Home / NASIONAL

Jumat, 5 Februari 2021 - 11:32 WIB

Asrama Haji Bekasi Siap Jadi Pusat Isolasi Pasien Covid

Anggota TNI berjaga di gerbang pintu masuk Asrama Haji Bekasi, Jawa Barat, Kamis (14/5). Foto/Antara

Anggota TNI berjaga di gerbang pintu masuk Asrama Haji Bekasi, Jawa Barat, Kamis (14/5). Foto/Antara

JAKARTA, BERITANUSA.id – Pemerintah Provinsi Jawa Barat menyiapkan Asrama Haji Embarkasi Kota Bekasi sebagai pusat isolasi pasien Covid-19 tanpa gejala dan bergejala ringan. Meski berlokasi di Jabar, Asrama Haji Bekasi akan menerima pasien dari luar Jabar.

“Saya menyatakan (Asrama Haji Embarkasi Bekasi) ini sangat layak untuk dipakai. Sekalipun ini di wilayah Jabar, tapi kalau ada masyarakat luar Jabar, kita masih menerima. Karena kita ini NKRI,” ujar Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum, di Kota Bekasi, Kamis (4/2).

Asrama Haji Embarkasi Bekasi tersebut memiliki sarana dan prasarana yang memadai, di mana setiap kamar terdiri dari dua tempat tidur dengan ventilasi.

Tempat yang dipakai untuk isolasi antara lain, Gedung Mina E yang terdiri dari 75 kamar dengan dua tempat tidur, Gedung D yang terdiri dari 30 kamar dengan dua tempat tidur.

Sementara gedung Mina C yang terdiri dari 40 kamar akan digunakan untuk tenaga kesehatan (nakes) yang bertugas. Jika ditotalkan, kapasitas tempat tidur bagi pasien Covid-19 mencapai 210 tempat tidur.

Uu berharap Asrama Haji Embarkasi Bekasi yang akan menjadi pusat isolasi pasien Covid-19, keterisian rumah sakit rujukan di Kota Bekasi dapat menurun.

Di sisi lain, mantan Bupati Tasikmalaya itu mengimbau kepada masyarakat Jabar, khususnya warga Kota Bekasi untuk meningkatkan kedisiplinan menerapkan protokol kesehatan, antara lain memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabut, mengurangi mobilitas, dan menghindari kerumunan.

“Tidak henti kami mengingatkan perketat melaksanakan protokol kesehatan,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala UPT Asrama Haji Embarkasi Bekasi Dede Saiful Uyun mengatakan gedung Asrama Haji tersebut sudah sangat siap dimanfaatkan sebagai pusat isolasi pasien Covid-19.

“Kapasitas 210 tempat tidur dari 105 kamar. Penyesuaian setiap kamar terdiri dua bed, juga ada cadangan (ekstra bed), ada tv, kulkas, kamar mandi di dalam, dan sudah steril, termasuk pendingin ruangan,” kata Dede.

(cnn/nas)

Share :

Baca Juga

Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah. Foto/MI

NASIONAL

KPK Janji Usut Tuntas Dugaan Korupsi Gubernur Sulsel
Presiden RI Joko Widodo. Foto/BPMI Setpres

NASIONAL

Presiden Jokowi Terbitkan Perpres Vaksin Covid-19
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi. Foto/Ist

NASIONAL

Kemenhub Siap Maksimalkan Jaringan Transportasi di Kalteng
Mendikbud Nadiem Makarim. Foto/Ist

NASIONAL

Nadiem Anjurkan Mahasiswa Magang di Perusahaan atau Ormas
Ilustrasi Pilkada 2020. Foto/Antara

NASIONAL

Survei Median: 48 Warga Jakarta Setuju Pilkada Digelar 2024
Petugas kesehatan menyuntikan vaksin kepada relawan saat simulasi uji klinis vaksin covid-19 di Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran. Foto/Antara

NASIONAL

Menhub Usulkan Pramugari hingga Sopir Dapat Prioritas Vaksin
Ilustrasi virus corona. Ist

NASIONAL

Update Kasus Corona 14 Oktober: 344.749 Positif, 267.851 Sembuh
Gedung Mahkamah Agung. Foto/MI

NASIONAL

Izin Reklamasi Pulau G Anies Baswedan Ditolak