Home / NASIONAL

Kamis, 30 Juli 2020 - 11:31 WIB

Bank Himbara Harus Cepat Salurkan Dana Pinjaman bagi UMKM

Link ATM. Foto: Istimewa

Link ATM. Foto: Istimewa

BINJAI, BERITANUSA.id – Pemerintah telah menyetujui penempatan uang negara ke bank-bank anggota Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) sebesar Rp30 triliun.  Nantinya, penempatan dana tersebut akan difokuskan ke segmen Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) sebagai upaya pemulihan ekonomi nasional.

Menanggapi hal itu, Anggota Komisi XI DPR RI Rudi Hartono Bangun menghimbau sejumlah bank Himbara untuk mempercepat penyaluran dana tersebut.

“Bank Mandiri dan Bank BRI harus mempercepat penyaluran dana pinjaman kepada sektor pelaku usaha kecil dan menengah. Ini penting karena mereka tumpuan ekonomi kita yang sebagian besar berasal dari sektor konsumsi,” kata Rudi, mengutip pernyataannya saat menghadiri kunjungan kerja dan Reses DPR RI di kota Binjai, Langkat, Sumatera Utara, belum lama ini.

“Dana yang berasal dari dana percepatan pemulihan ekonomi nasional (PEN), juga harus cepat disalurkan untuk menghindari ekonomi kita dari jurang resesi,” lanjutnya.

Di hadapan kontituen dan pendukungnya yang terdiri dari para pelaku usaha kecil dan menengah, Rudi mengingatkan masyarakat daerah pemilihannya untuk lebih giat lagi dalam menjalankan usaha, serta meningkatkan inovasi-inovasi baru dalam berusaha di tengah pandemi Covid-19 seperti sekarang ini.

“Jangan hanya pasrah dan menyerah pada nasib, bank pasti akan membantu memberikan modal dan pinjaman, dan bank-bank harus memenuhi apa yang dibutuhkan masyarakat saat pandemi seperti sekarang ini, itu yang akan terus diusahakan,” papar politisi dapil Sumatera Utara III itu.

Legislator Fraksi Partai Nasdem ini melihat sejauh mana keseriusan bank-bank Himbara, seperti Bank Mandiri dan BRI dalam membantu rakyat memulihkan perekonomiannya. Berdasarkan data yang dimilikinya, penyaluran pinjaman dana atau kredit produktif yang dilakukan oleh Bank Mandiri per 17 Juli 2020 sudah mencapai Rp12.05 triliun.

“Ini artiya Bank Mandiri tidak main main, dan terus mendukung program pemerintah. Tidak hanya itu, kinerja Bank BRI yg menyalurkan kepada pelaku usaha kecil senilai Rp20,7 triliun, yang berarti dua kali lipat dari dana yg diterima BRI dari pemerintah,” ujar Rudi.

“Saya nilai kedua bank pemerintah ini bersungguh sungguh membantu rakyat memulikan perekonomiannya di daerah,” tutup Rudi dalam keterangan tertulisnya. (rls/dpr)

Share :

Baca Juga

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian. Foto/Antara

NASIONAL

Tito Minta Pemda Percepat Aduan Pelayanan Publik
Kemacetan di jalan protokol di Jakarta. Foto/MI

NASIONAL

Cara Bayar Denda Tilang e-TLE
Menko PMK Muhadjir Effendy. Foto/MI

NASIONAL

Kesadaran Warga, Alasan PPKM Lebih Longgar dari PSBB
Ilustrasi pilkada 2020. Foto: Istimewa

NASIONAL

Pelaksanaan Pilkada Serentak 2020 Tetap Tepat Waktu
Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri. Foto/Istimewa

NASIONAL

Bareskrim Terima Laporan Dugaan Penipuan TikTok Cash
Hutan Papua Ilustrasi. Foto/Antara/M Agung Rajasa

NASIONAL

Lahan Menipis, Korporasi Sawit Mulai Rambah Hutan Papua
atgas Operasi Tinombala 2016 melakukan patroli bersenjata di Posko Sektor II Tokorondo, Poso, Sulawesi Tengah, Selasa (16/8). Foto/Antara Foto

NASIONAL

Polri Evaluasi Operasi Satgas Tinombala Usai Pembantaian Sigi
Presiden RI Joko Widodo. Foto/BPMI Setpres

EKONOMI

Jokowi Minta Peta Jalan Optimalisasi Pemanfaatan Batu Bara Dipercepat