Home / EKONOMI

Senin, 18 Januari 2021 - 19:40 WIB

Bank BUMN Restrukturisasi Kredit UMKM Rp189 T

Karyawan bank menghitung tumpukan uang Rupiah. Foto/MI/Ramdani

Karyawan bank menghitung tumpukan uang Rupiah. Foto/MI/Ramdani

JAKARTA, BERITANUSA.id – Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) atau bank BUMN melakukan restrukturisasi kredit UMKM sebesar Rp189 triliun pada tahun lalu. Jumlah tersebut setara dengan 2,9 juta debitur UMKM yang terdampak pandemi covid-19.

Wakil Menteri BUMN II Kartika Wirjoatmodjo berharap restrukturisasi itu dapat membantu para pelaku UMKM bertahan dan tetap bertumbuh hingga pandemi berakhir.

“Kami juga terus fokus melakukan restrukturisasi kredit pada pelaku UMKM yang terdampak pandemi. Telah ada 2,9 juta UMKM yang kami restrukturisasi dengan outstanding sebesar Rp189 triliun,” ucapnya dalam webinar Kebangkitan UMKM untuk Mendorong Perekonomian Nasional, Senin (18/1).

Selain itu, lanjut Tiko, panggilan akrabnya, pemerintah juga telah memberi bantuan subsidi bunga kepada 6,5 juta rekening, baik nasabah kredit usaha rakyat (KUR) maupun non KUR.

“Dalam masa pandemi covid-19 pun kami terus memberikan dorongan dan keringanan kepada pelaku UMKM sehingga ada kemampuan mereka melanjutkan usahanya, dan keringanan dalam membayar berbagai kewajiban keuangannya juga kami kurangi,” tuturnya.

Tiko melanjutkan Himbara juga mencatat penyaluran kredit sebesar Rp188,11 triliun sepanjang 2020. Angka tersebut melampaui kuota yang disediakan, yakni sebesar Rp186,6 triliun.

“Realisasinya juga lebih tinggi dari target, yakni 5,8 juta debitur. Jadi, jangkauan ini demikian luas dengan size (ukuran) yang juga besar,” ungkapnya.

Untuk tahun ini, sambung Tiko, Himbara mengajukan plafon KUR sebesar Rp253 triliun. Penetrasi KUR terus ditingkatkan agar semakin menjangkau banyak masyarakat dengan nominal yang juga semakin besar.

“Sehingga memungkinkan UMKM bisa memiliki akses yang lebih mudah kepada pinjaman murah dengan struktur subsidi pemerintah,” tandasnya.

(cnn/eko)

Share :

Baca Juga

Sejumlah kendaraan memasuki gerbang Tol Cililitan, Jakarta, yang dikelola PT Jasa Marga (Persero) Tbk. Foto/Antara/Asprilla Dwi

EKONOMI

Mulai 2022, PUPR Jalankan Program Bayar Tol Tanpa Setop
Bank BCA. Foto/MI

EKONOMI

Gandeng Pinjol, BCA Salurkan Pinjaman untuk UMKM hingga Rp30 Miliar
Presiden Joko Widodo membuka Jakarta Food Security Summit (JFSS) ke-5 Tahun 2020 secara virtual, sebagaimana ditayangkan dalam kanal YouTube Sekretariat Presiden pada Rabu, 18 November 2020. Foto/BPMI Setpres

EKONOMI

Jokowi Ajak Pedagang Martabak hingga Nasi Uduk Jual Online
PRESIDEN Joko Widodo membagikan 705 ribu sertifikat tanah di lima provinsi dan 37 kabupaten secara serempak melalui teleconference dari Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (23/12). Foto/Antara

EKONOMI

Tanah Bersertifikat Baru Capai 72 Juta Bidang
Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo menyerahkan bantuan pemerintah sebesar Rp12,2 miliar untuk nelayan hingga pelaku UMKM saat mengunjungi Brebes, Jawa Tengah, Kamis (22/10). Foto/KKP

EKONOMI

Menteri Edhy Serahkan Bantuan Rp12,2 Miliar ke Nelayan di Brebes
Aktivitas di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta. Foto/Antara

EKONOMI

Keuntungan RCEP bagi Ekonomi Indonesia
Logo Pertamina. Foto/Ist

EKONOMI

Pertamina Alami Kerugian Rp11,13 Triliun
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil siap menjadi relawan uji klinis vaksin covid-19. Foto/Antara

EKONOMI

Daftar Kenaikan UMK 2021 di Jabar, Kabupaten Bekasi Tertinggi