Home / NASIONAL

Selasa, 6 Oktober 2020 - 19:27 WIB

Aziz Syamsuddin: 18 Anggota DPR RI Terpapar Virus Corona

Wakil Ketua DPR RI Aziz Syamsuddin. Foto/Ist

Wakil Ketua DPR RI Aziz Syamsuddin. Foto/Ist

JAKARTA, BERITANUSA.id – Wakil Ketua DPR RI Aziz Syamsuddin mengatakan, sejumlah anggota dewan terpapar virus corona (Covid-19). Per Selasa (6/10) hari in, tercatat ada 18 anggota DPR RI yang dinyatakan positif Covid-19.

“Ya, anggota ada 18 (yang terpapar Covid-19),’ kata dia di Gedung DPR RI, Jakarta, Selasa.

Dikutip dari Detik, Azis mengaku tidak mengetahui pasti anggota yang positif corona itu berasal dari fraksi mana. Informasi soal anggota yang positif corona, menurutnya, ada di Kesetjenan dan Bidang Pelayanan Kesehatan (Yankes) DPR.

“Waduh saya ndak tahu (dari fraksi mana), saya kan bukan mengecek di Yankes, yang tahu Yankes sama Kesekjenan,” ujarnya.

Azis sebelumnya sempat menyebutkan ada 40 orang di lingkungan DPR yang terpapar corona. Jumlah itu disebutnya sudah termasuk 18 anggota dewan yang positif serta staf dan tenaga ahli yang bekerja di lingkungan DPR RI.

“Tadi saya sampaikan, 18 anggota, selebihnya staf, tenaga ahli, dan sebagainya,” ungkapnya.

Menurut Azis, pilihan mempercepat masa reses dilakukan sebagai upaya agar penularan corona di lingkungan DPR semakin meluas. Untuk diketahui, DPR telah memasuki masa reses mulai hari ini, lebih cepat dari jadwal yang sebelumnya beredar, yaitu 9 Oktober 2020.

“Ya ini kan makanya resesnya dipercepat, supaya nggak penyebaran. Ya intinya supaya penyebarannya tak meluas,” ujar Azis.

Sebelumnya, Ketua Kelompok Fraksi (Kapoksi) PDIP di Baleg DPR RI Sturman Panjaitan mengungkap penyebaran virus corona (Covid-19) menjadi alasan rapat paripurna dimajukan hari ini dari jadwal yang seharusnya. Sturman bahkan menyebut DPR akan di-lockdown karena sejumlah anggota dewan terpapar virus corona.

“(Pertimbangan paripurna hari ini) Ini sekarang ini Covid-19. Di tempat saya kemarin di Baleg ada dua orang anggota itu TA-nya udah meninggal dua, meninggal dua. Sekarang tadi 18 orang yang di DPR ini anggota kena,” kata Sturman usai rapat Bamus di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (5/10).

“Sebenarnya mau di-lockdown ini,” imbuhnya.

Dalam rapat paripurna pada Senin (5/10) kemarin, Azis Syamsuddin selaku pimpinan rapat mengajak anggota dewan yang hadir berdoa bersama. Doa dipanjatkan untuk para anggota dewan dan staf di DPR yang terpapar virus corona.

“Ada beberapa rekan kita, anggota DPR RI, yang masuk di rumah sakit dan kita doakan mudah-mudahan sahabat-sahabat anggota DPR untuk diberi kesehatan, begitu juga dengan staf ASN dan beberapa staf daripada anggota yang mudah-mudahan kita semua dalam lindungan Allah,” ujar Azis saat mengawali rapat paripurna.

“Izinkan kami sebelum membuka rapat ini, kami membuka rapat paripurna untuk kita membuka rapat paripurna membaca Al-Fatihah untuk kesembuhan teman-teman dan saudara-saudara kita yang terkena corona,” ujarnya.

(heq/dtk)

Share :

Baca Juga

Ilustrasi polisi. Ist

NASIONAL

Medan dan Batam Sangat Rawan Konflik
Subdit II Harda Bangtah Ditreskrimum Polda Metro Jaya meringkus delapan orang yang diduga sebagai mafia tanah. Foto/Polri

NASIONAL

Polisi Ungkap Sindikat Pemalsu Sertifikat Tanah di DKI Senilai Rp6 Miliar
Kantor KPK. Foto/Tirto

NASIONAL

Tiga Tersangka Baru Dugaan Korupsi PT DI Ditetapkan KPK
Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P, menerima Laporan Korps Kenaikan Pangkat 23 Perwira Tinggi TNI, bertempat di Mabes TNI. Foto/TNI

NASIONAL

Panglima TNI Naikkan Pangkat 23 Perwira Tinggi
Ilustrasi--Pemprov DKI Jakarta belum memutuskan aturan baru pasca pembatalan peraturan Gubernur Nomor 195 Tahun 2014 tentang Pembatasan Sepeda Motor. Foto/MI

NASIONAL

Volume Kendaraan Bermotor di DKI Turun 4 Persen
Ilustrasi/Antara

NASIONAL

BMKG: Waspada Potensi Multi Bencana, Tapi Tak Panik
Petugas kesehatan mempersiapkan vaksin COVID-19 saat simulasi pelayanan vaksinasi di Puskesmas Kemaraya, Kendari, Sulawesi Tenggara. Foto/Antara

NASIONAL

Tangsel Mulai Vaksinasi Corona 14 Januari
Massa dari berbagai ormas berunjuk rasa menentang sikap Presiden Prancis Emmanuel Macron terkait gambar Nabi Muhammad SAW di kawasan Kedubes Prancis, Jakarta, Senin (2/11). Foto/Jawa Pos

NASIONAL

Polri Siapkan Antisipasi Seruan Boikot Produk Prancis