Home / NASIONAL

Kamis, 25 Februari 2021 - 17:34 WIB

Aturan Vaksin Covid Mandiri Siap Pekan Depan

Wakil Presiden Ma'ruf Amin menerima suntik vaksin Covid-19 di kediaman resmi Wapres, Jalan Diponegoro, Jakarta, 17 Februari 2021. Foto/dok Setwapres RI

Wakil Presiden Ma'ruf Amin menerima suntik vaksin Covid-19 di kediaman resmi Wapres, Jalan Diponegoro, Jakarta, 17 Februari 2021. Foto/dok Setwapres RI

JAKARTA, BERITANUSA.id – Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengatakan pemerintah saat ini tengah menyiapkan aturan vaksinasi Covid-19 secara mandiri. Ia menargetkan aturan vaksinasi mandiri tersebut nantinya bisa rampung pada pekan depan.

“Jadi memang pikiran ini (vaksinasi mandiri) sudah ditampung dan jadi perhatian pemerintah dan sedang digodok. Mudah-mudahan minggu depan bisa keluar,”kata Ma’ruf dalam sebuah rekaman wawancara yang diterbitkan Setwapres, Kamis (25/2).

Ma’ruf mengatakan vaksinasi mandiri diharapkan dapat mempercepat pencapaian target vaksinasi bagi masyarakat Indonesia.

Pemerintah telah menentukan target sekitar 182 juta warga Indonesia untuk menjalani vaksinasi. Hal itu bertujuan agar target kekebalan kelompok (herd immunity) sebesar 70 persen dari total populasi penduduk Indonesia dapat tercapai.

Menurutnya, aturan vaksinasi mandiri itu dibuat sebagai pedoman agar proses vaksinasi gratis yang kini gencar dilakukan pemerintah tidak terganggu program vaksinasi mandiri tersebut.

“Dan memang kita sedang ingin coba mencari alternatif-alternatif untuk mempercepat tercapainya target itu,” kata Ma’ruf.

Selain itu, Ma’ruf turut membeberkan upaya yang tengah dilakukan pemerintah untuk mempercepat program vaksinasi Covid-19.

Langkah itu di antaranya dengan menyederhanakan prosedur teknis seperti registrasi, distribusi, dan data penerima vaksin.

Jumlah vaksin, kata dia, juga akan terus ditambahkan. Pemerintah tidak sekadar mengandalkan vaksin impor, namun mempercepat produksi vaksin yang dibuat di dalam negeri.

Selain itu, Ma’ruf menyatakan pemerintah akan terus menambah jumlah vaksinator dan tempat vaksinasi.

“Bahkan di Jawa Barat itu bukan hanya Puskesmas, tapi juga semacam pos-pos, gedung-gedung yang punya pemerintah itu digunakan untuk melakukan vaksinasi,” kata dia.

(cnn/nas)

Share :

Baca Juga

Presiden RI Joko Widodo. Foto/BPMI Setpres

EKONOMI

Jokowi Minta Peta Jalan Optimalisasi Pemanfaatan Batu Bara Dipercepat
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. Foto/MI

NASIONAL

Kementerian BUMN Dapat Tugas Suntik 172 Juta Vaksin Covid
Asops Kasau Marsekal Muda TNI Henri Alfiandi saat menjelaskan terkait proses pencarian pesawat Sriwijaya Air yang jatuh di Kepulauan Seribu, di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Minggu (10/1). Foto/Antara

NASIONAL

Henri Alfiandi Resmi Dilantik Jadi Kepala Basarnas
Demonstrasi menolak omnibus law di Jember, Jawa timur, Maret silam. Foto/Antara/Wahyu

NASIONAL

Buruh Desak DPR Panggil Menaker Soal UMP 2021

NASIONAL

Pertamina Siap Distribusikan 35 Ribu Paket Konverter Kit untuk Nelayan dan Petani
Ilustrasi Kartu Prakerja. Foto/Ist

NASIONAL

Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 7 Sudah Dibuka, Begini Daftarnya

NASIONAL

Program Subsidi Upah Layak Didukung Untuk Gerakkan Ekonomi
Komjen Listyo Sigit Prabowo. Foto/Antara

NASIONAL

Daftar Lengkap Perwira yang Dirotasi Kapolri Listyo Sigit