Home / NASIONAL

Jumat, 26 Maret 2021 - 10:43 WIB

Bansos Kartu Lansia & Kartu Anak Jakarta Cair Hari Ini

Warga menunjukkan Kartu Lansia Jakarta (KLJ). Foto/Antara

Warga menunjukkan Kartu Lansia Jakarta (KLJ). Foto/Antara

JAKARTA, BERITANUSA.id – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bakal mencairkan dana bantuan sosial pemenuhan kebutuhan dasar (PKD) untuk triwulan pertama, Jumat (26/3).

Dari informasi dalam akun resmi Dinas Sosial DKI Jakarta di Instagram, @dinsosdkijakarta, dana bansos PKD ini berbentuk Kartu Lansia Jakarta (KLJ), Kartu Penyandang Disabilitas Jakarta (KPDJ), dan Kartu Anak Jakarta (KAJ).

Dana bantuan sosial (bansos) pemenuhan kebutuhan dasar (PKD) KLJ, KPDJ, dan KAJ Triwulan I (Januari, Februari, Maret 2021) sudah dapat ditarik melalui ATM Bank DKI manapun,” demikian informasi dalam unggahan medsos Dinsos DKI.

Dinsos DKI menjelaskan, untuk KLJ, setiap penerima akan mendapatkan uang sebesar Rp600 ribu per bulan. Kemudian, untuk KPDJ dan KAJ, masing-masing penerima akan mendapatkan Rp300 ribu per bulan.

Mengutip laman resmi Pemprov DKI Jakarta, sasaran dari program KLJ adalah lansia yang tidak memiliki penghasilan tetap atau penghasilannya sangat kecil, sehingga tidak dapat memenuhi kebutuhan dasar sehari-hari. Kemudian, lansia sakit menahun dan hanya bisa terbaring di tempat tidur, juga lansia yang terlantar secara psikis serta sosial.

Sementara, KPDJ merupakan salah satu program bantuan dari Pemprov DKI yang bertujuan mencegah kerentanan sosial bagi para penyandang disabilitas di Ibu Kota serta memenuhi kebutuhan dasar mereka.

Pada 2020, jumlah target penerima KPDJ dan KLJ sekitar 42.265 orang yang tersebar di 119 titik lokasi.

Sedangkan, KAJ merupakan program bantuan sosial yang diperuntukan bagi anak dari keluarga prasejahtera berusia 0-6 tahun. Program ini bertujuan sebagai upaya pemenuhan kebutuhan dasar bagi anak, seperti nutrisi susu anak, makanan bergizi, hingga keperluang penunjang lainnya yang mendukung tumbuh kembang anak.

Data anak penerima bantuan telah diverifikasi dan validasi oleh Pusdatin Jamsos Dinsos DKI setelah melalui proses musyawarah di kelurahan masing-masing dan telah ditetapkan dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Untuk mengambil KAJ, penerima perlu membawa KTP orang tua, kartu keluarga, hingga akta kelahiran anak. Ketiga dokumen itu harus dibawa baik salinan (fotocopy) maupun aslinya.

(cnn/nas)

Share :

Baca Juga

Menteri Kesehatan Terawan. Foto/Kompas

NASIONAL

Prihatin, Kantor Kemenkes Justru Jadi Klaster Covid-19 Terbanyak
Presiden RI Joko Widodo berolahraga. Foto/BPMI Setpres

NASIONAL

Persiapan Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2021 Dimulai
Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Johnny G Plate.

NASIONAL

5 Jubir Vaksinasi Covid yang Ditunjuk Pemerintah
Foto udara renovasi Masjid Istiqlal di Jakarta, Selasa (28/1/2020). Berdasarkan data PT Waskita Karya (Persero) Tbk. Foto/Antara

NASIONAL

Jokowi Resmikan Renovasi Masjid Istiqlal Senilai Rp511 M
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus. Foto/Ist

NASIONAL

Kasus Video Porno, Polisi Sebut Ada Peluang Panggil Gisel
Ilustrasi guru honorer. Foto/Antara

NASIONAL

SK Pengangkatan Tenaga Honor Jadi PPPK Terbit 1 Januari
Ilustrasi--Banjir di Manado. Foto/Antara

NASIONAL

Enam Orang Meninggal Akibat Banjir-Longsor di Manado
Polisi tengah mengalihkan arus lalu lintas. Foto/Detik

NASIONAL

Demo Mahasiswa di Istana, Begini Pengalihan Arus Lalu Lintas