Home / NASIONAL

Rabu, 23 Desember 2020 - 18:41 WIB

Aturan Baru yang Wajib Diperhatikan Bagi Calon Penumpang KA

Ilustrasi--Penumpang kereta api Cirebon menurun. Foto/Antara

Ilustrasi--Penumpang kereta api Cirebon menurun. Foto/Antara

JAKARTA, BERITANUSA.id – PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI mengeluarkan daftar aturan bagi calon penumpang yang akan melakukan perjalanan selama periode liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Kepala Humas PT KAI Daop I Eva Chairunisa menyebut aturan merupakan rujukan pada Surat Edaran (SE) Kementerian Perhubungan Nomor 23 Tahun 2020 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dengan Transportasi Perkeretaapian Selama Masa Natal 2020 Dan Tahun Baru 2021 Dalam Masa Pandemi Corona Virus Disease (Covid-19).

Aturan yang harus dipatuhi yaitu calon penumpang harus melakukan test rapid antigen yang berlaku 3×24 jam. Bagi calon penumpang yang belum memiliki surat negatif covid-19 dapat melakukan tes di stasiun KAI yang menyediakan.

“Untuk menghindari resiko tertinggal KA seluruh calon pengguna yang memilih untuk melakukan rapid Antigen di stasiun dihimbau untuk melakukan tes paling lama H-1 sebelum tanggal keberangkatan,” jelasnya dikutip dari rilis, Rabu (23/12).

Berikut aturan yang wajib diperhatikan bagi calon penumpang KA pada Masa Angkutan Nataru 2020/2021, sesuai SE terkait:

  1. Menunjukkan surat keterangan rapid test antigen dengan hasil negatif paling lambat 3 x 24 jam atau H-3 sebelum keberangkatan (anak di bawah usia 12 tahun tidak diwajibkan) atau PCR Swab Tes.
  2. Memiliki kondisi sehat tidak menderita flu, pilek, batuk, hilang daya penciuman, diare dan demam dengan suhu badan tidak lebih dari 37,3 derajat Celcius.
  3. Wajib menggunakan masker kain 3 lapis atau masker medis menutupi hidung dan mulut serta menggunakan face shield dari stasiun keberangkatan, dalam perjalanan sampai stasiun tujuan.
  4. Menggunakan pakaian pelindung seperti jaket atau lengan panjang.

Dia juga menyarankan calon penumpang untuk menyiapkan rentang waktu yang cukup jika akan melakukan rapid antigen pada hari yang sama dengan hari keberangkatan.

“Tidak disarankan juga datang 3 jam sebelum keberangkatan mengingat antrian rapid antigen di stasiun cukup padat,” imbuhnya.

Tercatat sebanyak 6.700 calon pengguna telah melakukan rapid di Stasiun Gambir dan Pasar Senen pada 21 dan 22 Desember 2020 kemarin.

Sementara untuk hari ini, Rabu (23/12), data terkini pukul 09.00 WIB layanan rapid antigen di Stasiun Gambir dan Pasar Senen telah melayani sekitar 2.100 calon pengguna.

Adapun syarat calon penumpang KA untuk melakukan rapid antigen adalah dengan menunjukkan tiket KA atau kode booking pada saat pendaftaran rapid antigen, kemudian membayar sebesar Rp105.000.

(kai)

Share :

Baca Juga

NASIONAL

Update Kasus Corona 7 Agustus: 118.753 Positif, 75.645 Sembuh
Ilustrasi rute pesawat Sriwijaya Air SJ 182 Jakarta-Pontianak yang jatuh di atas Kepulauan Seribu, DKI Jakarta. Ilustrasi/Pixabay

NASIONAL

Polri Pastikan Tak Ada Data Ganda Penumpang SJ 182
Tersangka kasus dugaan korupsi di PT Asuransi Jiwasraya (Persero) Komisaris PT Hanson Internasional Benny Tjokrosaputro (kanan) bersiap menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (31/1). Foto/Antara/Muhammad Iqbal

NASIONAL

Kasus Jiwasraya, Benny Tjokro Dituntut Pidana Penjara Seumur Hidup
Ketua KAMI Ahmad Yani. Foto/Ist

NASIONAL

Hari Ini, Bareskrim Polri Periksa Ketua KAMI Ahmad Yani
Ilustrasi--Guru PNS. Foto/Antara

NASIONAL

Ada Peluang Guru PPPK Jadi CPNS
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi. Foto/Ist

NASIONAL

Menhub: Semua Transportasi Terapkan Protokol Kesehatan
Penertiban tempat makan saat PSBB DKI. Foto/Antara

NASIONAL

Restoran Langgar PSBB Saat Nataru, DKI Cabut Izin
Terdakwa kasus dugaan suap penghapusan red notice Joko Tjandra, Irjen Pol Napoleon Bonaparte. Foto/Antara

NASIONAL

Napoleon Klaim Korban Kriminalisasi Kasus Djoko Tjandra