Home / EKONOMI

Kamis, 28 Januari 2021 - 12:34 WIB

Bansos Covid Diklaim Tekan Angka Kemiskinan

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Foto/Antara

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Foto/Antara

JAKARTA, BERITANUSA.id – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengklaim kebijakan jaring pengaman sosial yang dijalankan pemerintah selama pandemi covid-19 berhasil menekan pertumbuhan angka kemiskinan.

Jika ada berbagai bantuan tersebut, tingkat kemiskinan diprediksi akan berada di atas 26,42 juta jiwa atau 9,78 persen dari total populasi nasional.

“Sementara, seandainya pemerintah tidak melakukan langkah-langkah intervensi, prediksi kemiskinan bisa mencapai 10,2 persen,” ujarnya di Komisi XI DPR RI, Rabu (27/1).

Selama masa pandemi, lanjut Sri Mulyani, pemerintah konsisten telah menyalurkan bantuan sosial (bansos) dalam bentuk bantuan langsung tunai. Di pedesaan yang kenaikan tingkat kemiskinannya tak separah perkotaan, pemerintah memberikan bantuan melalui dana desa.

“Itu cukup efektif untuk menahan kenaikan kemiskinan di pedesaan,” imbuhnya.

Sementara untuk menekan angka kemiskinan di perkotaan, pemerintah juga melakukan beragam upaya mulai dari kartu prakerja, bantuan langsung tunai untuk masyarakat Jabodetabek, dan pemberian bantuan produktif untuk UMKM.

“Ini semuanya ditujukan untuk mengurangi tekanan yang luar biasa hebat terutama di perkotaan atau di daerah perkotaan dan terutama di kota-kota besar di Jawa maupun di luar Jawa,” jelasnya.

Seperti diketahui, sebelum pandemi yakni pada September 2019, BPS mencatat jumlah penduduk miskin mencapai 24,79 juta orang atau 9,2 persen dari total populasi nasional. Artinya terjadi penambahan sebesar 1,63 juta orang.

(cnn/eko)

Share :

Baca Juga

Nasabah melakukan transaksi di kantor cabang Pegadaian di Jakarta. Foto/ANTARA

EKONOMI

Ajukan Kredit Tanpa Jaminan Aset Fisik Lewat Pegadaian
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan duka cita mendalam atas kecelakaan pesawat Sriwijaya Air SJ 182 di perairan Kepulauan Seribu. Foto/BPMI Setpres

EKONOMI

Jokowi Tegaskan Lockdown Skala Mikro Tak Merusak Ekonomi
Ilustrasi unggas ayam. Foto/Ist

EKONOMI

Jaga Stabilisasi Harga Ayam Potong
BNI Syariah. Foto/Ist

EKONOMI

Tiga Bank Syariah Milik BUMN Siap Merger
KPK menilai kisruh bansos terjadi karena kurangnya koordinasi dan lalainya pemda. Foto/Antara

EKONOMI

Pemerintah Akui Terkendala Data saat Bagi-bagi Bansos
ilustrasi SPBU. Foto/Ayobandung

EKONOMI

BBM Non Subsidi di Bengkulu Naik Per 1 Januari
Ilustrasi uang Rupiah. Ist

EKONOMI

BLT UMKM Rp2,4 Juta Tutup 10 September, Segera Daftar!
Harga minyak naik sekitar dua persen setelah jatuh sehari sebelumnya pada akhir perdagangan Kamis (Jumat pagi WIB). Foto/AFP

EKONOMI

Cadangan Minyak Bumi RI Sisa 9,5 Tahun