Home / UMKM

Kamis, 8 Oktober 2020 - 08:29 WIB

Banpres Produktif Sudah Tersalurkan Kepada 9 Juta Pelaku UMKM

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki. Foto: Magelang Ekspres

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki. Foto: Magelang Ekspres

JAKARTA, BERITANUSA.id – Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengatakan, bantuan presiden (Banpres) produktif atau BLT untuk UMKM sudah tersalurkan 100 persen kepada 9 juta penerima per 6 Oktober 2020. Menurut dia, program Banpres produktif untuk para pelaku UMKM ini sudah tepat di tengah pandemi.

“Program ini dari survei Asian Development Bank (ADB) dianggap palig tepat dan paling diminta pelaku usaha mikro yang terdampak pandemi virus corona (Covid-19),” kata Teten Masduki dalam keterangan resmi, Kamis (8/10).

Teten mengungkapkan, program itu bisa cepat terserap berkat dukungan berbagai pihak. Di antara pihak itu, kata Teten, yakni Himpunan Bank Milik Negara (Himbara), koperasi, pemerintah daerah, serta kementerian/lembaga yang banyak melakukan program pendampingan UMKM.

Teten mengaku masih banyak usulan dari berbagai daerah yang masuk ke Kementerian Koperasi dan UKM. Untuk itu, penyaluran Banpres Produktif tahun ini terus dilanjutkan hingga 12 juta pelaku usaha mikro.

Minggu ini, kata Teten, pihaknya sudah mulai menyalurkan untuk tiga juta pelaku usaha mikro berikutnya. Penyaluran Banpres ini juga akan memfokuskan pada aspek pemerataan antar daerah, ketepatan sasaran, dan kecepatan sehingga diharapkan dapat membantu memulihkan ekonomi nasional.

Teten juga menyampaikan bahwa hingga saat ini penyaluran program ini sudah tepat sasaran karena proses validasi data yang cukup ketat. Ia berharap pada pelaku UMKM dengan modal kerja ini bisa membantu bertahan di masa pandemi Covid-19.

“Bagi pelaku usaha mikro yang belum mendapatkan Banpres Produktif, agar mendaftarkan diri ke Dinas Koperasi dan UMKM setempat atau lembaga pengusul lainnya termasuk koperasi,” tandasnya.

(heq/ukm)

Share :

Baca Juga

Foto: Istimewa

UMKM

Dorong Ekspor UKM Makanan dan Minuman di Masa Pandemi, ITPC Los Angeles Gelar Business Matching Virtual
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo. Foto/Ist

NASIONAL

Ketua MPR: Generasi Muda Harus Kembangkan Sektor UMKM
Ilustrasi masker kain. Ist

UMKM

Produk UMKM yang Dibutuhkan di Tengah Pandemi
Foto: BPMI Setpres

NASIONAL

Jokowi Serahkan Bantuan Modal Kerja untuk UMKM
UMKM batik. Ist

EKONOMI

Pemerintah Permudah Penyaluran Kredit bagi UMKM
UMKM. Foto/Antara/Nova Wahyudi

UMKM

Yang Harus Diperhatikan UMKM Jika Ingin Go Global
Kantor Kementerian Koperasi dan UKM. Foto/Ist

UMKM

Kemenkop UKM Gelar Program Magang untuk Cetak Wirausaha Baru
Jakpreneur. ist

UMKM

3.928 Jakprenuer Binaan DKI Bertahan Saat Pandemi