Home / NASIONAL

Selasa, 18 Agustus 2020 - 15:23 WIB

Baleg Bentuk Tim Perumus Pasal-Pasal Krusial RUU Ciptaker

Ilustrasi Omnibus Law. Foto/Ist

Ilustrasi Omnibus Law. Foto/Ist

JAKARTA, BERITANUSA.id – Badan Legislasi (Baleg) DPR RI segera membentuk tim perumus yang khusus membahas pasal-pasal krusial yang dinilai penuh perdebatan dalam Rancangan Undang-Undang (RUU) Cipta Kerja (Ciptaker). Kesepakatan membentuk tim perumus itu, dilakukan setelah Pimpinan DPR RI dan Baleg bertemu dengan Federasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia.

Bertempat di Ruang Pansus B, Gedung Nusantara II, Senayan, Jakarta, Selasa (18/8), Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad menerima serikat pekerja yang membahas isu-isu krusial dalam RUU Ciptaker yang kini sedang dibahas secara maraton oleh Baleg.

β€œIni pertemuan pertama tim kerja bersama dengan Federasi Serikat Pekerja Indonesia. Mereka dari berbagai federasi. Ada beberapa yang kita bahas. Dan pertemuan kali ini kita sepakat membentuk tim perumus yang terdiri dari anggota Panja Baleg dan tim serikat pekerja yang dipimpin oleh Willy Aditya dan akan bekerja tanggal 20-21 Agustus,” jelas politisi Partai Gerindra itu usai pertemuan.

Pimpinan DPR RI Korekku itu berharap, pertemuan kali ini mendapat titik temu dan solusi-solusi terhadap pasal-pasal yang masih dianggap bermasalah. Sebelumnya, serikat pekerja dan Pemerintah juga sudah bertemu dalam tripartit beberapa waktu lalu.

Kini, DPR RI pun responsif terhadap tuntutan dan aspirasi para pekerja untuk memberi perspektif atas RUU Ciptaker yang sedang dibahas.

Wakil Ketua Baleg DPR RI Willy Aditya pada kesempatan yang sama menjelaskan, ada sembilan poin penting yang mengemuka dalam pertemuan dengan serikat pekerja kali ini. Diantara kesembilan poin itu adalah upah, job security, dan pesangon.

β€œSubstansi sembilan poin itu akan didalami 20-21 Agustus oleh teman-teman serikat dan Panja Baleg,” urai politisi Partai NasDem ini.

Dua hari tersebut, kata Willy merupakan awal pembuka pembahasan. Kelak, kesepakatan dalam pertemuan ini dibahas kembali dengan Pemerintah. Hasil tripartit dengan Pemerintah juga sudah didapat Baleg. Jadi, nanti ada dua ronde pembahasan.

Ronde pertama, tutur Willy, pembahasan di tim perumus. Ronde kedua, presentasi kepada pimpinan atas poin-poin penting kesepakatan. Setelah itu, kembali akan dibahas di Baleg. (rls/dpr)

Share :

Baca Juga

Ilustrasi peneliti yang mencermati sampel tes covid-19. Foto/AFP

NASIONAL

Prioritas Vaksin Covid untuk Warga yang Belum Terpapar
Kabareskrim Polri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo. Foto/MI

NASIONAL

DPR Gelar Fit and Proper Test Calon Kapolri 20 Januari
Penambahan Perjalanan KA Jarak jauh: Kereta jarak jauh tiba di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Jumat (10/7/2020). Foto/Liputan 6

NASIONAL

KAI Siapkan 231.814 Kursi untuk Libur Akhir Tahun
Pengunjung mengenakan masker mengunjungi Pondok Indah Mall, Jakarta Selatan, Senin (15/6/2020). Foto/MI

NASIONAL

Daerah Harus Belajar dari PPKM Jakarta dan Jabar
Ilustrasi uang Rupiah. Ist

NASIONAL

Ada yang Belum Terima BLT Pekerja Tahap 3?
Rapat paripurna DPR RI. Foto/Ist

NASIONAL

Usai Sahkan RUU Cipta Kerja, DPR RI Masuki Masa Reses
Toilet di SD Karang Rahardja, Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi, dibangun dengan anggaran Rp 198,5 juta. Foto/Republika

NASIONAL

Proyek 488 Toilet Rp98 Miliar di Bekasi Diusut

NASIONAL

Mendagri Minta Pengambil Kebijakan Atur Keseimbangan Menangani Covid-19