPPK.

ASN dan keluarganya diimbau untuk tidak melakukan kegiatan bepergian ke luar daerah selama periode libur Hari Raya Natal 2020 dan Tahun Baru 2021,” imbau Menteri PANRB Tjahjo Kumolo dalam edaran tersebut seperti dikutip dari laman resmi Kementerian Sekretariat Kabinet pada Selasa (22/12).

Selain itu, dalam SE di atas juga tercantum empat hal yang harus diperhatikan jika terpaksa bepergian ke luar daerah. Hal pertama, adalah peta zonasi risiko penyebaran Covid-19 yang ditetapkan Satuan Tugas Penanganan Covid-19.

Kedua, peraturan dan/atau kebijakan pemerintah daerah asal dan daerah tujuan mengenai pembatasan keluar/masuk orang. Ketiga, kriteria, persyaratan, dan protokol perjalanan yang ditetapkan oleh Kementerian Perhubungan dan Satuan Tugas Penanganan COVID-19.

Hal keempat, disiplin protokol kesehatan yang ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan. Satgas Covid-19 pun turut mengingatkan ASN dan masyarakat untuk tidak abai memakai masker, mencuci tangan pakai sabun, serta menjaga jarak dan menghindari kerumunan saat bepergian.

(heq/pan)

Share :

Baca Juga

Spanduk sosialisasi cegah virus korona di Jakarta. Foto/MI/Bary Fathahilah

NASIONAL

Anies Juga Terapkan Lagi PSBB Ketat Mulai Hari Ini
Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo. Foto/MI

NASIONAL

Sah! Paripurna DPR Setujui Listyo Sigit Kapolri Baru
Jenderal Listyo Sigit Prabowo resmi menjadi Kapolri usai dilantik oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara hari ini. Foto/Tangkapan Layar Youtube Setpres

NASIONAL

Kapolri Listyo: Tangani Covid, Kawal Ekonomi
Budi Gunadi Sadikin. Foto/BNPB

NASIONAL

Warga yang Sudah Divaksin Dapat Sertifikat Bebas Pergi
Kepala Biro Penerangan Massa Mabes Polri Brigjen Pol. Rusdi Hartono. Foto/dok Polri

NASIONAL

Tangani Kasus UU ITE, Polri Upayakan Langkah Mediasi
Siswa SMK Berkompetisi dalam Lomba Kompetensi Siswa di Jogja Expo Center, Selasa (9/7). Foto/MI

NASIONAL

Mayoritas Siswa Setuju Sekolah Tatap Muka pada Januari 2021
Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir

NASIONAL

Muhammadiyah Sebut Presiden Terbuka Kritik
Wisma Atlet Kemayoran. Foto/Berita Satu

NASIONAL

Tingkat Kesembuhan Pasien Covid di Wisma Atlet 75 Persen