Home / UMKM

Senin, 25 Januari 2021 - 12:36 WIB

Banpres Dilanjutkan, Prioritas UMKM yang Belum Terima

Menkop UKM Teten Masduki. Foto/Dok Kemenkop UKM

Menkop UKM Teten Masduki. Foto/Dok Kemenkop UKM

JAKARTA, BERITANUSA.id – Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM) Teten Masduki mengatakan, program Bantuan Presiden (Banpres) Produktif rencananya bakal dilanjutkan di tahun ini.

Oleh sebab itu, Teten telah mengirim surat kepada Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani terkait usulan dilanjutkannya program Banpres Produktif.

“Per tanggal 14 Desember 2020 kemarin, kami telah berkirim surat dengan Kemenkeu untuk mengusulkan lanjutan program Banpres Produktif. Kami mengusulkan tambahan anggaran sebesar Rp28,8 triliun dan menargetkan 12 juta pelaku UMKM yang akan mendapatkan bantuan sebesar Rp2,4 juta per usaha mikro,” ujar Teten dalam Rapat Kerja Kemenkop UKM dengan Komisi VI DPR RI yang disiarkan secara virtual, Kamis lalu.

Menurut Teten, apabila pengajuan ini diterima oleh Kemenkeu dan bisa direalisasikan segera, pihaknya akan memprioritaskan penerima BLT dari aspek pemerataan antardaerah dan yang belum menerima bantuan Banpres.

Apalagi pada periode pencairan sebelumnya, diakui Teten, masih banyak UMKM yang belum mendapatkan BLT sebesar Rp2,4 juta. Padahal hingga saat ini sudah ada sebanyak 28 juta UMKM yang mengajukan diri untuk menerima BLT.

“Memang masih banyak UMKM yang belum menerima bantuan ini pada tahap pertama, karena itu sudah kami bicarakan ke komite PEN agar 2021 program ini memprioritaskan UMKM yang belum menerima,” ungkap Teten.

Sementara bagi UMKM yang sudah menerima bantuan, lanjut dia, akan diarahkan untuk menerima bantuan Kredit Usaha Rakyat (KUR) Super Mikro.

Teten berharap dengan adanya kebijakan ini, selain bisa membantu modal usaha bagi pengusaha mikro, juga diharapkan bisa menghubungkan para pengusaha mikro mengakses perbankan agar lebih mudah mendapatkan bantuan atau pinjaman lain.

“Pengusaha mikro yang sebelumnya unbankable, kami harap dengan kebijakan ini bisa menjadi bankable,” ucap Teten.

(Kompas)

Share :

Baca Juga

Digitalisasi UMKM. Ist

UMKM

Dorong UMKM Masuk Pasar Digital
Sinergi perdagangan ritel dan UMKM. Foto/Ist

UMKM

Perdagangan Ritel-UMKM Harus Bersinergi
Parluhutan (Topad), pendiri Perkumpulan Pengusaha Rakyat Nusantara (Pusatnusa).

UMKM

Kisah Pahlawan Baru di Era Digital, Niat Tulus Bangkitkan UMKM
Ilustrasi platform dagang daring. Bisnis/Rayful Mudassir

UMKM

Platform Dagang Daring Harus Bantu Produk UMKM
Ilustrasi--Lapak digital UMKM. Foto/Antara

UMKM

Digitalisasi Buka Peluang Berkarya yang Semakin Inklusif
Dua mitra UMKM Pusatnusa telah terdaftar sebagai penerima bantuan presiden (banpres) produktif atau BLT UMKM Rp2,4 juta. Hal ini diketahui setelah mereka mendapat notifikasi pesan dari Bank BRI. Tangkapan layar/Beritanusa

UMKM

Dua Mitra UMKM Pusatnusa Terdaftar Penerima Banpres
Kantor Kementerian Koperasi dan UKM. Foto/Ist

UMKM

Kemenkop UKM Gelar Program Magang untuk Cetak Wirausaha Baru
Ilustrasi UMKM digital. Foto/Ist

UMKM

60 Persen Pelaku UMKM Belum Melek Digital