Home / NUSANTARA

Jumat, 15 Januari 2021 - 13:05 WIB

Banjir Masih Kepung Kalimantan Selatan

Sebagian wilayah di Kalimantan Selatan (Kalsel) dikepung banjir sejak Kamis (14/1). Ketinggian air bervariasi hingga mencapai satu meter lebih. Jalur transportasi utama yang terputus sudah bisa dilalui. Foto/Antara

Sebagian wilayah di Kalimantan Selatan (Kalsel) dikepung banjir sejak Kamis (14/1). Ketinggian air bervariasi hingga mencapai satu meter lebih. Jalur transportasi utama yang terputus sudah bisa dilalui. Foto/Antara

BANJARMASIN, BERITANUSA.id – Sebagian wilayah di Kalimantan Selatan (Kalsel) dikepung banjir sejak Kamis (14/1). Ketinggian air bervariasi hingga mencapai satu meter lebih. Jalur transportasi utama yang terputus sudah bisa dilalui.

“Rumah kena banjir,” kata Zahratan, salah seorang warga di daerah Ratu Zaleha, Banjarmasin, “pagi ini masih hujan.”

“Tetangga ada yang mengungsi di kantor koperasi yang lebih tinggi bangunannya,” lanjutnya.

Warga Banjarmasin lainnya menyebut ketinggian banjir mulai masuk lingkungan rumahnya sekitar pukul 21.00 WIT. Ketinggiannya mencapai 5 -10 cm.

Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina, saat mengunjungi Kelurahan Karang Mekar dan Kelurahan Sungai Lulut yang terdampak banjir, meminta warga bersabar.

“Jadi ini akibat intensitas hujan yang sangat lebat dalam beberapa hari terakhir ini, sehingga sungai tidak dapat menampung debit air,” ujarnya Rabu (13/1).

“Dengan adanya musibah ini saya minta masyarakat sabar, kemudian tetap mengusahakan agar saluran-saluran air tidak tersumbat,” lanjut dia.

Pihaknya pun belum menetapkan siaga bencana banjir. “Status daerah kita hanya bencana non-alam, yakni Covid-19, tapi daerah kita tetap waspada karena sebagian daerah mengalami banjir,” ujar Ibnu.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kalsel Mujiyat mengatakan wilayah terparah yang terkena banjir adalah Kabupaten Banjar dan Kabupaten Tanah Laut.

Di Tanah Laut, daerah yang terparah terkena banjir ialah Kecamatan Bati-Bati, Tambang Ulang, dan Kurau. Ketinggian air berkisar 50 centimeter hingga 1 meter.

Di Tanah Laut, banjir merendam jalan raya poros dari arah Banjarmasin menuju Pelaihari dan sebaliknya, sehingga arus lalu lintas juga dialihkan ke jalur alternatif.

Di Kabupaten Banjar, daerah paling terdampak Kecamatan Pengaron dari sepuluh kecamatan yang terjadi banjir. BPBD pun telah mendirikan dapur umum dan posko pengungsian bagi warga yang rumahnya terendam.

Share :

Baca Juga

NUSANTARA

Jelang Hari Jadi Polwan RI Ke-72, Polwan Polda Kaltim Gelar Bakti Sosial Donor Darah
Ilustrasi--Umat Katolik melaksanakan ibadah misa harian dengan menjaga jarak di Gereja Maria Ratu Damai, Banyuwangi, Jawa Timur, Jumat (20/3/2020). Foto/Antara

NUSANTARA

Aturan Natal Kota Depok: Virtual, Maksimal 20 Orang di Gereja
Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo, S.I.K., M.T.C.P

NUSANTARA

Antisipasi Macet Libur Iduladha, Polda Metro Jaya Buat Skenario Lalu Lintas
Sampah sisa demo tolak Omnibus Law Cipta KErja di Jakarta. Foto/Ist

NASIONAL

Dinas LH DKI Angkut 2,1 Ton Sampah Sisa Demo Omnibus Law
Polda Banten menggelar rapat koordinasi eksternal Operasi Lilin Kalimaya 2020 dengan menerapkan protokol kesehatan. Foto/Ist

NUSANTARA

Ada 4 Sasaran Utama pada Operasi Lilin Kalimaya 2020
Kapolda Sultra Irjen Pol Yan Sultra Indrajaya. Foto/Ist

NUSANTARA

Kapolda Sultra Tekankan Patuhi Prokes saat Pilkada 2020
Ilustrasi - Angkutan umum di Kota Bogor. Foto/MI

NUSANTARA

Ganjil-Genap Kota Bogor, Angkot dan Ojol Dikecualikan
Babinsa Pahandut Serma Yulianto mengawal penyaluran bantuan sembako Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Tengah untuk masyarakat setempat.. Foto/Ist

NUSANTARA

Babinsa Pahandut Kawal Penyaluran Paket Sembako untuk Masyarakat