Home / NASIONAL

Senin, 8 Februari 2021 - 12:34 WIB

Aturan PPKM Mikro: Mal Tutup 21.00, Restoran 50 Persen

Pusat perbelanjaan Lippo Mal Kemang Jakarta sepi sejak diberlakukan imbauan di rumah saja. Foto/MI

Pusat perbelanjaan Lippo Mal Kemang Jakarta sepi sejak diberlakukan imbauan di rumah saja. Foto/MI

JAKARTA, BERITANUSA.id – Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian mengeluarkan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 3 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Berbasis Mikro dan Pembentukan Posko Penanganan Corona Virus Disease (Covid-19) di Tingkat Desa dan Kelurahan untuk Pengendalian Covid-19.

Aturan PPKM Mikro tersebut lebih longgar di beberapa sektor ketimbang kebijakan PPKM yang sebelumnya diterapkan oleh pemerintah 11 Januari hingga 8 Februari.

Dalam aturan kali ini, operasional mal atau pusat perbelanjaan diizinkan hingga pukul 21.00 waktu setempat. Sebelumnya operasional mal hanya sampai pukul 19.00-20.00 waktu setempat.

“Pembatasan jam operasional untuk pusat perbelanjaan/mal sampai dengan Pukul 21.00 dengan penerapan protokol kesehatan yang lebih ketat,” bunyi Inmendagri poin kesembilan huruf d nomor 2, dikutip Senin (8/2).

Kemudian keterisian kapasitas restoran boleh mencapai 50 persen dari total kapasitas. Aturan PPKM sebelumnya restoran dibatasi hanya boleh terisi 25 persen pengunjung dari total kapasitas.

“Kegiatan restoran (makan/minum di tempat) sebesar 50 persen, dan untuk layanan makanan melalui pesan-antar/dibawa pulang tetap diizinkan sesuai dengan jam operasional restoran dengan penerapan protokol kesehatan yang lebih ketat,” demikian aturan tersebut.

Meski demikian, terdapat beberapa poin yang masih sama dalam aturan PPKM Mikro dibandingkan aturan PPKM sebelumnya. Di antaranya kapasitas tempat ibadah masih diatur sebesar 50 persen dari total kapasitas.

Selain itu, sekolah di wilayah prioritas penetapan PPKM Mikro tetap berlangsung secara daring.

PPKM Mikro berlaku mulai besok 9 Februari hingga 22 Februari 2021. Pembatasan ini diterapkan di sejumlah kabupaten/kota di Pulau Jawa dan Pulau Bali.

Pemerintah pada empat pekan sebelumnya telah menerapkan kebijakan PPKM. Meski demikian, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengeluhkan pembatasan itu tak efektif.

Hingga kemarin, Minggu (7/2), total kasus positif Covid-19 mencapai 1.157.837 orang. Dari jumlah tersebut, sebanyak 31.556 orang meninggal, 949.990 orang sembuh, dan 176.291 orang masih dalam perawatan.

(cnn/nas)

Share :

Baca Juga

Warga berolahraga di alun-alun Kota tangerang untuk mendapatkan imunitas tubuh di tengah pandemi Covid-19. Foto/Antara/Fauzan

NASIONAL

Update Corona 30 Desember: Tambah 8.002, Positif 735.124
Rizieq Shihab. Foto/AFP/Bay Ismoyo

NASIONAL

Tepis Isu Rizieq Sakit Keras, Polri: Beliau Sehat Walafiat
Pramuniaga merapikan barang dagangan di komplek Pasar Tanah Abang, Jakarta, Senin (15/6). Foto/MI

NASIONAL

Pedagang Pasar Tanah Abang Mulai Divaksin Hari Ini
Kantor MUI. Foto/Ist

NASIONAL

MUI Tak Akan Keluarkan Fatwa Wajib Vaksinasi Corona
Pemprov DKI Jakarta akhirnya menerapkan sanksi administratif berupa denda sebesar Rp50 juta kepada Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab lantaran melanggar protokol kesehatan. Foto/Ist

NASIONAL

Pemprov DKI Jatuhkan Denda Rp50 Juta ke Rizieq Shihab
Tangkapan layar situs Aisha Weddings

NASIONAL

Aisha Weddings dan Tiktok Cash Diblokir
Ilustrasi bulan Desember. Foto/Ist

NASIONAL

Jadwal Lengkap Cuti Bersama Desember 2020
Ilustrasi airsoft gun. Foto/Istimewa

NASIONAL

Seorang Pria di Cengkareng Todong Satpam Pakai Airsoft Gun