Home / NASIONAL

Jumat, 2 Oktober 2020 - 09:32 WIB

Aturan Covid-19 Harus Terpusat Satu Pintu

Covid-19 di Indonesia. Foto/Ist

Covid-19 di Indonesia. Foto/Ist

JAKARTA, BERITANUSA.id – Wakil Ketua Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR RI Dimyati Natakusumah menilai terlalu banyak pihak atau instansi yang membuat aturan-aturan tentang Covid-19. Menurut dia, seharusnya aturan cukup dibuat secara sentral atau satu pintu agar penanganan Covid-19 lebih efektif dan efisien.

“Terlalu banyak pihak mengeluarkan aturan masing-masing tentang Covid-19 ini. Mulai dari Presiden, Menteri, Gubernur, Walikota/Bupati sampai Camat semua membuat aturan. Tidak terpusat pada satu pintu atau one stop service tentang Covid-19. Sehingga penanganannya tidak efektif dan efisien,” ujar Dimyati, Kamis (1/10).

Politisi Fraksi PKS ini meyakini dengan tersentral pada satu pintu yakni instansi yang khusus ditunjuk dan diberikan tugas oleh Presiden menangani pandemi, maka semua kebijakan harusnya dibuat oleh instansi tersebut. Dalam hal ini diakuinya Satgas Covid-19 harusnya memiliki wewenang terhadap aturan, anggaran, serta berbagai kebijakan terkait penanganan Pandemi Covid-19, dan yang lain harus mengikuti.

“Hal ini juga saya sampaikan kepada Satgas Covid-19 Provinsi Banten, dapil saya. Agar anggaran yang disediakan oleh pusat untuk penanganan covid-19 ini juga harus langsung didistribusikan ke Kabupaten/Kota yang ada. Karena penanganan Covid ini berkejaran dengan waktu dan menyangkut kesehatan serta keselamatan masyarakat,” terang Dimyati.

Dengan kata lain, Dimyati menambahkan bahwa harus ada koordinasi yang baik antara instansi pusat yang diberikan kewenangan dengan tiap instansi di daerah. Menurutnya segala model distribusi dan penyampaian bantuan harus dijalankan secara cepat.

“Setelah semua berjalan, di sinilah kembali diperlukan peran pemerintah pusat, yakni melakukan pengawasan ke daerah atas pendelegasian yang telah diberikan tersebut,” tukas Dimyati.

(heq/dpr)

Share :

Baca Juga

Suasana DKI Jakarta. Ist

NASIONAL

Sepekan PSBB, Lalu Lintas DKI Lancar
Ilustrasi PSBB Jakarta. Foto/Antara

NASIONAL

Polri Siap Dukung Penuh Kebijakan PPKM Skala Mikro
Pemohon SIM saat antre di depan mobil pelayanan SIM Keliling. Foto/MI

NASIONAL

Via Online: Perpanjang SIM 11 April, Buat STNK 21 Mei
Kepadatan arus lalu lintas terjadi pada sejumlah ruas jalan menjelang sore hari di Jalan Sudirman dan Jalan Gatot Subroto. Foto: Media Indonesia/Pius Erlangga

NASIONAL

Jasa Marga Prediksi Puncak Arus Kendaraan Keluar Kota Terjadi Rabu
Gerakan masyarakat untuk bersatu melawan Covid-19. Foto/Antara/Muhammad Adimaja

NASIONAL

Update Covid 8 Desember: Tambah 5.292, Positif 586.842
Anggota DPRD DKI Jakarta Komisi D Syahroni. Foto/Beritnusa

NASIONAL

Pembuatan Sodetan dan Sumur Resapan Buat Cakung Tak Banjir
Sejumlah peserta mengikuti ujian tulis berbasis komputer Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) di Universitas Indonesia. Foto/Antara

NASIONAL

Pendaftaran UTBK SBMPTN Dibuka Hari Ini
Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta, Prasetyo Edi Marsudi. Foto/Twitter

NASIONAL

Ketua DPRD Klaim RKT Naik untuk Rakyat, Bukan Gaji Anggota