Home / NASIONAL

Jumat, 26 Maret 2021 - 09:11 WIB

Bandara Juanda Mulai Siapkan Penggunaan GeNose C-19

Pihak operator Bandara Juanda mulai mempersiapkan penggunaan GeNose C-19 yang merupakan alat pendeteksi Covid-19 melalui embusan napas. Foto/Antara

Pihak operator Bandara Juanda mulai mempersiapkan penggunaan GeNose C-19 yang merupakan alat pendeteksi Covid-19 melalui embusan napas. Foto/Antara

JAKARTA, BERITANUSA.id – Pihak operator Bandara Juanda mulai mempersiapkan penggunaan GeNose C-19 yang merupakan alat pendeteksi Covid-19 melalui embusan napas.

Adapun sekitar 150 petugas yang bekerja di lingkungan Bandara Internasional Juanda Surabaya di Sidoarjo, Jawa Timur, mengikuti simulasi penggunaan alat deteksi Covid-19 dengan metode GeNose C-19.

Direktur Operasi PT Angkasa Pura I Wendo Asrul Rose menuturkan simulasi ini adalah yang kedua setelah sebelumnya dilakukan simulasi GeNose C-19 di Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) di Kulonprogo pada Kamis (18/3).

“Simulasi penggunaan GeNose C-19 di Bandara Internasional Juanda ini merupakan tahap persiapan yang dilakukan operator bandara sebelum GeNose C-19 diterapkan secara terbatas di empat bandara pada 1 April 2021,” tuturnya, saat dikonfirmasi di Bandara Internasional Juanda Surabaya, Kamis (25/3).

Masih dari penuturannya, Bandara Internasional Juanda dan Bandara Internasional Yogyakarta masuk ke dalam empat bandara itu.

“Setelah lancar dilakukan di Bandara Internasional Yogyakarta pada 18 Maret lalu. Hari ini simulasi GeNose C-19 dilakukan di Bandara Internasional Juanda yang juga berjalan lancar,” jelasnya menambahkan.

Waktu Pemeriksaan 20 Menit

Waktunya pemeriksaannya juga cukup cepat hanya 20 menit dibandingkan dengan pemeriksaan rapid tes antigen yang mencapai 45 menit setiap orangnya.

Pihaknya juga berkoordinasi dengan pemerintah daerah (Pemda) setempat karena tidak semua bandara mau menerima deteksi Covid-19 dengan metode GeNose C-19.

“Salah satunya Bali yang sampai dengan saat ini masih belum menggunakan GeNose C-19 untuk mendeteksi Covid-19. Karena yang digunakan masih rapid tes antigen dan juga uji usap,” ungkapnya.

Dari segi harga, sampai dengan saat ini dirinya masih belum menentukan besaran biaya yang diterapkan dalam metode pemeriksaan GeNose C-19.

“Kalau di Kereta Api saya mendapatkan informasi sekitar Rp30 ribu. Kalau di Bandara kami belum tahu, yang jelas lebih murah dari rapid tes antigen. Mungkin di bawah Rp100 ribu,” tegasnya.

Lokasi Simulasi GeNose di Bandara Juanda

Sementara itu, lokasi simulasi penggunaan GeNose C-19 di Bandara Juanda Surabaya terletak di lobby Gedung Terminal Baru, di sisi timur Terminal 1.

Simulasi mulai dilakukan kepada total 150 orang karyawan Angkasa Pura I Kantor Cabang Bandara Juanda dan komunitas bandara.

Dalam kegiatan simulasi, fasilitas dan peralatan yang disediakan yaitu enam unit mesin GeNose, 500 kantong GeNose, lima bilik pemeriksaan, area ruang konsultasi, ruang isolasi, dan empat meja pengambilan hasil.

(ap/gen/cov)

Share :

Baca Juga

Kantor Kemenhub. Ist

NASIONAL

Kemenhub Jadi Klaster Covid-19 Terbesar di DKI
Kepadatan arus lalu lintas terjadi pada sejumlah ruas jalan menjelang sore hari di Jalan Sudirman dan Jalan Gatot Subroto. Foto: Media Indonesia/Pius Erlangga

NASIONAL

Jasa Marga Prediksi Puncak Arus Kendaraan Keluar Kota Terjadi Rabu
Komjen Listyo Sigit Prabowo. Foto/Antara

NASIONAL

Listyo Sigit: Polri Siap Kawal PPKM Mikro, Jalankan Program 3T
Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Nurdin Abdullah. Foto/Istimewa

NASIONAL

KPK Tahan Gubernur Sulsel NA Selama 20 Hari
Alat GeNose diterapkan di Stasiun Pasar Senen, Jakarta. Foto/Antara

NASIONAL

Penumpang KA Resmi Pakai Tes Covid GeNose Mulai Hari Ini
Tersangka Budiman Saleh. Foto/Ist

NASIONAL

KPK Tetapkan Budiman Saleh Tersangka Dugaan Korupsi PT DI
Kepala BNPB Doni Monardo. Foto/BNPB

NASIONAL

Kepala BNPB Pantau Aktivitas Merapi via Udara
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus. Foto/ANTARA

NASIONAL

Bripka CS Tembak Anggota TNI dalam Kondisi Mabuk